yusriahismail.com

Masjid Agung Palopo, Tempat Religi Hingga Wisata Keluarga

masjid terbesar palopo

Masjid agung Palopo jadi tempat favorit suami jika sedang menunggu saya dari kajian rutin di hari sabtu. Ini juga tempat nongkrong favorit kami sekeluarga kalau pengen jalan-jalan dengan budget hemat.Haha. Dan, tempat ini juga cocok banget jadi tempat ngabuburit sampai terawih.

Tentu saja banyak hal menarik yang bisa dikulik dari Masjid agung Palopo.Mulai dari sejarah berdirinya yang alasannya cukup mengagumkan sampai daya tariknya yang menjadi magnet orang-orang dari luar kota. 

Sejarah Masjid Agung Palopo, Dulunya Tempat Maksiat

Sobat yusri, tau tidak jika Masjid agung Palopo ini dulunya adalah tempat perjudian dan hiburan malam? Jujur saja, saya sendiri baru tau ketika sedang mencari bahan untuk artikel ini.

Sebenarnya, alasan utama dibangunnya masjid ini karena Luwu Raya belum memiliki masjid besar yang bisa digunakan untuk menampung ribuan jamaah dan tempat melaksanakan kegiatan-kegiatan islami.

Akhirnya, walikota terpilih saat itu mengusulkan untuk membangun masjid. Lalu, seseorang membebaskan tanah wakafnya seluas 5000 ha. Duh, merinding ya sob. Tanah wakafnya akan dijadikan masjid. Gak kebayang berapa amal jariah yang diterimanya. Semoga ini jadi lecutan juga buat kita agar semakin semangat berbagi kebaikan. 

Masjid Agung Palopo sendiri dibangun tahun 1974. Sobat yusri ada yang sudah lahir? Orangtua saya saja bahkan belum nikah tahun segitu. Hehe. Dua alasan (ingin punya masjid besar dan menumpas kemaksiatan) itulah yang menjadi sejarah masjid agung Palopo akhirnya dibangun.

Daya Tarik Masjid Agung Palopo

Nah, seperti yang saya ceritakan diatas kalau masjid ini juga menjadi tempat favorit keluarga kami untuk jalan-jalan tipis. Kenapa?

1. Tempatnya Sejuk 

Begitu memasuki gerbang utama masjid agung Palopo, pepohonan dan taman-taman yang tertata langsung terlihat. Indah di mata dan angin semilirnya bikin sejuk. 

Salah satu yang menjadi simbol adalah pohon beringin besar yang membuat rindang para pemburu kuliner di sekitat masjid. Pengurus juga memfasilitasi dengan membuatkan dudukan dari semen. 

Nongkrong jadi tambah asik kan. 

2. Halamannya Jadi Tempat Piknik

Beberapa kali saya pergoki beberapa keluarga suka heboh piknik di sekitar halaman yang dirumbuhi rumput. Untungnya rumputnya suka dipangkas.

Kalau udaranya enak dan cuaca cerah, duduk dibawah bergelar karpet diatas rumput emang nyaman banget sih. Paling kusu pintar-pintar menghindari ee kucing aja sih. Hehe.

3. Ada Replika Ka'bah

replika kabah
Luasnya masjid Dan halamannya memabg memungkinkan untuk menambah bangunan baru. Nah pemerintah akhirnya membuat Replika Ka'bah agar masyarakat tidal terlalu jauh jika ingin manasik.

Sejak diresmikan tahun lalu, replika Ka'bah jadi sasaran baru di masjid aging palopo. Hampir setiap sore, tempat ini selalu ramai. 

4. Taman Masjid Agung Palopo

Selain replika Ka'bah, sasaran lainnya untuk dikunjungi San ber-selfie ria adalah Taman masjid yang terletak paling depan. 

Taman ini langsung menghadap ke jalan raya. Jadi bisa terlihat sari liar. Taman ini memabg memabg indah banget,. Didepannya teetulis qsIbrahim ayat 7. 

Katanya kalau malam hari, taman masjid semakin indahw karens sorotan lampu yang pencahayaanya tidak teedjteedrllau terang atau gelap. Remang-temangnya acahaya lampu membuat suasana makin cantik jika malam Tina. 

5. Kuliner

Salah satu hal yang membuat kita betah adalah kuliner yang melimpah. Alhamdulillah masjid aging palopo Ada yang menjual somay hingga jus. 

6. Fasilitas Tambahan

Tempat ini juga mentediakan ruangan untuk masyarakat lho. Jika ada yang ingin menggelar kegiatan labgsung saja hubungi oenguris dan tempat sudah bisa dipesan. Ota, ruangannya gratis. 

Lokasi 

Masjid agung palopo memang terletak ditengah kota. Masyarakat pun labgsung dengan menemukannya karena letaknya yang persis di pinggir jalan utama. Mencolok banget sih. Pasti kelihatan dari jauh. 

Highlight

Banyak hal yang menarik di masjid agunh palopo, namun saya meng-highlight halamannya yang luas dan asri. Anak-anak bisa puas bermain dan berlarian disini. 

Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar