Laporkan Penyalahgunaan

This is Me

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Yuk...yuk...masuk ke rumah Perjalanan Rasa. Duduk yang nyaman dan silakan dicicipi cemilannya :)

Nah, sebelum berkenalan, saya mau kasih tau sesuatu. Setiap pembaca yang berkunjung kesini punya panggilan khusus dengan sebutan SOBY atau SOBat Yusri :)

Sekilas Profil Diri

Jalan-jalan ke Balikpapan
Pulangnya bawa ikan gaharu
Hai sobat Yusri sekalian
Perkenalkan saya si blogger cupu


Jadi sob, perkenalkan saya Yusriah, biasa dipanggil Yus atau Yusri. Panggilan ini sering membuat saya dikira cowok. Dulu, saat menjadi CP (Contact Person) suatu event, sering mendapat sapaan mas atau pak. Tentu saja saya ini perempuan tulen, bahkan sudah jadi emak-emak dengan 2 anak.

Lahir di Kota Hujan alias Bogor dan besar di kota Palopo. Selepas sekolah menengah pertama, kembali ke kota kelahiran untuk melanjutkan sekolah menengah atas (SMA), tepatnya di SMAN 7 Bogor. Lalu kuliah strata 1 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan lanjut lagi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Alhamdulillah, bertualang dari kota ke kota lainnya memberi pengalaman baru yang sangat berkesan. Termasuk teman-teman baik yang ikut menorehkan kisah tentang banyak hal.

Sayangnya, ketertarikan menjadi seorang blogger baru dimulai ketika sudah menjadi emak. Padahal, banyak sekali fragmen hidup yang sangat berharga untuk dikisahkan dalam tulisan.

Awal Mula Menjadi Blogger

Tak apalah ya, perjalanan menjadi ibu menjadi catatan tersendiri yang harus dikenang indah. Dan, inilah salah satu alasan utama saya menjadi seorang blogger. Kenapa harus ngeblog? Jawabannya ada disini nih.

Blog itu mirip rumah. Ada filosofi dan ditata sebaik mungkin agar tamu yang mau masuk ikut betah. Dan setiap gambar maupun judul, selalu ada alasan dibaliknya.

www.yusriahismail.com, why?

Jujurly, bagian ini agak mumet milihnya. Awalnya mau pakai sebening embun sebagai judul
tapi ternyata sudah dipakai orang lain. Alternatif lain yaitu sebening.3mbun, tapi terasa agak
lebay. Oya, sebening embun ini pernah jadi nama pena saya.

Nah, lanjut mau pakai nama kecil tapi tidak banyak orang tau dan sebenarnya agak privasi
juga. Baiklah, pakai nama asli saja deh. Judul ini juga sinkron dengan niche blog yang
lifestyle.

Lifestyle is My Style

Sebenarnya, semenjak jadi emak-emak, fokus saya bergeser ke dunia parenting. Tapi, parenting ini sesuatu yang saya tekuni bahkan sebelum menikah. Seperti ada keasikan sendiri belajar parenting ini. Terutama, lebih mengenal diri sendiri dan gaya pengasuhan seperti apa yang dulu didapatkan.

Parenting adalah core utama blog ini. Namun, karena pengen ini jadi blog keluarga juga maka saya harus melibatkan suami. Salah satu keahlian suami adalah finance. So, masuklah label finance keluarga meski bahasannya memang belum ada. Haha.

Selain itu, saya juga senang review buku dan film bagus. Yah, jadi banyak kan yang mau ditulis. Ya udah deh, jadiin Lifestyle blog aja ya.

Tagline

Ada yang mengatakan bahwa menulis adalah salah satu investasi terbaik untuk hari tua. Maka, blog ini dijadikan sebagai tempat curahan hati, merelease emosi dan berbagi.

Perjalanan Rasa, Cerita dan Berbagi dalam Barisan Kata adalah tagline yang saya pilih dalam blog ini. Blog bagi saya tak hanya sekedar olah kata tapi juga olah rasa.

Logo

logo-blog-yusriah

Logo blog saya design dengan menggunakan medibang paint dan diedit lagi di canva. Logo yang bergambar diri saya sendiri dan dibuat kartun adalah representasi dari keseluruhan isi blog. Jari tangan yang terangkat keatas adalah rasa optimis sebagai perempuan untuk terus maju dan berkarya.

Gayanya memang menyamping agar (sedikit) kelihatan tirus. Haha. Lalu, ditambahkan topi
agar matching dengan gayanya. Yah, namanya juga emak-emak yang lagi usaha kelihatan
muda terus.

Header

header-blog-yusriah

Sebenarnya saya sudah punya header di blog. Gambar utamanya tentu saja diri saya sendiri (yang narsis) dan ditambah peta serta pesawat. Yah, meski pesawat kertas tapi anggap aja bisa membawa emak ini jalan-jalan.

Jika di header sebelumnya saya menggunakan warna khaki yang kalem, disini saya menggunakan perpaduan warna abu dan hijau toska. Perpaduan warna ini menurut saya cantik. Tetap kalem namun membawa optimis yang lain.

Selain itu, warnanya seperti dasar lautan yang bening. Jadi ingat perkataan Rose di Titanic,
A women's heart is a deep ocean of secrets
Header menggambarkan pemilik blog yang senang belajar dan berkarya, optimis, bejiwa lapang serta selalu ingin menghadapkan wajah pada Sang Rabb.

Label 

Identitas sebagai lifestyle blogger membuat diri harus pandai memilih bahasan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam blog. Apalagi kata Coach Marita, label tak lebih dari 15. Jumlah yang sangat banyak tentu akan membuat pengunjung bingung dan tidak betah melihat cerita lain di blog.

Ada 3 sub tema yang akan saya gunakan dalam blog yaitu lifestyle, family, review dan about
me. Baiklah, kita bahas satu per satu ya.

Lifestyle 

Gaya hidup ini tentu tak jauh berbeda dengan apa yang sudah saya alami sendiri. Tulisan memang harus autentik kan? Lifestyle sendiri akan saya bagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
  • Beauty : akan bercerita tentang perawatan diri seorang perempuan. Mulai dari skincare hingga kosmetik
  • Travelling : Ini akan bercerita tentang tempat mana saja yang sudah dikunjungi.
  • Kuliner: Sudah tentu ini akan bercerita tentang rumah makan atau makanan yang murah meriah, gampang dijangkau dan tentu saja cocok untuk keluarga.
  • Finance : Nah, bagian ini akan diisi oleh suami mengenai bagaimana mengatur budget rumah tangga dan lain sebagainya.

Family 

Akan bercerita tentang gaya pengasuhan anak serta kehidupan pernikahan.
  • Parenting,: Ini semacam journaling menganai milestone anak, do it your self mainan anak dan lain-lain.
  • Motherhood : Mengenai pengalaman menjadi seorang ibu.
  • Marriage : tentang kehidupan pernikahan, relationships and goals couple.

Review

Ada dua hal yang akan saya review yaitu buku dan film.

Halal Living

Ini bercerita tentang edukasi dan wisata halal.

Portofolio

Sebelum aktif ngeblog, saya sempat mengikuti beberapa antologi, beberapa diantaranya yaitu,
  • Antologi Bunda 1011 b.ersama komunitas Bunda 1011 ITS
  •  Antologi Ramadhan bersama forum lingkar pena Surabaya.
  • Antologi Superwife bersama grup nulis sntologi
  • Antologi Semeleh bersama ibu-ibu doyan nulis

7 komentar

  1. Hai sebening embun,, sukaa bgt ama penjabarannya deep bgt seperti perasaan wanita..eaaa.. semangaat berkarya mbak yus

    BalasHapus
  2. Vivaaat!!

    Mbak, angkatan berapa? Jurusan apa? Aku kimia 2012 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup ITS!! Hidup ITS!! Hidup ITS!!!

      Biologi angkatan 07

      Hapus
  3. Mbaa yuus itu tipe penulis yang ramah dalam menyampaikan isi tulisan, asik dan hidup..
    detail penyampaiannya runtut,
    berasa banget karakter dari penulisnya, kaya akan kosa kata, ditambah khas design gambar yang simpel dan ga terlalu banyak detail
    represent of the writer banget, keren mba yuuusss...

    BalasHapus

Posting Komentar