yusriahismail.com

Titik Pemasangan AI Camera di Rumah Sakit

titik pemasangan AI Camera
Keberadaan AI camera saat ini telah mulai banyak digunakan di berbagai lokasi strategis, salah satunya adalah rumah sakit. Tentu bukan tanpa alasan. Pemasangan AI camera tersebut dapat membantu pihak rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi semua pasiennya.

Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu AI camera? AI camera adalah kamera yang mengusung teknologi kecerdasan manusia. Tujuan dari pemasangan kamera tersebut adalah untuk meningkatkan value bisnis dan keamanan di sekitar bangunan atau ruangan tersebut.

Untuk area rumah sakit sendiri, pemasangan AI camera tidak bisa sembarangan. Sebab ada privasi pasien, keluarga hingga para karyawan yang tetap harus dijaga. Itulah mengapa, lokasi kamera harus tetap strategis, tetapi memberikan pengawasan yang efisien.

Alasan Pemasangan AI Camera Harus Dilakukan dengan Cermat


AI camera
Dari pengertian apa itu AI camera, juga banyak yang bertanya apa saja keuntungan yang diberikan oleh teknologI mutakhir tersebut. Mengingat AI camera saat ini tengah banyak digunakan pada berbagai perangkat. Berikut alasannya:

  • Membantu Meningkatkan Sistem Keamanan


Pada area rumah sakit yang luas dengan banyak akses masuk, CCTV menjadi salah satu perangkat yang sangat membantu untuk meningkatkan keamanan. Pihak keamanan tidak hanya bisa melihat rekaman dari layar saja, tetapi juga akan mendapatkan notifikasi real time pada ponselnya. Jika terjadi sesuatu, CCTV dengan AI camera akan segera bekerja sebagaimana fungsinya. Mulai dari memberikan suara yang mengejutkan (built in sirine) hingga lampu sorot.

  • Memberikan Laporan Gerakan dengan Tepat


Seperti yang Anda ketahui, jika rumah sakit memiliki banyak ruangan pada gedung-gedung yang berbeda di area yang sangat luas. Bahkan, tak sedikit ruangan atau gedung yang dilarang dikunjungi, baik karena alasan medis maupun administrasi. Adanya deteksi gerakan pada CCTV, membantu petugas keamanan rumah sakit mengetahui benda apa saja yang berada di sana secara akurat. Pendeteksi gerakan tersebut, dapat membedakan antara gerakan manusia, binatang hingga kendaraan.

Kemampuan mendeteksi yang canggih ini, berlaku untuk semua benda, baik yang bergerak, tidak bergerak hingga yang terlihat samar. Dari adanya teknologi pintar ini juga, Anda bisa secara langsung melihat apa itu AI camera yang selama diperbincangkan kecanggihannya.

  • Efektif untuk Mengawasi Ruangan yang Luas atau Jarak Jauh


Salah satu ruangan yang besar di rumah sakit adalah area ruang tunggu. Dengan menggunakan CCTV dengan teknologi kecerdasan manusia, akan membuat tampilan gambar sangat berkualitas. Terlebih lagi CCTV AI camera juga bisa dilihat secara langsung pada ponsel. Sehingga pihak rumah sakit atau petugas bisa terus memantau setiap pergerakan dengan lebih efisien.

  • Kualitas Gambar


Kualitas gambar yang ditampilkan akan tampak jernih, akurat dan tidak pudar meskipun telah diperbesar. Itulah mengapa, kamera ini cocok dipasang di area yang luas, karena bisa membantu mendeteksi setiap orang dengan jelas. Bahkan untuk gambar atau benda yang berukuran kecil seperti plat nomor, teknologi AI bisa mendeteksi dan membacanya dengan akurat.
 

Di Mana Lokasi Terbaik untuk Memasang CCTV di Rumah Sakit?


Salah satu lokasi terbaik untuk memasang CCTV di rumah sakit adalah pada area tunggu. Jika Anda perhatikan, di area ini banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai orang hingga barang yang bergerak di waktu bersamaan. Keberadaan AI camera akan membantu untuk menangkap gambar secara detail, jelas dan akurat. Salah satu kecanggihan dari CCTV dengan teknologi tersebut adalah bisa meningkatkan pendeteksian wajah.

Di area ruang tunggu yang begitu besar dan luas, AI camera akan bekerja dengan baik, baik untuk merekam secara real time maupun mengawasi gerakan setiap orang di sana. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, keberadaan AI camera akan sangat membantu melihat semua rekamannya. Selain itu, penggunaan CCTV dengan teknologi AI juga bisa membantu pihak rumah sakit untuk menghitung seberapa banyak pengunjung atau pasien di waktu tertentu secara berkala. Hal ini juga bisa dijadikan bahan pihak rumah sakit ketika akan melakukan evaluasi.

Gunakan AI Camera Terbaik untuk Rumah Sakit


Tak heran, jika di rumah sakit pun menggunakan teknologi AI camera. AI camera yang bisa dipasang di area rumah sakit adalah Hikvision AcuSense. Smart CCTV Hikvision AcuSense hadir dengan berbagai dukungan teknologi terbaik dikelasnya. Pada AI camera Hikvision AcuSense, telah dilengkapi dengan fitur yang dapat membedakan gerakan sesuai bendanya, mulai dari gerakan manusia, gerakan kendaraan, hingga gerakan binatang.

Adanya pendeteksi gerakan yang akurat tersebut, akan sangat berguna untuk area-area terlarang. Pihak keamanan rumah sakit bisa dengan mudah memantau siapa saja atau apa saja yang berusaha mendekat ke area tersebut. Fitur yang dapat membedakan gerakan ini juga didukung dengan adanya speaker pada kamera CCTV, sehingga pihak keamanan pun bisa memberikan pengumuman dari jarak jauh tanpa.

Mengingat di rumah sakit terdapat banyak aktivitas, maka keberadaan AI camera ini akan sangat membantu pihak rumah sakit untuk mengawasi banyak area sekaligus. Tidak hanya bagi pihak keamanan, tetapi juga bagi tenaga medis yang sedang bertugas.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai apa itu AI camera dan bagaimana keunggulan AI camera Hikvision AcuSense, Anda bisa membacanya di sini.
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar