yusriahismail.com

Mengajari Anak Empati Di Aksi Bela Palestina

Setelah lama ditunggu-tunggu kabarnya, alhamdulillah terlaksana juga aksi bela Palestina di kota Palopo.  Tanggal 26 November 2023 kemarin jadi salah satu momen kami untuk mengajari anak empati pada sesama muslim.

Jika dihitung-hitung, sudah hampir 2 bulan terjadi penyerangan brutal dari pihak Israel ke masyarakat Palestina. Saya sebut brutal karena bukan hanya pasukan pejuang Palestina yang dibombardir tapi juga rakyat sipil. Bahkan rumah sakit yang jelas-jelas melindungi orang yang terluka juga dengan tega diledakkan.

Duh, gemas banget kalau baca-baca berita tentang penyerangan brutal ini. Dan, aksi bela Palestina Palopo kemarin menjadi momen yang tepat untuk mengenalkan anak bahwa ada muslim dari negara lain yang sedang terluka.

Sebelum Datang Ke Aksi Bela Palestina

Ada beberapa hal yang saya lakukan sebelum datang ke aksi bela Palestina. Menurut saya ini penting agar anak-anak paham dan sadar kenapa mereka ikut aksi. Tentu penjelasannya perlu disesuaikan dengan usia anak.

Cerita Tentang Palestina

Beberapa hari sebelum datang ke aksi bela Palestina, saya mulai catch up pembicaraan Palestina, utamanya dengan sulung, dimulai dari kisah-kisah Nabi. Alhamdulillah, anak-anak sudah diperkenalkan dengan kisah para Nabi melalui buku cerita juga nyanyian. Ini juga bisa meningkatkan bonding ketika orangtua storytelling

Sebenarnya agak susah menjelaskan apa yang terjadi pada anak kami tentang apa yang sedang terjadi di Palestina. Usia sulung baru 4.5 tahun sedangkan si kecil baru 2 tahun. Tapi, tak ada salahnya kami mencoba untuk mengajari mereka empati sekaligus mengenalkan bahwa bumi Palestina adalah buminya para Nabi.

Bikin Bendera Palestina

Selain bercerita, saya mengajak anak untuk membuat bendera Palestina. Sobat yusri bisa cari gambar bendera yang siap diwarnai di google dan tinggal print. 

By the way, karena anak-anak masih balita maka benderanya perlu dipisah ya agar tidak terjadi huru hara. Adik diminta mewarnai sendiri dan berujung dicorat-coret aja lalu diminta menyebutkan warna.

Sedangkan kakak sudah bisa mewarnai sendiri. Alhamdulillah secara tidak langsung ini juga mengasah motorik halus anak.

Beli Atribut Aksi Bela Palestina

Salah satu hal yang penting dan jangan sampai luput adalah memiliki atribut aksi bela Palestina. Untuk anak-anak saya belikan stiker pipi dan bikin ikatan kepala yang ditempeli stiker bendera Palestina dan Indonesia. 

Ternyata antusias anak bertambah ketika melihat stiker pipi bendera Palestina. Langsung ditempel dan memamerkannya dengan bangga pada orang rumah.

Menjelaskan Suasana Aksi Bela Palestina

Malamnya, saya sudah memberitahu anak bahwa besok akan berangkat menuju aksi bela Palestina. Disana akan ada banyak orang dan anak-anak. Penjual pun akan tumpah ruah. Dan sudah saya wanti-wanti agar anak tak meminta mainan atau jajan karena tujuan kita kesana bukan untuk itu.

The Day - Aksi Bela Palestina

Pagi pun tiba dan hujan turun dengan deras. Alhamdulillah. Anak-anak semakin nyenyak dalam tidurnya. Hehe. Dan akhirnya berangkat agak siang karena menunggu hujan reda.

Ketika sampai di tempat, mata anak-anak berbinar. Ribuan orang dengan mengenakan pakaian seragam, atribut lengkap dari kepala sampai ujung kaki dan bendera-bendera yang berkibar membuat mereka antusias.

Kami mencari tempat yang agak belakang agar selalu bersama sebab rombongan laki-laki dan perempuan dipisah. 

Alhamdulillah berkah hujan hingga suasana mendung sampai aksi berakhir.






Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar