yusriahismail.com

Asus Zenfone 9, Partner Terbaik UMKM Lokal Lejitkan Potensi

zenfone 9
Benarkah UMKM lokal sulit berkembang?

Terik siang di pertengahan kedua bulan Oktober 2002 tak menghalangi saya untuk berangkat memenuhi sebuah undangan. Seminggu sebelumnya, ketua Halal Centre IAIN Palopo, kampus tempat saya mengajar, mengutus saya untuk menjadi salah satu pemateri di pelatihan kewirausahaan kementerian koperasi dan ukm daerah Palopo.

Ini salah satu cara pemerintah untuk menggeliatkan bisnis dan usaha dari masyarakat menengah kebawah. Pelaku usaha khususnya lokal memang harus di support penuh ditengah gempuran industri besar. Pasca pandemi membuat persaingan dibidang usaha juga semakin ketat. Belum lagi perkembangan teknologi di era digital yang selalu melaju tanpa henti.

"Tak terlalu berkembang bu. Ya masih skala lokal saja, itupun bisnisnya begitu-begitu saja. Usaha kuliner masih mending, tapi kriya tidak terlalu menjanjikan".

Jawaban salah satu pegawai kemenkop setelah saya bertanya, bagaimana perkembanan umkm di Palopo membuat saya terhenyak. Jika tak punya partner bisnis terbaik, sudah pasti UMKM lokal akan sulit berkembang. Tapi, partner yang seperti apa yang dibutuhkan UMKM lokal di era digital ini?
big possibilities

UMKM Lokal, Garda Terdepan Ekonomi Masyarakat


Saya ingat dulu pernah ikut terjun di usaha kuliner saat masih merantau. Saat itu, coto makassar masih dulit dicari di Bogor. Kalaupun ada, rasanya biasanya tak cocok di lidah.

Kami pun memberanikan diri untuk berjualan di sekitar kompleks perumahan. Tidak setiap hari dan produksi hanya diperuntukkan untuk customer yang memesan saja. Sebagai pendatang baru, harganya dibanderol tidak terlalu mahal. Gaet pelanggan jauh lebih penting daripada harga mahal bukan?

Pengalaman tersebut membuat saya belajar tentang bagaimana berbisnis dengan baik. Mulai dari memilih bahan, meracik bumbu hingga menghidangkan makanan sampai ditangan konsumen.

Demi membuat konten promosi, saya pun belajar canva dan foto produk. Ternyata tidak mudah membangun sebuah bisnis yang baik dan profesional. Pelaku usaha dengan skala lokal yang modalnya tak seberapa memang harus bisa segala hal.

Berkaca dari pengetahuan yang singkat kemarin, saya tahu bagaimana susahnya pelaku usaha untuk terus menghadirkan dan memasarkan produknya. Perlu ketelatenan dan adaptasi terhadap teknologi

Usaha Mikro Kecil dan menengah adalah salah satu usaha yang menyerap tenaga kerja hampir 97%. Pemutusan hubungan kerja besar-besaran saat pandemi kemarin membuat masyarakat tak punya pilihan selain bertahan dengan usaha kecil-kecilan.

Masyarakat yang bergerak di UMKM memang tak bisa diremehkan sebelah mata. Salah satu alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu naik sebelum pandemi adalah geliat UMKM di setiap daerah. UMKM sebagai garda terdepan ekonomi masyarakat bukan lagi sebuah isapan jempol.

Era Digital dan Pasca Pandemi, UMKM Harus Bangkit


Sayangnya, hantaman pandemi selama 2 tahun membuat UMKM paling merasakan imbasnya. Pembatasan keluar rumah secara berkala dan aturan bepergian menyebabkan perputaran barang terhambat.

Namun, selalu ada peluang bahkan di keadaan terburuk sekalipun.

Pandemi adalah momentum perubahan pola konsumsi barang dan jasa dalam akselerasi transformasi digital. Bisnis menggunakan internet adalah adaptasi baru yang harus dikuasai oleh pelaku usaha. Peluang ini membuat pelaku umkm harus akrab dengan digital marketing.

Zenfone 9, Partner Terbaik UMKM Era Digital


Belajar digital marketing tentu membutuhkan alat yang sangat mendukung. Partner terbaik yang mobile, friendly dan bisa menyimpan berbagai data.

Beruntung, asus sedang mengeluarkan produk terbaru, Zenfone 9, yang launching bulan November kemarin. Spesifikasinya pun sangat cocok menjadi partner terbaik pelaku UMKM.

Asus zenfone 9 mengusung compact size big possibilities. Segala kemungkinan bisa terjadi hanya dengan smartphone yang ukurannya pas di tangan. Nah, sekarang saya mau mengulas keunggulan Asus zenfone 9 yang sangat cocok menjadi partner terbaik pelaku UMKM.

Keunggulan ASUS Zenfone 9

HP Kecil, Kualitas raksasa

Bentuk Ringkas


Panjangnya kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7cm, dengan tekstur permukaan yang tidak hanya terlihat indah tapi juga membuat ponsel ini lebih kukuh digenggam. Bentuk zenfone 9 yang kompak tapi spefikasi kece ini tentu memudahkan pelaku UMKM untuk berbisnis dengan penggunaan satu tangan dan kemudahan untuk disimpan di saku.

ZenUI 9 yang disispkan pada Zenfone 9 memberikan performa yang lebih cepat dan mulus, sekaligus lebih pintar, yang sudah disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah. Juga dilengkapi tool Edge yang mudah menemukan aplikasi favorit dengan cepat dan membuat Zenfone 9 lebih mudah dinavigasi.


Performa Tinggi

Gak tanggung-tanggung performa Zenfone 9 jadi lebih ‘galak’ berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful. Chip anyar ini mampu mencapai CPU clock speed sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya.

Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. Ponsel ini pun sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded.

Kapasitas baterainya pun besar yaitu 4300 mAH yang dapat digunakan seharian. Dan kalaupun lowbet, pengisian baterainya sangat cepat dan adem karena menggunakan adaptor HyperCharger 30W.

Visual Terbaik


asus
Bagian lain yang diupgrade oleh Zenfone 9 adalah layar yang menggunakan amoled. Layar ini mendukung refresh rate sampai 120Hz yang secara otomatis bisa berpindah ke 60, 90, dan 120Hz tergantung pada aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan serta waktu respon 1ms. Pelaku UMKM yang menggunakan smartphone ini akan merasakan user experience yang lebih smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten.

Launching Asus Zenfone 9 bulan lalu menampilkan kualitas gambar yang sangat jernih dan hidup. Salah satu fotogrfer wanita yang sudah mencobanya saat itu juga sampai jatuh cinta pada kelebihan kamera Zenfone 9. Tingkat brightnessnya sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits memudahkan pengambilan konten di luar ruangan. Kebayang ya bagaimana pelaku UMKM memotret produknya dan membuat konsumen tertarik karena kualitas gambar yang oke banget.

Manusia menyimpan kenangan atau masa lalu lewat jejak visual, gambar yang sulit dihapuskan akan tersimpan atau terkunci di pikiran
Tak hanya itu, dukungan visual terbaik juga disebabkan oleh teknologi gimbal yang senantiasa membuat gerakan menjadi lebih stabil. Stabilisasi gimbal hibrid 6 sumbu membuat gambar dan video terbebas dari blur dan goyangan.

Biasanya saya langsung skip jualan yang produknya secara visual tidak menarik. Namun, dengan menggunakan Zenfone 9, pelaku umkm lokal tak perlu takut lagi jika tampilan produknya di marketplace tidak menarik. Bahkan, orang yang tak memiliki dasar fotografi pun dalam sekejap dapat menjadi fotografer handal jika menggunakan smartphone ini. 

Audio Jernih


Bagian lain yang digarap secara maksimal oleh ASUS Zenfone 9 adalah audio yang menggandeng pakar sound di Dirac Research, Swedia. Suaranya jernih dan mantap banget. Ini jadi jaminan ASUS agar ponsel ini bisa dijadikan sumber entertainment yang bisa diandalkan dalam mendengarkan playlist favorit di Spotify atau menonton video-video dari channel langganan di YouTube.

Sejak ROG Phone 3 kerjasama sudah dijalin untuk menghasilkan kualitas audio yang impresif dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM dan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru.

Keamanan Terkini


Ponsel canggih tapi rapuh seperti harimau tanpa gigi. Maka, ASUS membekali layar yang diproteksi Corning Gorilla Glass Victus sekaligus melengkapi Zenfone 9 agar anti air dan debu dengan tersertifikasi IP68 yang artinya sudah anti air dan debu.

Dengan sertifikasi IP68 ini, berarti Zenfone 9 mampu memberikan kenyamanan penggunaan sesuai aktivitas di lingkungan apapun. Pelaku UMKM jadi tak perlu takut bawa-bawa Zenfone 9 kemanapun dan dimanapun.
gimbal zenfone 9

Lejitkan Potensi UMKM dengan Zenfone 9


Kehadiran partner terbaik bagi pelaku UMKM tentu melejitkan potensinya di era digital ini. Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari



Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar