Laporkan Penyalahgunaan

√7 Manfaat SEO On Page Untuk Blogger Pemula, Buktikan

manfaat SEO On Page untuk blogger
Jika ditanya, apa bagian yang paling menantang dalam perjalanan blogging? Tentu saja saya akan menjawab dengan lantang "SEO" atau Search Engine Optimalization. Haha. Parahnya, saya langsung berhadapan dengan materi ini ketika pertama kali belajar ngeblog.

Jadi saat itu, saya sedang semangat 45 untuk ngeblog. Maka, mulailah mencari kelas blogging gratis dan alhamdulillah dapat. Sayangnya, materi yang disajikan saat itu untuk expert. Manalah saya paham apa itu SEO, terus ternyata SEO sendiri ada 2 yaitu SEO On Page dan Off Page serta penjelasan lainnya. Pengertiannya aja kurang paham, apalagi memahami manfaat SEO On Page dan Off Page. Udah jelas kudu belajar dari awal banget.

Asli bengong. Mau nanya, tapi bingung juga mau tanya apa. Gini nih, kalau lagi semangat-semangatnya. Apa aja yang ada dihadapan mata, hajar. Sakit? Ya, itu urusan nanti.

Kenali Lebih Dekat SEO

Nah, kalau sekarang ditanya, apa itu SEO? Hmm.. masih mikir sih tapi sudah tau arah jawabannya. SEO adalah suatu cara bagaimana mengoptimasi blog kita agar berada di posisi teratas dalam mesin pencari. Eittss, tidak hanya blog tapi SEO juga bisa diterapkan di media sosial, bisnis marketing dan lainnya.

Para mastah blogger menyebut SEO itu seperti seni, tapi kalau saya yang ibu rumah tangga bilang : SEO itu seperti resep. Bahannya sama tapi hasilnya kadang berbeda. Makanya perlu banyak uji coba.

Kalau kata coach Marita, cara SEO x bisa diujikan ke blog y lalu lain waktu cobakan lagi dengan cara SEO z. Nanti lihat hasilnya sepekan atau sebulan lagi melalui data trafik organik pengunjung blog kita. Meningkat atau tidak. Jika belum maksimal, silakan uji coba lagi dengan cara lainnya. 

Uniknya, SEO selalu mengalami perubahan. SEO 10 tahun yang lalu jelas berbeda dengan tahun ini. Bahkan menurut cerita coach Marita, dulu SEO terbaik itu adalah dengan menebalkan atau memberi garis miring pada kata kunci. Sekarang cara SEO seperti itu udah kuno. Terus gimana penerapan SEO masa kini? Terus nyimak ya sob.

Apa itu SEO On Page

Perkembangan SEO memang mengikuti alogaritma google sebagai mesin pencari terbaik di seluruh dunia. So, jangan kaget jika tiba-tiba blog kita dikunjungi banyak orang atau anjlok tanpa pengunjung satupun. So, sebagai blogger memang harus selalu update dengan perkembangan dunia digital.

Ada 2 teknik SEO yang sudah lama dikenal yaitu Black Hat SEO dan White Hat SEO. Black Hat SEO lebih menggunakan trik-trik tertentu agar mengelabui mesin pencari. White Hat SEO menggunakan cara yang lebih sopan dan punya "tata krama". Soby, karena kita anak baik-baik, belajarnya White Hat SEO aja ya. Hehe.

Dalam White Hat SEO ada 2 metode yaitu SEO On Page dan Off Page. SEO On page adalah Optimasi dari blog sendiri sedangkan SEO Off Page adalah optimasi dari luar blog.

Duh, mumet gak tuh sob? Yuk, belajar SEO On Page dulu.

7 Manfaat SEO On Page Untuk Blogger Pemula

Saya sebagai blogger pemula a.k.a cupu memang perlu membiasakan menulis artikel yang sesuai SEO. Tentu saja kudu lihat panduan terus biar gak nyasar ditengah jalan. Namun, sebelum mengikuti arahannya, perlu nih tahu manfaatnya seperti apa. Biar semakin yakin, kenapa blogger pemula perlu belajar SEO On Page.
tujuh manfaat SEO On Page untuk blogger

  • Konten Menjadi Tepat Sasaran

Konten is the king. Salah satu kunci dalam SEO On Page adalah dengan menguatkan konten. Kualitas dan memiliki kata kunci akan membuat konten menjadi semakin tepat sasaran. Hal ini memungkinkan artikel blog masuk dalam halaman pertama mesin pencari.

  • Tampilan Blog Semakin Menarik

Pengunjung akan betah berlama-lama dalam blog kita jika tampilannya menarik. Nah, jika penggunaan SEO On Page kita tepat maka tampilan blog akan memanjakan mata.

  • Mengoptimalkan Kecepatan Halaman

Bete gak sih kalau kita sedang mencari sesuatu di google namun website tak jua kunjung terbuka. Satu menit pertama jelas pengunjung langsung beralih mencari yang lain. SEO On Page akan membuat halaman blog kita terbuka dengan cepat. Wuzzz..wuzzz.

  • Mudah Untuk Dikontrol

SEO On Page ini memang suatu cara bagaimana mengoptimalisasi hal-hal internal yang ada di dalam blog kita. Optimalisasi ini jelas membuat kita lebih mudah untuk mengontrolnya.

  • Memudahkan Mesin Pencari Menemukan Artikel Kita

Halaman pertama mesin pencari adalah hasil terbaik dari jutaan bahkan puluhan juta artikel yang tersimpan dalam google. Jika SEO On Page kita tepat maka mesin pencari pun akan langsung mengenali blog kita da menaruhnya di halaman pertama.

  • Meningkatkan Brand Blog

Masuk ke halaman pertama mesin pencari dan traffic meningkat jelas akan membuat brand blog akan semakin menjulang. Berikutnya, pengunjung tak perlu repot lagi mencari di laman google jika membutuhkan sesuatu. Tinggal search nama blog kita dan tadaaa...artikel yang mereka butuhkan sudah tersedia.

  • Meningkatkan Traffic atau Jumlah Pengunjung Blog

Traffic yang tinggi sebenarnya efek dari blog kita yang masuk ke halaman pertama mesin pencari. Otomatis orang akan langsung berkunjung ke blog kita jika artikel kita adalah hasil terbaik.

Kata Coach Marita yang saya kutip dari laman blogspedia
Bermanfaat Itu Butuh Traffic
Ya, kita memang menulis. Tentu saja inginnya menulis hal-hal yang bermanfaat. Tapi, kalau tidak ada yang baca? Manfaatnya untuk siapa? Kesampingkan dulu deh soal cuan. Hihi. Ini mah belakangan. InsyaAllah segala hal yang dikonsep dengan baik, ada sesuatu yang manis di ujungnya.

13+ Langkah Optimasi SEO On Page Ala Blogspedia

Sob, meggiurkan banget ya SEO On Page ini. Tapi sabar, proses ini memang tak instant. Pun harus banyak mencoba metode ini dan itu sebelum ketemu resep yang pas. Namun, apa sja sih upaya yang harus dilakukan untuk optimasi SEO On Page ini?

  • Judul

Judul tidak harus puitis atau menggunakan bahasa yang rumit. Jujur, sebagai blogger pemula, saya sering terjebak pada bagian ini. Inginnya judul yang menarik tapi ternyata kepanjangan dan malah tidak teridentifikasi oleh google. Judul yang baik adalah 55 karakter dan memuat kata kunci.

  • Permalink

Siapkan permalink yang sederhana dan memudahkan untuk dipahami oleh pengunjung. Apalagi permalink hanya bisa dibaca sampai 75 karakter saja karena dihitung dari https hingga html. Paling baik adalah 75 karakter.

  • Deskripsi

Bagian ini akan ada dibawah alamat blog kita di halaman mesin pencari sehingga deskripsi harus bersifat call to action (CTA). Selain itu, deskripsi juga harus memuat kata kunci. Ini akan membuat pengunjung mengklik blog kita.

  • Paragraf Pertama

Beberapa mastah blogger menyarankan agar dalam paragraf pertama memuat kata kunci. Biasanya deskripsi bukan memuat kata-kata deskripsi yang sudah kita siapkan tapi isi artikel blog.

  • Penulisan Keyword

Dulu ternyata, penulisan keyword harus ditebalkan atau dicetak miring. Namun sob, karena SEO berubah maka cara penulisan keyword yang seperti itu tidak berlaku lagi. Jadi cara penulisan keyword ya biasa saja. Cukup diletakkan di tempat-tempat tertentu agar mudah dikenali.

  • Kata Kunci di Paragraf Akhir

Kata kunci tak cukup disematkan pada paragraf awal tapi juga di paragraf akhir. Jadi sob, perlu cermat nan teliti soal penulisan kata kunci ini.

  • Jumlah Kata

Bagian ini memang harus dilatih terus menerus. Ada yang bilang tak perlu banyak agar iai artikel berbobot tapi ada juga yang mengatakan, google senang dengan artikel panjang. Nah yang pling baik adalah artikel panjang dan berbobot. Minimal diatas 500 kata.

  • Optimalkan Paragraf

Menulis artikel tidak sama dengan nulis artikel di tempat lain. Apalagi pengunjung membaca artikel kita melalui smartphone dimana ada batasan pandang. Nah, makanya kita perlu optimalkan paragraf. Cukup 2-3 kalimat yang ringkas.

  • Heading

Kata kunci harus terletak pada heading utama dan sub heading. Heading dapat diartikan sebagai judul utama dan sub heading adalah sub judul.

  • Optimasi Gambar

Gambar yang dimasukkan pada blog juga harus dimasukkan kata-kata yang memudahkan mesin pencari menemukannya. Jangan lupa untuk mengisi alt dan title pada gambar sebelum di publish.

  • Link Pada Artikel

Menyispkan link pada artikel akan membuat keterkaitan dengan link artikel lainnya. Ada internal link dan ekstermal link. Internal link harus lebih banyak dibanding eksternal link. Perbandingannya kira-kira 3:1.

  • Menggunakan LSI Kata Kunci

Latent Semantic Indexing (LSI) ini bisa disebut sebagai pemrosesan bahasa secara natural. Istilahnya mecari padanan kata yang mirip dengan kata kunci. Cara mudah mencarinya adalah dengan memanfaatkan kata kunci yang relate dengan kata kunci utama.

  • Share di Medai Sosial

Jangan Malu Menjadi Blogger
Kadang, pikiran membatasi kitapada hal-hal yang membuat kita bisa berkembang. Takut dibilang sok atau apalah sehingga malu sharing di media sosial. Saatnya orang-orang tahu bahwa kita adalah blogger.

  • Inpeksi URL

Setelah menerbitkan artikel, pastikan kita melakukan inspeksi URL (Uniform Resources Locators) agar tulisan kita cepat terindeks oleh google.

Penutup

Sob, jabaran manfaat SEO On Page dan langkah optimasi bikin tambah mudeng atau puyeng? Hihi. SEO memang gampang-gampang susah ya. Sebagai blogger pemula, saya pun masih butuh banyak belajar. Ya, gimana mau ahli jika berhenti mencoba? Sharing yuk, bagian SEO On Page mana yang sering membuatmu khilaf?


Yusriah Ismail
Bismillah. Selamat datang di perjalanan rasa. Saya Yusriah seorang lifestyle blogger asal Sulawesi Selatan. Saya seorang pembelajar sepanjang masa yang menyukai tentang parenting, read aLoud, marriage dan halal living. Blog ini juga menerima kerjasama berupa kolaborasi (guest post) atau sponsored post. Untuk kontak silahkan hubungi saya via email di yusriah.ismail@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Penyampaiannya khas mba yusriii banget, bahasanya ngalir, ringan dan mudah dimengerti..
    Jadi baca artikelnya berasa diajak ngobrol 😁

    BalasHapus

Posting Komentar