yusriahismail.com

Manfaat Susu Kambing Etawa etawarich Untuk Kesehatan Tulang

25 komentar
susu kambing etawa
"Ini yang diminum daengmu. Susu kambing etawa. Katanya untuk jaga kesehatan," begitu kira-kira yang disampaikan pung aji (tante) kami ketika berkunjung ke rumahnya di Pare-pare.

Daeng atau panggilan kepada kakak sepupu kami memang berusia lebih dari 50 tahun. Seorang wanita dan pekerja keras. Juga sebagai ibu tunggal selepas kematian suaminya puluhan tahun lalu.

Statusnya sebagai pengajar di salah satu sekolah tinggi negeri menuntutnya untuk terus aktif dan berkarya. Senin sampai jumat waktunya habis ditempatnya mengajar lalu sabtu dan ahad biasanya beliau ikut kegiatan muslimat atau bahkan keluar kota.

Kami takjub. Kesibukannya seolah tak pernah membuat energinya habis.

Kami saja di usia 30-an ini gampang sekali encok. Kerja dikit eh gak lama rebahan lagi. Mending rebahannya 30 menit, kadang kebablasan hingga 2 jam kalau asyik scroll media sosial.

Tau-tau hari sudah sore. Uwaaa. Lupa belum masak untuk malam.

Hahaha. Begitulah.

Mungkin memang harus ikhtiar susu kambing etawa.

Apalagi untuk perempuan. Siklus alami perempuan memang sangat membutuhkan susu untuk kesehatan. Bayangkan saja mulai dari menstruasi yang rawan membuat nyeri pinggang dan kram perut, lalu hamil yang menguras banyak kalsium dalam tubuh, menyusui, mengasuh anak dan menjelang menopouse.

Alasan Menjaga Kesehatan Tulang


Badan Kesehatan Dunia juga menyebutkan bahwa perempuan lebih rentan mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis). Dimana kondisi tulang keropos akan semakin rawan ketika hamil dan menyusui. Kerentanan ini bahkan mencapai 4 kali dari laki-laki.

Makanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya untuk perempuan tapi juga laki-laki.

Nah, saya ada beberapa alasan nih kenapa harus menjaga kesehatan tulang

1. Kepadatan Tulang Akan Semakin Berkurang


Tak bisa dipungkiri sih saat usia bertambah maka kepadatang tulang akan semakin berkurang. Kepadatan tulang yang semakin berkurang ini menyebabkan kita makin mudah untuk nyeri sendi.

2. Masih Ingin Menikmati Masa Tua Dengan Sehat


Tua itu pasti namun sehat di masa tua itu pilihan.

Ibu saya adalah contoh bagaimana saya ingin menikmati masa tua. Meski memang kadang sakit-sakitan tapi beliau masih semangat untuk berolahraga. Bahkan juga masih mampu memasakkan kami makanan di hari raya. 

3. Tak Ingin Merepotkan Di Masa Tua


Kalimat ini senantiasa terdengar dari lisan orangtua kami. Mereka ingin masa tuanya tak ingin merepotkan siapapun meski itu anak atau cucunya sendiri. 

Tapi, kalau di masa sekarang saja sudah pengapuran tulang, gimana gak merepotkan saat masa tua?

4. Tenang Beribadah


Salah satu hal yang tak ingin dilewatkan di hari-hari kedepan adalah tenang dalam beribadah. Bisa sujud dan rukuk tanpa mengeluhkan sendi yang kaku atau tak bisa digerakkan adalah kebahagiaan tersendiri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk ikhtiar menjaga kesehatan tulang, misalnya berjemur di pagi hari, rutin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol dan rokok, menjaga berat badan hingga memperbanyak asupan kalsium dengan minum susu untuk pengeroposan tulang.

Tapi, memang ada susu untuk pengeroposan tulang dan pengapuran tulang yang juga bisa dijadikan susu nyeri sendi sekaligus susu kesehatan?

Susu Kambing Etawa, Solusi Untuk Kesehatan Tulang


Sudah lama saya tahu jika susu kambing etawa memang sangat bermanfaat. Bahkan manfaat susu kambing etawa mendapat klaim setara dengan ASI. Kandungan susu etawa yang cukup lengkap nutrisi dan mineralnya menjadikan susu untuk kesehatan ini cocok sebagai susu tulang keropos dan susu nyeri sendi.

Namun, meski kandungan susu kambing etawa sangat berkhasiat, masih banyak yang tidak mengonsumsinya. Salah satu sebabnya adalah bau prengus yang memang menjadi ciri khas kambing.

Susu Kambing etawarich, Baik Untuk Kesehatan Tulang


Kandungan Susu Kambing etawarich


Salah satu susu kambing yang tidak berbau prengus adalah susu kambing etawarich. Kandungan susu kambing etawarich yaitu 
  • Susu kambing etawa. Kandungan susu kambingnya sendiri 98% lho dan sangat kaya akan kandungan fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Makanya manfaat susu etawa etawarich yaitu dapat menurunkan kolesterol, baik untuk pencernaan, untuk tulang, nyeri sendi dan berbagai manfaat lainnya.
  • Kayu manis. Kandungan dalam tumbuhan dengan genus Cinnamomum dan famili Lauraceae ini berupa kumarin, kaneelaldehida dan eugenol sehingga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. 
  • Gamat. Pada ekstrak gamat banyak kandungan gizi tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin.  
  • Bee pollen. Kandungan bee pollen yaitu flavaoid, quercetin, dan glutathione.
  • Daun sirsak. Kandungan daun sirsak sendiri yaitu memiliki flavanoid yang dapat mencegah asam urat. 
  • Gula stevia. Berasal dari tanaman Stevia rebaudiana yang dapat dijadikan bahan pengganti gula. Kandungannya nol kalori sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. 
manfaat susu etawa etawarich

Manfaat Susu Kambing etawarich

Selain kandungannya yang alami, manfaat dan khasiat susu kambing etawarich juga luar biasa. Beberapa diantaranya yaitu,

1. Kandungan Nutrisi dan Mineral Cukup Lengkap

Susu etawarich memiliki banyak kandungan fosfor, kalsium, sodium dan fluorinnya lengkap. Susu kambing etawa dapat mencegah pengeroposan tulang. Ini bisa menjadi susu nyeri sendi yang bagus.

2. Memiliki Asam Lemak Esensial

Kandungan asam lemak esensial yang dimiliki susu etawarich lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Asam lemak esensial dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Selain menjadi susu tulang keropos, susu ini juga aman digunakan karena memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan. Manfaat susu kambing etawa lainnya yaitu dapat menjadi sarana untuk menurunkan berat badan secara alami sebab dapat menekan rasa lapar secara efektif.

4. Untuk Kecantikan Kulit

Kandungan susu etawa tidak hanya baik untuk kesehatan tulang tapi juga mampu menghaluskan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori wajah. Bahkan disarankan digunakan sebagai masker alami. Manfaat susu kambing etawa etawarich emang gak hanya untuk kesehatan tapi juga mempercantik diri.

5. Salah satu khasiat susu kambing etawarich yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. 

Inilah manfaat penambahan beepollen pada susu kambing etawa di etawarich. 

6. Selain itu, manfaat susu kambing etawa etawarich yaitu untuk pencegahan pada peradangan.

Susu kambing etawa pada produk ini memang menambahkan kayu manis yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

7. Aman untuk segala usia

Penambahan gula stevia pada susu kambing etawa di etawarich membuat kandungan gulanya aman digunakan untuk segala usia. Gula stevia sendiri adalah bahan pemanis yang digunakan sebagai pengganti gula yang aman dengan kandungan nol kalori.

khasiat susu kambing etawarich

Cara Penyajian Susu etawarich


Nah, cara penyajian susu etawarich sendiri cukup mudah yaitu

1. Siapkan cangkir kecil

2. Masukkan 1 sachet susu etawarich yang berisi sekitar 15 gram.

3. Tuangkan air hangat sebanyak 120 ml. Jangan lebih ya sobat yusri sebab nanti gizi dan manfaat susu etawa jadi berkurang.

4. Aduk secara merata

5. Susu pun siap disajikan

Cara Mendapatkan Susu Kambing etawarich

susu etawarich adalah susu untuk pengeroposan tulang dan susu untuk kesehatan

Agar manfaat susu etawa etawarich ini makin sempurna maka gunakan berkali-kali ya sobat yusri. Kalian boleh mencari susu etawarich di official store yang resmi yaitu susu etawarich official store atau tokopedia etawarich official store. Dan, hati-hati dengan toko yang menjual barang palsu, tiruan dan ilegal. Amannya sih memang beli di toko resmi.

Kesimpulan


Sobat yusri terutama yang masih berusia 30-an, konsumsi susu etawarich mulai dari sekarang. Kalau kata anak sekarang sih, jangan sampai jadi remaja jompo. Wkkwk. Yuk, rasakan sendiri manfaat susu kambing etawa etawarich di masa tua nanti.

Kapan lagi ada susu yang aman dan gak bau prengus?
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

25 komentar

  1. Sepakaattt kita kudu bgt mengusahakan kesehatan bodi yahhh💪🤩😍

    Boljug mau coba jugaaa

    di usia jelang setengah abad, aku kudu konsumsi produk berkualitas kek gini❤️
    biar selalu sehaatt dan setrong 💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaallah..mba nurul selalu semangat nih, jadi ketularan semangat jugaa..yuukk semangat sehaat

      Hapus
  2. Baru tahu istilah remaja jompo ini. Hihi. Memang sekarang gaya hidup orang relatif lebih nggak banyak bergerak ya, jadi malah lebih gampang pegal-pegal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..iyaa yaa, kenapa ya pengen rebahan mulu?? huhu

      Hapus
  3. susu etawarich ini memang lebih lengkap karena ada tambahan kayu manis, bee polen, dan kandungan bahan lainnya ya. Apalagi tidak ada bau prengus saat diminum

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, dan bahan tambahannya ini sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh, yuk coba etawarich :)

      Hapus
  4. Setuju mba, lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi minum etawarich ini lebih baik dari muda ya, mbak, biar tak jadi remaja jompo.

    BalasHapus
  5. Manfaat susu kambing banyak ya ternyata. sayangnya sy pernah coba sekali susu kambing etawa dgn merek berbeda, tp saya kurang suka. bikin eneg

    BalasHapus
  6. Baru sadar ternyata susu kambing Etawarich ini sedang viral ya. Pantas banyak yang pakai, jadi penasaran gimana sih rasanya

    BalasHapus
  7. duh bukan remaja, tapi memang sebagus itu sih susu kambing apalagi komposisinya didukung sama stevia jadi ga banyak gula nih. keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggunaan gula stevia ini bikin gak khawatir yaa..

      Hapus
  8. Istilah remaja jompo sekarang tren sekali ya. Memang dulu nyeri sendi itu untuk manula lha sekarang siapa pun bisa mengalaminya termasuk remaja

    BalasHapus
  9. Pesen Ibukku banget nih kak..
    Kalau perempuan tuh butuh lebih banyak kalsium untuk mempertahankan tulangnya agar gak mudah keropos. Gak cuma tulang yaa.. gigi juga nih.
    Makanya jadi kepikran banget buat konsumsi Susu Kambing Etawa yang beneran sebagus itu buat kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener banget...kalsium baik banget untuk tulang dan gigi..semangaat sehatt

      Hapus
  10. Ada istilah baru kekinian ya, baru tahu saya. Suplemen tambahan yang alami memang perlu banget apalagi yang bisa untuk sekeluarga

    BalasHapus
  11. tim remaja jompo hadir kak, yang suka sakit pinggang nih, cocok banget minum susu etawarich, supaya memperbaiki kesehatan tulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwwkw...sama banget nih kak..suka banget encok, gampang pegal dll..yukk ikhtiar sehat dengan etawarich

      Hapus
  12. Masker dari susu kambing boleh juga dicobain, bakal lembut kulit kayaknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bu, bagus lho, pernah nyobain soalnya hehe

      Hapus
  13. Masya Allah, informasinya sangat berguna bagi remaja khususnya yang lagi merasa jompo sebelum waktunya... Syukron ibu💖

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk semangat sehat biar terus mampu untuk berkarya

      Hapus
  14. Aku sendiri belum pernah coba produk etawarich ini tapi temenku suka sama sama nih susu. Kelihatannya sngat berkhasiat sekali.

    BalasHapus
  15. Suka sekali dengan kalimat ini: "Tua itu pasti namun sehat di masa tua itu pilihan". Pas banget juga usia saya sudah masuk 30-an. Nampaknya memang sudah saatnya lebih memperhatikan kesehatan. Menyenangkan sekali ada susu kambing yang tidak prengus dan mudah dikonsumsi. Jadi ikhtiar untuk lebih sehat.

    BalasHapus
  16. Banyak yang sudah tahu dengan manfaat susu kambing etawa ini, tapi banyak yang tidak mau mengonsumsinya karena bau prengus. Bersyukur sekarang ada etawarich, susu kambing etawa yang tidka bau prengus. Jadi, enaknya dapat, manfaatnya juga dapat

    BalasHapus
  17. Wah saya yang sudah usia 58 tahun termasuk manula jompo ya, bukan remaja jompo lagi. Lansia seusia saya nemang butub asupan susu untuk menjaga tulang supaya tidak makin keropos.

    BalasHapus

Posting Komentar