yusriahismail.com

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh Dengan Mobil, Wajib Coba

Tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil.

Malam itu akan menjadi malam yang tak pernah saya lupakan sepanjang hidup. Tangisan anak pertama kami tanpa henti di sepanjang perjalanan.

Usianya sekitar 4 bulan saat itu. Saat itu saya sedang ada agenda penting ke luar kota dan mau tidak mau dia harus ikut sebab tak mungkin meninggalkannya sementara makanan utamanya adalah asi.

Untunglah suami memaksa untuk ikut juga padahal kantornya belum libur. Meski sedikit mendapat marah dari atasan, saya lega sebab membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil tak semudah yang terkira. Haha.

Kejadian Masa Lalu Adalah Pelajaran Di Masa Mendatang


Awalnya, saya percaya diri ketika akan membawa anak kami sendirian. Sebenarnya tidak sendiri betul sebab berangkat berombongan menyewa bus kecil. Ternyata, kepercayaan diri saya tiba-tiba runtuh mendengar tangisannya sepanjang malam.

Sudah mencoba untuk berbagai macam gaya tapi tak mempan. Mulai dari gendong, memberi asi hingga melakukan pijat dengan minyak khusus.

Baiklah. Ini akan menjadi pelajaran buat saya pribadi. Perjalanan malam itu membuka mata saya untuk jauh-jauh hari menyiapkan kebutuhan bayi saat akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil.

Maka, ketika tawaran bepergian ke Bulukumba, saya perlu berpikir lebih lama sebab masih agak trauma dengan kejadian lalu. Tapi, saya cari tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil agar si kecil aman dan nyaman. Kebetulan menggunakan mobil sendiri dan kepercayaan diri saya jadi agak meningkat. Hehe.

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh Dengan Mobil


Berbekal pengalaman yang agak meninggalkan trauma itu saya belajar untuk mengondisikan beberapa hal sebelum keberangkatan. Oya, tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil juga bisa cocok untuk sobat yusri yang sedang akan melakukan liburan panjang atau mudik.

1. Planning Keberangkatan Sebaik Mungkin


Ada sebuah pernyataan bijak yang mengatakan : merencanakan artinya mempersiapkan keberhasilan dan gagal merencanakan artinya menggagalkan kesuksesan.

Pernyataan bijak ini relate sekali jika bepergian jauh dengan bayi. Sobat yusri perlu menyiapkan planning keberangkatan sebaik mungkin agar bayi merasa aman dan nyaman.

Rencanakan hal-hal yang pasti saja seperti daerah yang dituju, hotel atau penginapan yang friendly untuk anak atau siapa-siapa saja orang dewasa yang ikut serta.

2. Jaga Kesehatan Anak Sebelum Berangkat


Sebelum kami berangkat menuju Bulukumba saat itu, hujan beberapa kali turun. Anak kami berkali-kali meminta ijin untuk dibolehkan main hujan.

Tentu saja saya melarang dengan alasan kami akan berangkat dan bepergian yang cukup jauh. Palopo ke Bulukumba itu sekitar 10-12 jam perjalanan jika tanpa henti via darat.

Pun, termasuk mengonsumsi makanan. Saya usahakan asupan anak terjaga dengan baik. Juga memberikan suplemen alami seperti madu.

Kekhawatiran mengenai kesehatan termasuk hal yang utama sebab anak kedua kami baru saja sembuh dari flu dan batuk saat itu. Sehingga, saya betul-betul menjaga imunnya agar tetap fit.

3. Sounding Anak


Biasanya sebelum melakukan apapun, saya membiasakan sounding ke anak mengenai hal-hal yang akan kita hadapi. Meski mereka masih cukup kecil tapi alhamdulillah anak bisa mengondisikan dirinya sendiri.

Lebih mudah jika sounding dengan perantara. Entah itu melakukan role play atau membaca buku yang berkaitan. Kalau saya biasanya dengan menggunakan buku.

3. Berangkat Di Jam Tidur Anak


Lebih mudah berangkat saat memasuki jam tidur anak. Bisa malam hari atau saat tengah hari. Sepanjang perjalanan anak akan mudah tertidur dan tak terlalu merasakan perjalanan panjang.

Alhamdulillah, perjalanan ke Bulukumba kemarin anak-anak tertidur. Meski sampai di tempat, mereka malah excited dan jadi terbangun melihat keadaan.

4. Siapkan Kesukaan Anak


Anak akan merasa aman dan nyaman jika berhadapan dengan hal-hal yang biasa terlihat atau dilakukan olehnya. Sobat yusri yang akan membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil bisa menyiapkan cemilan atau mainan kesukaan anak.

Kebetulan anak kami suka buku, jadi di mobil biasanya sudah tersedia buku-buku favoritnya. Bisa juga menyediakan musik yang friendly untuk anak.

Menjelang mudik ini, kami menyiapkan lagu-lagu islami dan murottal agar anak nyaman sepanjang perjalanan.

5. Gunakan Kursi Bayi


Peristiwa Galasky sekeluarga tahun lalu sebenarnya jadi pengingat yang sangat penting bagi para pengendara khususnya mobil untuk mengutamakan keselamatan bayi. Kursi bayi adalah salah satu tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil secara aman.

Sayangnya, kami masih belum memiliki kursi bayi nih. Doakan ya sobat yusri.

6. Samakan Jadwal Harian Anak


Biasanya bayi punya jadwal teratur ya. Kapan dia makan, kapan tidur, kapan main dan lain sebagainya. Nah, sebaiknya jadwalnya tetap ya sobat yusri. Nanti kalau berubah lagi, biasanya repot lagi mengembalikan rutinitas semula.

Jika membawa bayi dibawah 6 bulan sebebnarnya jauh lebih mudah ya. Tapi, jika sudah diatas 6 bulan, sobat yusri perlu trik khusus bagaimana menyiapkan makanan pendamping asinya.

Kalau saya tim jangan cari ribet, jadi cukup membeli mpasi instant. Alhamdulillah anak juga tidak menolak.

7. Manage Barang Anak


Tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil selanjutnya adalah memanage barang-barang anak di mobil. By the way, buat daftar perlengkapan yang mau dibawa dulu ya biar lebih mudah menatanya.

Selanjutnya susun barang anak di mobil. Letakkan barang-barang yang selalu diperlukan dalam jangkauan. Misalnya, popok, baju ganti, minum/ susu, makanan atau cemilan, minyak telon atau obat yang dibutuhkan.

8. Siapkan Obat-obat Untuk Anak


Salah satu hal penting yang saya siapkan adalah minyak balur. Perjalanan panjang biasanya membuat anak gampang masuk angin.

Makanya, saya khusus membeli minyak balur yang bisa digosokkan pada tubuh anak kapan saja. Minyak balur ini juga baunya tidak terlalu menyengat.

Biasanya saya gosokkan pada perut dan punggung agar anak merasa nyaman. Saya gunakan saat akan bepergian atau sehabis mandi.

Penutup


Sobat yusri, tak perlu khawatir jika akan membawa bayi bepergian jauh ya. Siapkan sebaik mungkin dan siapkan diri jika keadaan jauh dari harapan.

Nah, kira-kira dari 8 tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil mana yang sudah di praktekkan? Atau sobat yusri masih ada tips tambahan? Sharing di kolom komentar ya.




Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar