yusriahismail.com

Pengalaman Memasang Dan Mengenal Google Search Console

google search console login
Hai sobat yusri, setelah kemarin saya sudah membahas google analytics yang sempat bikin njlimet, saatnya bahas layanan gratis lain mbah google yang tak kalah kerennya, yaitu google search console. Tapi, sebelumnya, saya mau cerita sedikit dulu ya.

Jadi, bulan Desember ini sudah dua kali saya mendapat 'surat cinta' dari google. Isi suratnya mengenai situs blog yang teridentifikasi terkena masalah pengindeksan halaman. Dan, tentu saya terkesiap sekaligus terharu dengan surat cinta google ini. Terkesiap karena bingung harus ngapain dan terharu karena perhatian yang luar biasa dari google. Hahaha.

Teman blogger, ada yang pernah mendapat surat yang sama? Tentu tahu dong kalau surat ini langsung dikirim oleh google search console team. Nah, yuk kita bahas mengenai google search console, mulai dari definisi hingga fungsinya.

Apa Itu Google Search Console


Google Search Console (GSC) adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh google untuk membantu pemilik situs dalam memantau, mempertahankan, dan memecah kehadiran situs kita di mesin pencari google. Singkatnya, pemilik situs perlu mengetahui performa blognya sehingga butuh tools untuk mengetahui barometer dalam meningkatkan trafik, popularitas maupun kenyamanan pengguna.

Jika google analiytics tentang bagaimana mengetahui pengunjung berinteraksi dengan blog kita sementara GSC berfungsi mengetahui bagaimana kerja blog kita dalam mesin pencari.

Fungsi Umum Google Search Console


Meski fitur ini didapatkan secara cuma-cuma, fungsinya juga tidak kaleng-kaleng. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh google search console, seperti

1. Memudahkan artikel kita agar cepat terindeks oleh google

2. Memberikan informasi mengenai halaman yang error atau artikel yang tidak terindeks. Nah, beberapa kali saya mendapat email dari GSC bahwa halaman dari blog www.yusriahismail.com banyak yang error dan akhirnya tidak terindeks. Alhamdulillah, GSC juga menyediakan sendiri kesempatan untuk validari dirinya sendiri.

3. Mengetahui asal pengunjung dan darimana mereka mengakses blog kita. Bahkan menentukan target asal negara mana yang berkunjung di blog kita juga bisa disetting loh. Tapi, menurut salah satu info, jika mensetting sasaran negara yang berkunjung bukan berarti negara yang bukan menjadi target tidak bisa melihat blog kita. Jika blog kita relevan dengan negara lainnya maka google tetap akan memunculkannya di halaman mesin pencari.

4. Google dapat menemukan dan meng-crawl blog kita. Proses crawl dari google biasanya lebih cepat terjadi ketika ada kata kunci yang memang kita selipkan dalam artikel.

5. Memberikan trafik mengenai seberapa sering blog kita muncul di google penelusuran, kueri penelusuran yang sering muncul dan seberapa sering pengunjung mengklik kueri tersebut. Asiknya ketika menemukan kueri yang sering dicari user ini bisa jadi bahan tulisan lain untuk blogger.

6. Dapat menampilkan situs mana saja yang menaut ke blog kita

7. Menerima pemberitahuan saat google menemukan spam atau masalah lainnya pada blog

8. Dapat mengetahui broken link pada blog

Pengalaman Memasang Google Search Console


Sobat yusri, sebenarnya sudah lama sekali saya memasang google search console. Tapi saya lupa kapan persisnya saya pasang gsc dan juga sebab musabab sampai nekat memasang sendiri.

Entah saat itu ada project yang meminta laporan dari gsc (tapi kayaknya ini gak mungkin) atau saat belajar di blogspedia dan lihat teman-teman lain juga sudah pasang.

Alhamdulillah, sekarang ada kesempatan menuliskan pengalaman bagaimana cara memasang google search console. Nah, gini ceritanya

1 Masuk ke akun email yang juga digunakan untuk daftar blog dan GA. Oya, wajib banget emailnya sama ya agar google mudah membaca apa yang sedang terjadi pada blog kita melalui GSC.
google search console

 2. Kemudian buka website GSC hingga bertemu tampilan seperti dibawah
google search console login

3. Masukkan alamat email dan yeayy akhirnya kita sudah punya akun GSC. Selamat. Tapi, perlu langkah-langkah selanjutnya agar akun GSC dan blog terhubung.
 
4.Langkah selanjutnya yaitu masukkan domain blog tanpa https, https ataupun www. Hanya nama domain dan ekstensi saja. Misalnya, akun blog saya hanya memasukkan yusriahismail.com saja tanpa embel-embel didepannya.
google search engine

5. Terakhir, GSC akan memverifikasi blog kita dan tunggu maksimal 1x24 jam sampai datanya keluar semua. Nah, ini tampilan blog saya di dashboard GSC hari ini (per 15 maret 2023)
google search console login

Gimana sobat yusri, mudah banget yaa? Alasan ini kayaknya yang bikin saya nekat pasang sendiri tempo hari. Haha.

Istilah-istilah Dalam Google Search Console


Jujur aja, belajar ngeblog artinya belajar banyak hal baru dan kadang bikin mengernyit. Maklum, emak-emak tapi tetep kudu melek teknologi. Termasuk istilah-istilah yang baru saya temukan di tools gratis google ini. Apa saja istilah di GSC yang harus kita tahu?

1. Klik


Jadi, jumlah klik akan terbaca jika ada user yang mengklik satu link dari blog kita. Biasanya link akan ditemukan user ketika mereka sedang searching di internet dan mengetikkan kata kunci tertentu. Ini juga yang membuat kenapa research keyword sebelum menulis juga jadi agenda penting dan utama.

2. Impression atau tayangan


Jika halaman blog kita muncul dalam di mesin pencarian makan jumlah impresi akan bertambah meski user tidak mengklik link web kita yang terlihat itu. Jadi, ini bedanya dengan klik yah.

3. Click Through Rate (CTR)


Ini adalah presentasi perbandingan antara impresi dan klik yang diperoleh dari halaman blog kita. Jadi, misalnya link URL halaman website kita muncul 20 kali di mesin google dan di klik sebanyak 10 kali maka CTR-nya adalah 50% (hasil dari 10/20*100%).

4. Position atau Peringkat


Peringkat berasal dari posisi rata-rata blog kita di mesin pencari. Jika semakin bagus posisinya biasanya mendulang trafik yang tinggi. Ini juga yang menjadi salah satu tujuan blogger menulis secara SEO agar halaman blog-nya memiliki posisi yang bagus di mesin pencari. Harapannya sih selalu ada di halaman pertama google. Aamiin.

5. Kueri


Ini semacam kata kunci yang sering diketik user di mesin pencari google dan search engine akan mengarahkan ke halaman blog kita.

Penutup


Jadi, bagaimana sobat yusri? Siap menaikkan trafik pengunjung blog menggunakan google search console sebagai tempat evaluasinya? Bismillah yuk, 2023 ini trafik pengunjung menembus angka 5000. Aaamiin Yaa Rabb.



















Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar