yusriahismail.com

Pengalaman, Tips dan Mengenal Fungsi Google Analytics Dari Blogger Pemula

pasang google analytics
By the way, kira-kira sobat yusri (soby) suka penasaran gak sih siapa yang sering berkerumun ke blog kalian? Maksudnya, siapa pengunjung yang sering kesasar baca tulisan kalian? Saya sendiri sering bertanya-tanya ketika lihat statistik blog yang tiap harinya selalu kedatangan pelawat.

Apakah saya heran? Hehe jujur iya, karena merasa kualitas tulisan yang masih kurang. Tapi, kemungkinan mereka tersesat ke perjalanan rasa karena research keyword yang saya lakukan dan berusaha menulis secara SEO (walaupun masih jauh). Meski di sisi lain, kadang saya juga bertanya-tanya, jangan-jangan pengunjungnya saya sendiri? Hehe.

Nah, buat soby yang masih berusaha menebak siapa tetamu yang pernah bertandang ke blog kalian, google menyiapkan layanan yang fungsi dan kegunaannya banyak banget.

Fungsi Google Analytics, Blogger Pemula Kudu Tau


Google memang all out dalam memberikan pelayanan, termasuk soal google analytics (GA) yang di design memudahkan si empu website atau blog dalam melihat statistik pengunjung. Hebatnya lagi, layanan ini gratis lho.

Tertarik untuk mengaktifkan GA di blog kalian? Yuk simak dulu apa saja fungsinya.

1. Sebagai Pelaporan


Salah satu fungsi google analytics yang membuat saya berdecak kagum adalah kemampuannya memberikan data aktual mengenai data pengunjung. Bukan hanya sekedar jumlahnya tapi juga bagaimana interaksi pengunjung terhadap blog kita. Cuman singgah sebentar atau lama, baca satu artikel atau buka artikel lain juga.

Juga ikut mengecek, pengunjung membuka blog kita dengan perangkat apa, bagaimana demografiknya hingga browser apa yang mereka gunakan. Tuh, sekeren itu kan.

2. Data Analysis dan Visualisasi


Data-data yang sobat yusri dapatkan kemudian diolah oleh google analytics dan ditampilkan dalam bentuk yang memudahkan untuk dipahami. Ada yang berbentuk chart, tabel, atau lainnya sesuai kebutuhan.

Visualisasi data jadi memudahkan khususnya untuk orang visual seperti saya. Perbedaan warna dan data yang dibuat grafik jadi lebih mudah untuk dimaknai tanpa bantuan ahlinya.

3. Analytics Intelligence


Fungsi ini akan membantu sobat yusri mendapatkan data-data yang dibutuhkan, seperti bagaimana kinerja blog, tetamu yang sering mampir hingga informasi lainnya dengan pemodelan yang lebih mudah dipahami.

Kemampuan google analytics dalam menganalisa perubahan tren dan data terbaru yang dibutuhkan membuat blogger-blogger cupu IT seperti saya terasa sangat terbantu.

Pasang Google Analytics Modal Nekat


Suatu ketika seorang management talent meminta screen shoot page view pada artikel yang dipesannya. Sudah pasti saya panik dong karena belum pernah daftar dan masih bingung bagaimana caranya.

Bermodal nekat, saya pun mencari cara pemasangannya melalui mesin pencari google. Ratusan saran muncul dalam sekejap dan membuat saya bertambah bingung karena banyaknya masukan. Biasanya sih saya memilih tulisan dengan daftar paling atas pada halaman pertama google.

Tak butuh waktu lama, GA akhirnya terpasang juga. Tapi, apakah kelegaan langsung muncul? Eitss, angka-angka yang harusnya tertera ternyata belum muncul. Katanya, butuh waktu beberapa lama agar muncul grafik. Tanpa sepenuhnya mengerti, saya berusaha meraba-raba arti angka, grafik dan sedikit keterangan yang tertera.


Dari Universal Analytics Menuju GA 4

manfaat google anaylitics
Setelah beberapa lama merasa bangga pasang google analitik sendiri, kemudian muncul gonjang-ganjing bahwa google analitik akan segera bermutasi. Ramai-ramai para blogger berpindah dari yang lama menuju baru, google analytics 4.

Webinar mengenai GA 4 digelar dimana-mana, salah satunya oleh Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Saya sebagai blogger piyik, tentu latah ikut-ikutan. Salah satu bahasan saat itu adalah apakah GA4 jauh berbeda dari sebelumnya? Sebenarnya hampir sama saja namun jauh lebih lengkap. Dan, kepindahan harus tetap dilakukan sebab per Juli 2023, google akan menggunakan layanan baru dan menonaktifkan layanan lama. Mau gak mau kudu pindah donk.

Sayangnya, saya terlalu gagap memahami dan mengikuti webinar 2 jam tersebut. Mana agendanya malam dan direcoki dua bayi yang ingin tidur.

Bonus Materi Google Analytics 4 dari Blogspedia


Alhamdulillah, setelah pemasangan GA 4 yang tidak tuntas dari webinar terakhir (terhitung sudah 3 bulan ternyata), Blogspedia nge-push untuk mutasi ke GA 4. Bahagianya hati ini meski pemasangan yang tidak tuntas bikin makin pening. Wkwkwk.

Ternyata yang membuat pusing adalah ada bagian-bagian yang tidak saya baca lengkap karena terburu-buru. Penting sekali untuk membaca dengan tidak tergesa-gesa ya sob.

Pengalaman dan Tips Memasang GA 4 Agar Lancar


Sebenarnya, memasang GA 4 mudah saja, apalagi coach Marita sudah memberikan tutorial lengkap yang tidak membuat kepala dibebat. Gimana caranya? Saya ingin memberikan sefruit tips aman memasang GA 4

1. Siapkan segala perangkat yang dibutuhkan. Boleh menggunakan laptop dan handphone. Atau buku catatan yang merangkum cara pemasangannya. Saya sendiri menggunakan dua device agar mudah menengok tutorialnya.

2. Mulailah dengan bismillah. Berdoa dan keyakinan semuanya berjalan lancar adalah kunci ketenangan diri.

3. Jangan lupa makan dulu ya sob. Jika memungkinkan juga disarankan untuk mandi terlebih dahulu. Biar fresh, plong dan ketagihan deh sampai sekarang. Hehe.

4. Buka tutorial blog atau catatan kecil.

5. Tandai hal-hal kecil yang mungkin terlewat. Ini mungkin remeh tapi dampaknya cukup besar. Salah satunya adalah lupa klik tampilan opsi lanjutan di bagian penyiapan properti. Padahal, bagian ini memungkinkan kita untuk mendapatkan UA sekaligus GA 4.
google analytics
6. Ingat kode pelacakan GA 4 akan sama digunakan pada google tag manager dan edit HTML pada blog. Beberapa kali saya harus membuat properti baru karena kesalah remeh disini.

7. Pastikan blog kalian apakah masih http atau sudah berubah menjadi https. Jika salah memasukkan https akan membuat pemasangan GA 4 error. Informasi https bisa dilihat pada setelan di dashboard blog ya.
fungsi google analytics

8. Pastikan juga apakah blog menggunakan www atau tidak.

9. Baca langkah-langkahnya secara perlahan dan tenang.

10. Siapkan cemilan atau minum ya sob. Lumayan ada pemasukan energi biar kuat hadapi kenyataan jika ditengah jalan ketemu masalah.

Jadi, gimana sob? Sudah siap untuk pasang google analytics terbaru? Semoga dimudahkan dan tetap semangat ya.






















Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar