yusriahismail.com

Menulis Jurnal Syukur Itu Penting, Ibu Harus Tau!

1 komentar
jurnal syukur ibu

Bismillah. Sebelum lanjut tentang menulis jurnal syukur, saya mau curhat dulu deh. Hehe, belum apa-apa udah curhat. Haha. 

Jadi, saya ceritanya saya tergabung dalam arisan backlink yang berisi blogger-blogger yahud yang sama-sama suka belajar. Tiap pekan kami ditantang untuk membuat satu tulisan organik dan memberikan backlink pada blog tertentu. 

Alhamdulillah tiap pekan saya mampu memenuhi tantangan. Kadang ya semangat banget tapi kadang juga kayak kehilangan mood. Duhh, blogger itu padahal gak boleh moodian ya. 

Gimana trafiknya bisa naik kalau nulis aja masih ngikutin kata hati? Wkwkkw. 

Ya begitulah, akhirnya saya tetap harus menulis kalau tidak mau di kick dari grup. Wuusshg..ngeri ya pakai kick segala tapi ya itulah konsekuensi. Segala sesuatu kudu pakai aturan kan biar gak ada yang kebablasan. 

Nah, gimana caranya biar mancing mood nulis disaat kepepet seperti ini? Biasanya kalau kepepet sih pasti kepaksa tapi ini saya masih leha-leha aja. Huhu. 

Pertama saya kudu bismillah dulu. Bangkit. Ambil air wudhu dan berdoa minta dilancarkan. 

Eh, tetiba ingat kalau laptop ketinggalan di rumah orangtua padahal segala file dan tetek bengek buat mencari keyword ada disitu. Agak down tapi langsung nyari alternatif lain buat nulis. 

Yaaa.. Cari tulisan lama yang biasanya saya catat di handphone. Biasanya ada catatan kajian atau hasil webinar yang pernah diikuti. Tapi, ini smartphone baru. Haha. 

Nah lho.. terus gimana? 

Ahaaa.. langsung ingat sama buku jurnal syukur yang pernah ditulis 2 bulan lalu. Wkwkkw. Alhamdulillah saya pernah menulis jurnal syukur dan sekarang jadi bahan tulisan.

Apa Itu Jurnal Syukur

Bahasa bekennya sih gratitude journal ya. Saya sendiri baru tahu tentang ini ketika ikut salah satu programnya ibu-ibu doyan nulis yang diketuai oleh mba Widya. 

Jurnal syukur ini semacam luapan perasaan seseorang mengenai hal-hal yang disyukurinya setiap hari. 

Format menulisnya sih bebas saja. Boleh ditulis dalam bentuk poin atau narasi panjang. Pun boleh ditulis tangan atau ketik. Namun, menurut para ahli, menulis dengan tangan tentu ada perbedaan sendiri. 

Luapan perasaan akan lebih tersalurkan ketika menulis menggunakan tangan. Misalnya jika marah ingin nulis pakai kapital semua kan langsung berasa yaa. Atau jika senang menambahkan emote-emote lucu nan menggemaskan juga bakalan terasa banget.

Manfaat Menulis Jurnal Syukur Ibu

Kalau ada yang mengatakan, jurnal syukur mirip diary ya? Iyaaa..saya tidak akan membantahnya. Memang mirip banget sih. 

Hanya saja tulisannya khusus untuk mengungkapkan syukur. Tujuannya agar bisa menemukan syukur dalam tiap episode hidup. Cieehh.

Kadang kan hidup terlalu akrobat ya. Tentu tidak setiap hari episode hidup kita manis, kadang pahit atau bahkan kecut. Nah, meski ada nano-nanonya tapi kita tetap harus menemukan celah syukur itu.

Ini juga sebagai bentuk terimakasih kita sebagai hamba Allah. Juga sebagai bentuk penerimaan terhadap takdir terbaik dari-Nya. Uhuuy bijak euy. 

Alat Perang Menulis Jurnal Syukur Ibu

By the way, menulis Jurnal syukur gak harus pakai ribet. 

Alat perangnya sederhana saja. Minimal buku dan pulpen. Enough

Tapi kalau ingin memilih ribet sedikit, bisa pakai pulpen warna warni. Atau stabilo. 

Bisa juga dengan menambahkan stiker lucu atau print emote lucu yang menarik hati.

Hihi, persis seperti saat jadi peserta blogspedia coaching dulu ya. Bingung nyari template yang menarik di hati tapi kudu search engine optimization biar blognya gak berat. 

Intinya sesuaikan dengan keadaan masing-masing dan jangan sampai menyusahkan ya sobat yusri.

Penutup

Jadi, apakah setiap Ibu wajib menulis jurnal syukur? Yes. Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas, jurnal syukur adalah celah terbaik dalam menerima takdir-Nya. 

Juga bagi saya, menulis jurnal syukur adalah bentuk melihat kasih sayang Allah dalam tiap episode hidup kita. 

Bukankah Allah tak pernah meninggalkan hamba-Nya? 


Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

1 komentar

  1. betul, Allah tidak pernah meninggalkan hambaNya. Allah selalu setia bersama kita :')

    BalasHapus

Posting Komentar