yusriahismail.com

7+ Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang Yang Bisa Dilakukan Ibu

kegiatan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang

Sobat yusri, kapan terakhir kali melakukan hobi untuk mengisi waktu luang?

Sebagai ibu ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu ya. Apalagi rasanya 24 jam bukanlah waktu yang panjang untuk mengisi segala kegiatan yang seabrek-abrek. Mulai dari urusan domestik hingga mengasuh anak.
A hobby a day keeps the doldrums away - Phyllis mcganley

Jadi, jika ada waktu luang rasanya jadi nikmat banget ya. Baiknya sih memang diisi dengan melakukan sesuatu yang disukai dan bisa mengeluarkan hormon bahagia. Salah satunya adalah dengan melakukan hobi untuk mengisi waktu luang.

Mau tau hobi apa saja yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dalam memaksimalkan waktu? Hobi-hobi ini bukan hanya sebagai sarana refreshing tapi bahkan jadi wadah cari cuan.

Travelling

cara untuk mengisi waktu luang bagi pelajar

"Once the travel bug bites there is no known antidote, and i know that i shall be happily infected until the end of my life." -Michael Palin

Pernah dengar celetukan emak-emak yang mengatakan bahwa ibu-ibu itu diajak ke Indomaret atau alfamart saja sudah senang? Bagaimana kalau tetiba diajak keliling eropa ya? Bahagianya mungkin berkali lipat. Haha.

Travelling adalah salah satu cara menyalurkan hobi untuk mengisi waktu luang. Dan, saya sepakat denga quotes diatas bahwa travelling itu bahagianya seumur hidup. Meski dilakukan hanya setahun sekali namun perjalanan yang punya cerita akan selalu terkenang sepanjang masa.

Seperti cerita kami ke Bulukumba akhir tahun lalu. Alhamdulillah bisa sekaligus mengajak anak-anak. Meski mereka masih kecil dan kemungkinannya untuk lupa itu besar tapi memori kami sebagai orangtua akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Kuliner

hobi untuk mengisi waktu luang

Nah, selain melakukan travelling, nyari makanan khas juga jadi wajibkan? Mencicip kuliner dari satu kota ke kota lainnya memang bisa dijadikan hobi. Bahkan bisa juga beralih menjadi pekerjaan profesional lho. Hihihi, hitung-hitung ini bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang, ya gak?

Kuliner juga bisa dijadikan cara mengisi waktu luang dirumah dengan memasak makanan khas daerah tertentu. Kemarin saya baru saja memasak ikan woku ala saya. Masyaallah rasanya sedap dan anak-anak suka. Itu saja sudah bahagia banget sih.

Membaca

kegiatan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang

Jujurly, dulu saya bisa membaca 2-3 buku dalam seminggu. Apalagi buku-buku semacam novel atau cerpen, waktunya pasti lebih cepat. Tapi, setelah jadi ibu, membaca jadi hal yang tidak setiap saat bisa dilakukan.

Maka, cara mengisi waktu luang dirumah sekaligus memperkaya pengetahuan yaitu dengan membaca. Buku memang jendela dunia. Saya bisa mengintip Turki, Amerika bahkan kejadian masa lampau dengan membaca.

Manfaat lain membaca bagi saya adalah sebagai bahan untuk menulis. Mau tidak mau, jadi penulis memaksa kita untuk berkutat lagi dengan buku. Beruntung, hidup di era digital memungkinkan kita untuk 'baca buku' melalu perpustakaan online. Sobat yusri bisa meminjam buku melalui layanan digital yang menyediakan buku-buku online.

Menulis


Sehari-hari bersama kegiatan domestik dan anak tentu membuat ibu memiliki sedikit waktu untuk melakukan hobi. Maka, saya harus bersyukur dengan tahun-tahun pandemi yang memaksa kita untuk dirumah saja. Tahun covid menjadi titik balik saya untuk menajamkan kembali pena yang sudah lama tumpul.

Menulis adalah sarana saya untuk merekam cerita tentang anak-anak dimasa kecil. Berharap segala tingkah, tawa dan sedih mereka menjadi kenangan yang berharga dimasa depan.

Blogging

kegiatan mengisi waktu luang anak

Segala tulisan kemudian saya tuangkan dalam blog. Oya, menulis dan blogging itu kegiatan yang berbeda lho. Sudah pasti jika nge-blog maka kita akan menulis tapi jika menulis belum tentu blogging.

Banyak hal yang harus dilakukan dalam blogging itu sendiri. Selain menulis, blogger juga harus menata template, membuat infografis, foto sampai edit foto, video, hingga memahami search engine optimatisation. Pendek kata, blogger sedikit banyak harus menguasai beberapa hal. Hehe.

Meski awalnya berat, tapi lama kelamaan blogging jadi kegiatan yang menyenangkan. Bahkan blogging saya jadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang, tak hanya rupiah tapi juga dollar. Alhamdulillah beberapa job saya terima mulai dari buat artikel, content placement dan review produk. Bonusnya, ada saja tawaran untuk kerjasama diluar ngeblog.

Benar kata orang-orang, hobi yang dibayar itu nikmat.

Berkebun

cara mengisi waktu luang tanpa hp
Berkebun adalah hobi untuk mengisi waktu luang yang tak hanya sebagai refreshing mata tapi juga pikiran. Beberapa waktu lalu, kami mencoba menanam sayur mayur dengan cara hidroponik. Maklum, memiliki rumah yang sama sekali tanpa lahan membuat kami harus putar otak bagaimana caranya biar rumah tetap terlihat segar. Jadi, berkebun adalah jalan keluarnya.

Sebenarnya suami yang lebih memilih tanam sayur sebab hasilnya bisa dikonsumsi sendiri. Ada selada, pokcoy, bayam, sawi dan juga kangkung. Jika sudah berkebun, rasanya asik sendiri dan bisa melakukan kegiatan tanpa terdistraksi apapun termasuk smartphone. Berkebun adalah salah satu cara mengisi waktu luang tanpa HP.

Berolahraga

kegiatan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang

Entah berapa banyak emak-emak di jagat raya yang tersentil mendengar pernyataan Mama Jen (Jennifer Bachdim) atas jawabannya setelah ditanya apa me time terbaiknya? Dan, jawabannya adalah working out atau olahraga.

Sebagian besar masyarakat memang menjadikan olahraga sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Bisa dengan bersepeda, lari, senam aerobik hingga olahraga berat seperti tinju. Tapi, berolahraga bisa juga lho menjadi cara mengisi waktu luang dirumah.

Sekarang sudah banyak channel youtube atau reels instagram yang memperlihatkan cara mudah berolahraga tanpa alat mahal dan bisa dilakukan dirumah. Waktunya pun biasanya singkat saja, sekitar 10-15 menit. Asal istiqomah, insyaallah berolahraga dari rumah jadi hal yang mudah.

Bermain game

cara mengisi waktu luang dirumah

Cara mengisi waktu luang dirumah lainnya yang mudah dilakukan juga adalah dengan bermain game. Ada lho game-game yang bisa dimainkan tanpa membuat candu dan akhirnya mengabaikan kerjaan rumah tangga. Duh, jangan sampai juga ya game membuat kita jadi asik sendiri.

Salah satu game yang bisa dimainkan secara yaitu solitaire. Nah, ingatkan? Ini permainan jaman dulu yang nge-hits. Saya ingat sering sekali main solitaire dengan kakak dan adik. Kami main gantian, jika salah satu dikalahkan maka diganti tapi jika menang maka main terus hingga kalah.

Permainan klasik ini jadi salah satu cara untuk mengasah ingatan dan strategi. Harus kuat mengingat, kartu apa saja yang sudah diperlihatkan oleh mesin sebelum ditutup lagi dan strategi menempatkan kartu agar tak kalah sebelum berperang.

Nah, solitaire sekarang bisa dimainkan secara online dan gratis. Ini bisa jadi salah satu cara untuk refresh pikiran sembari mengingat kembali kenangan lama. Uhuuyy.

Manfaat Melakukan Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang

Jika ditanya kenapa tetap melakukan hobi padahal sudah berbuntut? Jawaban saya pasti banyak. Tapi, salah satu alasan kenapa tetap melakukan hobi ditengah gempuran domestik adalah agar bisa tetap produktif. Manfaat lainnya bisa sobat yusri baca dibawah ini.

cara mengisi waktu luang dirumah

Penutup


Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Hobi-hobi itu bahkan bisa kita jadikan tempat untuk berkarya dan menempa diri sekaligus sumber cuan baru. Kira-kira sobat yusri biasa melakukan hobi yang mana nih? 




















Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar