yusriahismail.com

Tips Menumbuhkan Kebiasaan Baik Anak Di Rumah, Penting Banget!

tips menumbuhkan kebiasaan baik anak
Investasi berharga yang bisa dilakukan orangtua dan membentuk pondasi masa depan cerah bagi anak adalah menumbuhkan kebiasaan baik anak di rumah sejak dini. Kebiasaan baik ini terasa sekali manfaatnya ketika anak sudah besar lho.

Beberapa waktu lalu, sebenarnya saya agak shock ketika ada mahasiswa yang datang terlambat dan langsung masuk kelas tanpa permisi. Nyelonong boi gitu. Tidak ada sapaan apalagi meminta maaf kepada dosen. Inikah potret pendidikan kita saat ini?

Sebagai orangtua yang tidak mau kecolongan, saya pun bertekad harus menumbuhkan dan membiasakan kebiasaan baik ini sejak anak-anak masih kecil. Yap, orangtua memang memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan karakter baik pada anak sejak dini.

Fitrah Anak Itu Baik


Ada yang mengatakan bahwa anak itu bukan kertas kosong. Sejak lahir sudah terinstall fitrah-fitrah kebaikan pada dirinya. Jadi, orangtua sebenarnya tak perlu bersusah payah dalam membentuk kebaikan pada anak.

Orangtua hanya perlu menumbuhkan kebiasaan baik anak sejak dini. Hari ini, proses menumbuhkan kebiasaan baik sejak dini memang memiliki tantangan yang sangat besar.

Lingkungan yang semakin menakutkan dan teknologi yang seperti pisau bermata dua. Orangtua harus jeli dengan peluang yang ada didepan sekaligus waspada dengan kondisi yang semakin menantang.

Pentingnya Menumbuhkan Kebiasan Baik Anak


Fondasi Karakter


Kebiasaan yang dibentuk pada masa kanak-kanak membantu membentuk karakter anak. Kebiasaan baik, seperti disiplin, kerja keras, dan empati, akan menjadi landasan penting dalam menghadapi tantangan di kemudian hari.

Pengaruh Jangka Panjang


Kebiasaan yang ditanamkan pada masa kanak-kanak cenderung berlanjut hingga ke masa dewasa. Membiasakan anak dengan kegiatan sehat, seperti olahraga dan membaca, akan mempengaruhi gaya hidup mereka di masa depan.

Peningkatan Diri


Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak memungkinkan mereka untuk berkembang secara pribadi. Misalnya, kebiasaan membaca akan meningkatkan keterampilan komunikasi dan pemahaman anak.

Tips Menumbuhkan Kebiasaan Baik Anak Di Rumah


Orangtua Jadi Teladan


Menumbuhkan kebiasaan baik di rumah memang tepat saat anak masih usia balita. Seperti balita kami saat ini yang senang sekali mengikuti kebiasaan orangtuanya.

Misalnya, saat adzan sudah berkumandang maka mereka juga akan siap-siap untuk shalat. Atau sebelum tidur gosok gigi dan berwudhu.

Orangtua memang harus menjadi contoh yang baik dengan mengamalkan kebiasaan baik. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya, jadi tunjukkan contoh yang positif.

Jadwal Rutin


Sejatinya, anak-anak sudah terbiasa dengan rutinitas sejak masih bayi. Contohnya, bayi akan langsung melek saat subuh atau tidur ketika siang. Enak banget ya sobat yusri.

Tugas emaknya memang hanya memastikan kebiasaan rutinnya itu tidak hilang. Dan, ini memang salah satu tantangan paling besar dalam membuat jadwal rutin. Tapi ingat, konsistensi adalah kunci.

Dorongan Positif


Memberikan dorongan positif merupakan cara efektif untuk menumbuhkan kebiasaan baik. Pujilah anak ketika mereka melakukan sesuatu dengan baik dan berikan penghargaan yang pantas sebagai pengakuan.

Namun, biasakan memuji anak dengan menyertakan kemahabesaran Allah. Maksudnya agar anak paham bahwa segala hal yang terjadi pada dirinya selalu ada peran Allah disana.

Batasi Penggunaan Gadget


Anak-anak yang terlahir diatas tahun 2010 memang disebut sebagai native technology. Mereka piawai dengan gadget sejak kecil. Namun, mereka masih belum tahu bagaimana membatasi diri dengan semua itu. Maka, orangtualah yang harus memberikan batasan pada anak.

Dampak anak yang penggunaan gadgetnya terbatas itu ternyata besar sekali. Salah satunya adalah tidak mudah tantrum dan paham atas kerutinannya.

Kebiasaan Baik Yang Penting Diperkenalkan Pada Anak


Membaca


Membaca merupakan kebiasaan penting yang mengembangkan imajinasi, keterampilan bahasa, dan pengetahuan anak. Ajak anak membaca buku sejak dini dan berikan mereka akses ke berbagai jenis literatur yang sesuai dengan usia.

Olahraga dan Aktivitas Fisik


Kebiasaan berolahraga dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga membantu anak mengembangkan keterampilan sosial dan memperkuat kebugaran mental.

Menjaga Kebersihan


Mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dapat membentuk kebiasaan yang berkelanjutan sepanjang hidup mereka. Ajarkan mereka untuk mencuci tangan sebelum makan, menyikat gigi, dan membersihkan diri secara teratur.

Menghargai Orang Lain


Membiasakan anak untuk menghargai orang lain, termasuk keluarga, teman, dan guru, merupakan nilai yang sangat berharga. Ajarkan mereka tentang pentingnya mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan berbagi.

Mengelola Waktu dengan Baik


Membantu anak mengelola waktu dengan baik akan membantu mereka menghargai waktu dan menjadi lebih produktif. Ajari mereka cara membuat jadwal, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan menghindari penundaan.

Kesimpulan


Menumbuhkan kebiasaan baik pada anak sejak dini merupakan investasi yang tak ternilai dalam membentuk karakter dan perilaku mereka. Dengan memahami pentingnya kebiasaan baik, menerapkan tips yang relevan, dan mengenalkan kebiasaan penting, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang tangguh dan bertanggung jawab. Ingatlah bahwa konsistensi, keteladanan, dan dorongan positif adalah kunci utama dalam proses ini.








Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar