yusriahismail.com

8 Wisata Palopo Yang Ramah Anak

Sebentar lagi liburan ya, saatnya saya spill wisata Palopo yang cocok untuk keluarga dan aman buat anak. Keamanan dan kenyamanan buat anak jadi highlight utama saya setelah mereka lahir.

Setelah memastikan tempatnya aman, selanjutnya mencari tahu wahana apa yang ditawarkan. Juga tetap memastikan ada nilai-nilai positif yang bisa diserap anak.

Tujuan berwisata memang bukan hanya sekedar mengejar senang saja tapi juga mencari nilai edukasi yang terselip edukasi sebagai sarana belajar anak.

Oya, kota Palopo memang selalu jadi tujuan wisata untuk daerah Luwu dan sekitarnya. Setiap akhir pekan, tempat liburan di bumi Sawerigading ini selalu ramai.

Apalagi jika libur lebaran atau tahun baru, jalan-jalan utama bisa dipastikan padat merayap. Haha. Saya jadi teringat kota hujan. Setiap weekend atau liburan hari raya bakal penuh dan macet.

Okelah, langsung saja saya jembrengin wisata Palopo yang ramah anak.

Permandian Agro Palopo

agro palopo
Anak mana yang sanggup menolak kolam renang ditambah berbagai fasilitasnya yang menggiurkan? 

Tempatnya juga berada di kawasan dataran tinggi Palopo sehingga cuaca di permandian agro Palopo selalu dingin.

Dan lebih menarik lagi sebab airnya bersumber langsung dari mata air sungai latuppa yang jernih dan menyegarkan.

Permandian agro Palopo adalah tempat favorit semua anak. 

Kolamnya cukup banyak dengan berbagai level umur. 

Ada yang khusus untuk orang dewasa dengan kedalaman lebih dari 60 cm.

Ada juga untuk anak-anak yang dilengkapi dengan seluncuran dan ember tumpah hingga kolam khusus usia bawah tiga tahun yang juga disertai seluncuran pendek.

Anak-anak pasti merasa tempat ini bagai syurganya mereka. Suara jerit dan cekikikan dari luar sudah menandakan itu.

Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah per anak. Biaya segitu bisa digunakan seharian loh. Cuman hati-hati saja jika ingin keluar dari area kolam untuk shalat misalnya. Pastikan saja bisa masuk lagi tanpa beli tiket. Hehe.

Sayangnya, pendamping yang masuk meski tak ikut berenang juga tetap diberikan beban harga yang sama. Jadi, mending ikut nyebur sih. Gak mau rugi dong.

Oya, tiket untuk anak-anak dan dewasa sama saja ya.

Tak hanya kolam yang banyak tapi kamar mandi untuk ganti baju juga cukup tersedia. Gazebo juga ada beberapa termasuk kantin mini yang menjual pop mie atau cemilan pengganjal perut.

Permandian agro Palopo agak ketat soal makanan ya. Pastikan saja tidak membawa makanan dari luar kecuali minuman.
Alamatnya di
Murante, Kec. Mungkajang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91921

Pantai Labombo

sejarah pantai labombo
Jika ada yang bertanya, apakah ada pantai di Palopo? Tentu dong. Namanya pantai Labombo.

Wisata Palopo ini menawarkan hamparan pasir putih dan laut biru yang tenang. Anak-anak akan puas nih jika berenang disini. Tapi usahakan sampai di Labombo tidak kesiangan atau sekalian sore ya biar tidak terlalu panas.

Sepanjang pantai ada pohon kelapa yang membuat sejuk juga gazebo dan bangku duduk untuk bersantai.

Keluarga yang piknik kesini biasanya membawa ikan mentah untuk dibakar dan makanan khas Palopo lainnya seperti kapurung, lawa, dange atau pacco.

Bisa dikatakan ini adalah wisata pantai di Palopo yang murah meriah sebab dengan harga 10 ribu saat weekdays atau 15 ribu saat weekend, sobat yusri sudah bisa menikmati pantai Labombo sepanjang hari.

Oya, disini juga disediakan aula yang biasanya digunakan masyarakat untuk reuni, agenda wisuda bahkan bisa dijadikan sebagai tempat seminar. Harga sewa sekitar 1 juta rupiah.

Para orangtua pastikan tetap waspada menjaga anak-anak ya. Apalagi jika laut sedang pasang. Jangan sampai lengah sebab cuaca bisa berubah mendadak.
Alamatnya di
Salekoe, Kec. Wara Tim., Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91921

Masjid Agung Palopo

wisata palopo
Jika dua tempat sebelumnya, sobat yusri harus merogoh kocek, wisata Palopo ini gratis dan terbuka 24 jam. Tempatnya juga sangat ramah anak.

Selain itu, wisata religinya sudah pasti dapat banget.

Masjid Agung Palopo terletak ditengah kota dan biasanya dijadikan sebagai objek berfoto oleh pengunjung.

Spot foto memang ada di taman masjid dengan potongan surat Muhammad yang diukir juga replika ka'bah di samping masjid Agung.

Anak-anak bebas berlarian disini. Udaranya pun sejuk sebab ditanam pohon-pohon besar di sepanjang masjid.

Juga ada rumput-rumput yang terpelihara dan biasanya dijadikan sebagai ala-ala tempat piknik oleh masyarakat. Tinggal gelar karpet dan makanan. Asal jaga kebersihan aja ya dan jangan terlalu lama agar rumputnya tidak layu.

Di sekeliling masjid terdapat penjual. Mulai dari gamis, kopiah, jubah hingga camilan berupa somay.

Setiap sore, masjid Agung Palopo selalu ramai. Banyak juga yang joging disini sebab secara tak langsung ada track untuk joging santai.
Alamatnya di
Jl. Sulthan Hasanuddin, Wara Utara, Batupasi, Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91913

Bukit Kambo Palopo

wisata kambo palopo
Penasaran dengan landscape Palopo? Bisa banget lihat dari bukit kambo Palopo yang memang sudah terkenal dari dulu.

Letaknya yang ada di puncak memungkinkan sobat yusri bisa mengintip kota Palopo dari kejauhan. Biasanya pengunjung mulai naik jika mendekati matahari akan terbenam.

Yap, pemandangan sunset dari bukit kambo highlands memang indah sekali.

Selain bisa menikmati Palopo dari puncak, nah disekitar bukit kambo Palopo ada hotel dan fasilitasnya  kolam renang dan penginapan yang modelnya unik.

Kolam renang bisa juga digunakan oleh pengunjung yang gak nginap di villa ya. Tapi ada retribusi sekitar 10ribu rupiah.

Salah satu yang membanggakan bagi masyarakat kota Palopo adalah Kambo dinobatkan menjadi salah satu desa wisata oleh kemenparekraf. Kambo berhasil mengalahkan ratusan desa wisata dari seluruh Indonesia yang diajukan lho.

Hihi, penasaran kan menikmati indahnya bukit kambo highlands?

Pelabuhan Tanjung Ringgit

wisata palopo
Balik lagi ke wisata air ya. Selain pantai Labombo, sobat yusri bisa mengajak anak dan keluarga ke pelabuhan tanjung ringgit.

Wisata Palopo ini juga tidak menarik biaya alias gratis. Sudah pasti yang didaptkan disini adalah nikmatnya vitamin sea dengan warna biru yang tak membosankan.

Setiap akan kesini, anak-anak selalu excited. Tempatnya memang luas dan mereka bisa berlarian sesuka hati.

Selain menikmati lautan, anak-anak bisa diajak mengenal kapal angkut barang yang besar.

Pelabuhan tanjung ringgit memang dijadikan sebagai dermaga kapal untuk bongkar dan angkut barang. Biasanya, barangnya berupa hasil tekstil dan pertanian yang datang dari Surabaya.

Dulunya, pelabuhan ini menjadi salah satu tempat yang vital di Palopo loh. Sekarang saja yang fungsinya agak berubah sebab moda transportasi lainnya juga semakin bagus.

Semoga kedepan, pelabuhan tanjung ringgit bisa beroperasi lagi sesuai fungsinya.


Masjid Tua Palopo


Ingin mengenalkan anak-anak dengan budaya religi? Bisa nih datang ke masjid tua Palopo yang letaknya tak jauh dari istana datu Luwu.

Masjid tua Palopo atau dikenal dengan masjid jami Palopo adalah bangunan yang didirikan sejak abad ke-16. Dan, dinding dan beberapa perangkat lainnya tetap dijaga kelestariannya.

Ini salah satu sebab mengapa masjid tua Palopo menjadi bagian dari sejarah Luwu dan dimasukkan dalam kategori bangunan cagar budaya.
Alamatnya di
Jl. Andi Djemma No.88, Batupasi, Kec. Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91913

 

Lapangan Pancasila Palopo

wisata palopo

Salah satu hal yang membuat anak-anak senang adalah jika bisa berlarian sepuas hati dan lapangan pancasila Palopo bisa menjadi salah satu rekomendasinya.

Ini memang satu-satunya lapangan di Palopo yang luasnya betul-betul bikin puas. Letaknya di belakang kantor Walikota membuat tempat ini sangat strategis.

Hampir semua pedagang berkumpul disini. Pastikan saja anak-anak dalam pengawasan ketat ya sob.

Arena bermain tersedia khusus disini. Ada seluncuran dan ayunan yang bisa digunakan secara gratis.

Jika sore sampai malam biasanya ada berdatangan sewa mainan. Mulai dari mandi bola hingga odong-odong.

Ada juga arena skateboard. Juga balai khusus untuk berkumpul. Biasanya sih balai ini dijadikan turning point kami jika ingin berkumpul.

Alamat lapangan pancasila Palopo
Jl. Andi Tadda No.2, Tompotika, Kec. Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91921, dekat kantor DPRD

Happy Land

tempat wisata baru di palopo
Jika yang lain terdapat di area terbuka, list terakhir ini ada di dalam supermarket Palopo. Sesuai namanya, tempatnya bikin happy terutama anak-anak. Hehe.

Happy land memang di design khusus untuk batita. Saya suka dengan pengamanannya terutama dipasang gabus di setiap batang besi. Jadi, tak perlu khawatir lagi anak-anak terbentur.

Berbagai permainan tersedia disini. Ada lorong uji nyali, ayunan, trampolin, sleuncuran, mandi bola, lego besar, masak-masakan hinggal mobil-mobilan.

Yang pasti, jika sekali kesini biasanya anak-anak sulit diajak pulang.

Menurut saya juga harganya cukup terjangkau yaitu 45 ribu untuk semua wahana permainan sepanjang hari. Tapi, pastikan anak-anak dan pendamping memakai kaus kaki ya. Jika tidak bawa, petugas happy land menyediakan kaus kaki seharga 5 ribu.




Alamatnya di
Palopo City Market, Jl. Dr. Ratulangi, Salobulo, Kec. Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91913

Wisata Palopo, Siap Masuk Bucked List


Gimana wisata Palopo yang saya spill? Tidak sabar untuk segera didatangi kan. Liburan murah meriah dan bisa membuat jiwa menjadi segar kembali. Yang penting gak bikin kantong boncos ya. Hehe.

Apalagi emak-emak, kudu selalu siap jadi ibu pembelajar dalam setiap keadaan. Harus pintar ngatur keuangan biar liburan tetap jalan tapi dapur selalu ngebul, ya kan?

Jadi, wisata Palopo mana yang mau sobat yusri datangi lebih dulu?
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar