yusriahismail.com

Tteokbokki Instan Halal di Indomaret, Berani Coba?

cara masak topokki indomaret
Ponakan saya berusia 8 tahun merengek minta dibelikan tteobokki instan halal di indomaret. Pasalnya, ia sering melihat seliweran mukbang-mukbang para youtuber yang review makanan dari Korea ini. Untungnya jajanan khas Korea ini sudah banyak tersedia dalam bentuk instan dan tentu saja halal.

Saya tidak membayangkan jika harus menggiling beras dulu, lalu menggiling agar lebih halus kemudian ditambah bumbu lainnya dan dibentuk seperti tteobokki pada umumnya. Belum lagi membuat sausnya. Wah, perlu waktu berapa lama ya itu membuatnya?

By the way, saya baru tahu kalau tteobokki atau topokki termasuk dalam jajaran makanan internasional yang cukup populer. Wah, gelombang Korea memang tak main-main ya. Buktinya, tak hanya dramanya yang terkenal tapi juga sampai pada makanan tradisionalnya.

Apa itu Tteobokki atau Topokki?


Tteobokki atau biasa juga disebut topokki adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar tepung beras. Tteok sendiri berati kue beras dalam bahasa Korea. Umumnya, bentuknya bulat memanjang seperti silinder. Warnanya putih dan teksturnya kenyal.

Biasanya kue beras Korea ini dimakan dengan bumbu rempah yang rasanya sangat otentik. Bumbu yang memiliki cita rasa dan khas ini dikenal dengan gochujang. Teksturnya kental dan umumnya warnanya agak merah kehitaman dengan bau yang sangat khas yang membuat liur ingin berdesakan keluar.

Sayangnya, rempah-rempah yang ada dalam gochujang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Sepertinya, rempahnya hanya bisa tumbuh di area tertentu. Tapi, jangan khawatir sebab sekarang sudah banyak bumbu gochujang dalam bentuk instan yang beredar luas di tanah air. Apalagi ttebokki instan Indomaret pastinya juga menyediakan gochujang siap makan.

Tteobokki Instan Indomaret


Dulu, saya sering bertanya-tanya, apakah tteobokki instan itu halal? Sebab jajanan ini memiliki titik kritis halal yang menjadi tanda tanya besar. Titik kritisnya ada pada bahan dan proses pembuatan tteok (kue beras) dan juga saus gochujangnya.

Alhamdulillah, adanya logo halal pada tteobokki atau topokki instan membuat hati menjadi tenang dan aman. Ini juga sekaligus menjawab keresahan beberapa orang yang bertanya topokki di Indomaret apakah halal?

Logo halal memang menjadi salah satu solusi sederhana bagi masyarakat agar tak perlu pusing setiap kali akan makan. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri pasti merasakan hal yang sama juga kan. Hihi. Semangat.

Salah satu cara aman jika ingin makan tteobokki tanpa berpusing-pusing ria adalah pergi ke Indomaret dan pilih yang ada logo halal di kemasannya. Pusingnya tinggal di masalah harga saja. Hahaha.

Cara Masak Tteokbokki Indomaret


Sebenarnya, cara asyik untuk makan kudapan khas korea ini adalah ketika sedang asyik nge-drakor (nonton drama korea) tiba-tiba suami langsung menyuguhkannya di hadapan kita. Hahaha. Tapi, itu kejadian yang bisa dipastikan hanya bisa dikhayalkan sebab kapan ada waktu buat nontonnya? Eh, malah curhat.

Tapi, baiklah, saya mau spill bagaimana memasak kue beras terkenal ini alias cara masak topokki indomaret yang super mudah.

Pertama, siapkan dulu topokki indomaret instan yang sudah dibeli. Boleh siapkan dua bungkus ya. Lalu tambahkan juga bahan tambahannya seperti air, mie goreng instan, telur rebus atau goreng, sosis yang sudah digoreng atau bakar, daun bawang serta keju mozarella. Wah rame juga bahan tambahannya ya.

Kedua, didihkan gochujang ke dalam wajan lalu masukkan tteok. Sekitar 4-5 menit. Dan, topokki atau tteobokki pun siap disantap. Mudah banget ya cara masak topokki Indomaret.

Ketiga, tata di dalam piring lalu tambahkan bahan-bahan pelengkap yang ada dirumah. Oya, saus gochujang ini agak pedas, jadi sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan balita ya.

Harga Tteobokki di Indomaret


Nah, ada yang bertanya-tanya tidak ya mengenai harga tteobokki atau harga topokki Indomaret. Alhamdulillah, menurut saya tteobokki instan halal di indomaret harganya cukup terjangkau.

1. Topokki dari Mamasuka


Ada tiga varian yang bisa dipilih dari mamasuka yaitu rasa oroginal, spicy dan creamy. Untuk harganya yaitu 19.500. Sausnya sendiri dijual terpisah dengan tiga varian seperti kue berasnya yaitu original, spicy dan creamy.

2. Topokki dari Mujigae


Ini salah satu topokki atau tteobokki instan halal di Indomaret yang cukup laris. Menurut pecinta drakor sih, rasanya memang bikin nagih. Apalagi cara buatnya gampang banget. Mujigae hanya menyediakan satu macam varian yang dikenakan harga 22.500 rupiah. Oya, sausnya juga sudah masuk termasuk dalam paket topokkinya ya.

3. Topokki dari Korinus


Mau coba tteobokki instan indomaret yang terbaru? Boleh coba nih dari Korinus. Merknya dikenal dengan nama tok-poki. Salah satu varian tok-pokki yang sudah ada logo halalnya adalah tok-pokki korean street food yang berwarna kuning. Harganya sekitar 29.900 rupiah. Juga tersedia sausnya dikenakan harga 23.900 rupiah.

Penutup


Jajanan khas Korea yang punya nama lain 'pojangmacha' ini memang punya daya tarik tersendiri. Tak hanya dari warga lokal sana tapi juga dari masyarakat Internasional. Hal ini memang tak terlepas dari upaya pemerintahnya untuk mengenalkan salah satu makanan Korea yang sudah ada sejak dinasti Joseon.

Kepopuleran topokki pun sampai di Indonesia dan kini kita tak perlu lagi repot membuatnya sendiri sebab ada tteobokki instan halal di Indomaret yang bisa sobat yusri dapatkan kapanpun saja. Berani coba?













Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar