yusriahismail.com

Maros Highland, Pilihan Wisata Keluarga Konsep Natural Kekinian

wisata maros
Libur telah tiba...Horeee!!! bau-bau liburan akhir tahun mulai semerbak yaa? Hahaha. Maros Highland bisa nih jadi rekomendasi jika ingin berlibur dengan wanaha menantang, alami namun kekinian. Ini wisata terbaru yang ada di Sulawesi Selatan dan digadang-gadang jadi pilihan wisata terbaik di Indonesia timur lhoo.

Saat itu, pilihan Maros Highland sebenarnya dibilang dadakan karena baru searching tempat wisata di Makassar dan sekitarnya. Udah gitu hari jumat lagi. Tapi setelah cek kalau ada masjid disekitar sana, ya udah deh berangkat.

Sesampainya disana gak bakalan nyesel sih. Tempatnya seru dan cocok jadi pilihan wisata keluarga. Seperti apa keseruan kami mencoba Maros Highland? Yuuk ikuti tulisan ini ya.

Lokasi Maros Highland


Nah, kalau sobat yusri mau ke Maros dengan posisi start dari Makassar maka bisa nyoba lewat BTP Tamalanrea yang jarak tempuhnya kurang lebih 30 menit. Akses jalan juga sudah cukup bagus. Bonus pemandangan segar pepohonan dan perdu sebelah kanan dan kiri . Oya, ini khusus jika menggunakan kendaraan pribadi jadi bisa milih ya.

Sepertinya transportasi umum juga bisa seperti bus trans makassar atau pete-pete tapi harus nyambung lagi pakai ojek dan semacamnya.

Didepan lokasi masuk terpampang spanduk-spanduk dengan foto-foto wahana yang ada didalam. Ternyata mobil harus parkir dekat spanduk-spanduk itu dan berada sekitar 200 meter dari gedung masuk utama. Tapi jika mau drop penumpang aja sih boleh.

Jam Buka dan Harga Tiket


Maros Highland sendiri buka jam 10.00 pagi sampai pukul 20.00. Kayaknya kami agak kepagian datangnya sebab tak terlihat satu pengunjung pun. Tapi, menurut petugas sudah ada pengunjung lain didalam. 

Untungnya cuaca agak mendung-mendung gitu jadi kalau mau main juga gak kepanasan banget.

Lalu petugas bilang kami bisa dapat diskon karena datang sebelum pukul 15.00. Yeaayyy. Harga tiket yang tadinya 40rb menjadi 25rb saja per orang dewasa dan anak-anak jadi gratis. Oya, promo ini masih berlaku selama bulan Desember 2023 ya. 

Selain harga tiket masuk, Maros Highland juga menawarkan paket harga untuk wahana. Ada paket explore sepuasnya dan ada juga harga per item.

Karena belum ada yang pengalaman di Maros Highland, jadi kami mau coba-coba aja dulu dengan membeli tiket wahana sendiri-sendiri. Tiket wahana bisa didapatkan langsung di tikcet box dekat wahananya ya.

Tiket sudah ditangan, tangan sudah dicap dan yuk mulai petualangan keluarga di wahana Maros Highland. 

Wahana Maros Highland


Wahana Spot Foto Instagramable


Ketika masuk langsung ketemu sama spot foto yang unik dan catchy. Anak-anak gen z sih pasti suka banget yang kayak gini.

Ada spot foto rainbow yang bikin muka jadi kinclong. wkwkw. Ada spot foto kaca dan lampu dan bikin bingung yang mana sebenarnya diri kita. Ada spot foto ruang keluarga. Spot foto barbie dan spot foto skyhigh dengan taburan bintang.

Sediakan kamera yang mumpuni nih kalau bisa. Jangan lupa dandan dulu buat emak-emak hehe.

Wahana Playground


Setelah melewati whaana spot foto, lalu berjalan sedikit agak menaiki bukit dan ketemu playground, tempat makan, musholla dan spot virtual reality.

Anak-anak langsung histeris ketemu playground yang nyaman banget ini. Ada mandi bola. Seluncuran yang banyak. Jungkat-jungkit. Ayunan. Roda-rodaan. Trampolin. Playgroundanya ini dialasi dengan rumput sintetik jadi empuk dan bikin sensori anak jadi bekerja.

Anak-anak lebih girang karena gak ada pengunjung lain. Gak rebutan dan sepuasnya bisa bermain. Cuman kalau cuaca panas, siap-siap gerah aja. Haha.

Wahana Virtual Reality


Ini salah satu wahana yang paling ditunggu-tunggu sebab lagi trend. Wahana virtual reality menghadirkan beberapa permainan yang bisa dicoba seperti dino land, rollercoaster, manasik haji tamattu, horror, pemandangan bawah laut, jurassic park dan lain-lain. Dan jajaran best sellernya jatuh pada rollercoaster dan dino land.

Saya dan adik ipar mencoba rollercoaster dan dino land. Asli jantungan banget nyobain virtual realitynya. Saat naik rollercoaster seperti beneran berada didalam kereta roller coaster. Kami diajak naik dengan kecepatan tinggi dan turun dengan jantung hampir copot. Haha.

Dino land tak jauh berbeda. Para pemain akan ditempatkan diatas mobil jeep virtual dan diajak memutar hunian dino. Berbagai dinosaurus dihadirkan dan rata-rata dino yang ganas. Giginya tajam dan runcing. Dan berusaha menggigit pemain. Kami sampai teriak dan nunduk biar tidak tergigit.

Sayangnya, jika sobat yusri ingin mencoba manasik haji harus berombonngan. Padahal kayaknya seru ya lihat tawaf virtual mengelilingi kabah dan mengunjungi raudah. Huhu.

Wahana Glass Sky Bridge


Wahana ini juga wajib coba jika kalian tidak punya phobia ketinggian. Wahananya terletak diantara jembatan panjang yang bisa dilewati pengunjung secara gratis. Namun, jika ingin mencoba glass sky bridge cukup bayar 15.000 saja.

Beban yang bisa ditanggung maksimal 10 orang dan sudah bisa puas berfoto-foto. Saya dilarang oleh suami namun alhamdulillah bisa berfoto didekat glass sky bridge atas bantuan pak satpam. Terimakasih pak.

Wahana Rainbow Slide


Gegara wahana ini saya jadi semangat datang ke Maros Highland. Salah satu seluncuran pelangi terpanjang di Asia lho. Panjangnya sekitar 210 meter. Pengunjung dapat mencoba dengan harga 35ribu per orang atau 60rb jika couple. Tapi, ada juga paket sepuasnya.

Kebetulan anak pertama kami ingin mencoba dan tidak takut, akhirnya kami mencoba berdua. Saat di ban, saya sempat merasa khawatir tapi memberanikan diri agar anak juga tidak takut.

Dan ternyata ini seruuu banget. Sayang, gak bisa naik bareng anak usia 2 tahun. Setiap ban harus diisi satu orang pengunjung dengan batas minimal usia 4 tahun.

Sayangnya, saya gak video pakai kamera. Padahal aman-aman saja meluncurnya. Huhu. Harus kesini lagi nih besok.

Fasilitas Maros Highland


Parkiran


Sudah saya spill dikit ya mengenai parkiran Maros Highland yang luas. Pengunjung yang membawa mobil bisa parkir diluar pagar, dekat spanduk selamat datang. Sedangkan pengunjung yang membawa sepeda motor boleh parkir didalam disamping gedung utama.

Parkir mobil belum beratap sih. Jadi, jika panas akan panas banget dan jika hujan bisa jadi becek sebab lantai masih tanah.

Kamar Mandi


Kamar mandi terletak didekat playground menyatu dengan musholla. Saya suka model kamar mandinya yang agak terkesan jadul dan westafelnya pakai batu alam. Terasa naturalnya.

Kamar madinya bersih dan cukup luas ya.

Musholla


Salah satu fasilitas yang bikin nyaman adalah musholla. Ruangan ini selalu menjadi perhatian saya jika pergi kemanapun apalagi jika ke suatu tempat dengan waktu yang agak lama. Sangat penting tempat hiburan punya musholla yang nyaman dan mukenanya gak apek. Hehe. Penting dicatat agar mukena juga wajib bersih.

Kereta pengunjung


Di maros highland ada beberapa wahana yang jalannya cukup jauh antar wahana maka perlu kereta pengunjung, khususnya untuk lansia, ibu hamil dan anak-anak.

Keretanya dicat dengan warna-warni sehingga anak senang menaikinya. Dan pemandangan yang ditawarkan sangat alami.

Tenant Makanan dan Kafe


Tenant makanan pertama ada disekitar playground, musholla dan kamar mandi. Bebragai makanan dan minuman tersedia. Harganya pun cukup terjangkau. Nasi ayam bakar misalnya seharga 27.500 atau roti bakar bandung seharga 22.000.

Tenant makanan kedua ada diatas dekat dengan wahana glass skybridge. Juga menjual aneka penganan dan minuman. Kami membeli minuman saja sebab cuaca cukup panas.

Nah, kafenya masih dalam tahap pembangunan sehingga masih kosong.

Toko Suvenir dan Oleh-oleh


Di gedung utama saat keluar, ada toko suvenir dan oleh-oleh. Berbagai kripik dan roti dijual. Ada juga gantungan kunci bertuliskan maros highland dan sendal jepit yang dijual.

Highlight di Maros Highland


Ada beberapa yang menjadi catatan saya ketika berkunjung ke Maros Highland. Semoga ini juga menjadi pertimbangan sobat yusri yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga disana.

1. Wajib untuk cek cuaca. 


Pastikan cuaca sehari sebelumnya. Jangan sampai ketika datang eh malah hujan deras. Sebagian besar wahananya outdoor jadi wajib untuk cek cuaca.

Jika memungkinkan, jangan datang di bulan-bulan Desember sampai Februari karena musim hujan.

2. Lebih baik datang sore.


Kami agak terburu-buru ketika datang sangat pagi. Tapi tidak menyesal juga sih sebab anak-anak jadi bisa main di playground dengan waktu yang lama.

Jika datang di sore hari, maka sobat yusri bisa menyaksikan sunset sembari main rainbow slice atau berdiri diatas jembatan. Duh, pasti fotonya jadi oke banget itu.

Namun, ada promo lho sebelum jam 3 sore. Promo tiket masuk menjadi 25 ribu saja. Sayang banget kalau gak diambil sebab promonya hanya sampai desember.

3. Bawa cemilan dan air putih yang banyak


Ibu-ibu biasanya sangat paham bagaimana threat anak saat bepergian begini. Jangan lupa selalu bawa hal-hal yang membuat anak nyaman dan betah saat diluar. Misalnya cemilan, mainan atau apapun itu. 

Dan, jangan lupa juga selalu sedia air putih yang cukup biar tidak dehidrasi.

4. Beli tiket paketan


Saya jamin gak bakal puas jika bermain 1 wahana hanya 1 kali coba. Maka wajib banget beli tiket paketan yang justru lebih hemat. Hehe

Bisa meluncur sepuasnya di rainbow slice dan main virtual reality dengan permainanyang berbeda-beda.

5. Berangkat saat weekdays

 
Biasanya Maros Highland akan penuh di peak season. Jadi, untuk menyiasatinya baiknya kesana saat hari kerja untuk menghindari kerumunanan karena weekend akan berdatangan orang-orang dari luar kota.

6. Masih dalam proses pembangunan


Maros Highland bisa dibilang masih butuh perbaikan dan polesan sana sini. Saat kami datang, ada wahana yang tidak beroperasi lagi lalu restoran yang belum selesai. 

Beberapa wahana seperti jembatan gantung juga masih belum selesai. Jadi pilihan wahana yang agak menantang memang belum banyak. Tapi tetep worth it kok.

Kesimpulan


Bulan Desember memang jadi momen yang tepat jika ingin wisata keluarga. Sekolah libur meski tentu saja kampus kami belum masuk jadwal ujian akhir semester. 

Tahun ini juga ada liburan tanggal merah yang mepet ke weekend dan tambahan cuti bersama. Baiknya sih ambil momen cuti tahunan juga di bulan Desember ini biar bisa liburan bareng keluarga.

Tahun kemarin kami ke Bulukumba yang suasananya pantai dan syahdu sembari belajar budaya dan adat istiadat di Suku Kajang dan Kete' Kesu. Tahun ini kami ke Maros Highland dengan pilihan permainan yang cukup menantang namun cocok juga untuk bawa balita. Hmm..kira-kira tahun depan bakalan kemana ya? Ada saran?


Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar