yusriahismail.com

Tips Menjadi Ibu Merdeka Dari Rumah

22 komentar
Bagaimana nanti saya tetap berkarya dan bertumbuh disana?

Jujur saja, pertanyaan itu mengusikku ketika suami mengungkapkan keinginannya pindah domisili. Sebelumnya kami tinggal di Jawa Barat, tepatnya di daerah padat penduduk dan mata pencaharian. Semenjak menginjakkan kaki untuk SMA (sekolah menengah atas) disana, saya suka suasananya. Rencana menghabiskan masa tua disana pun sudah ada.

Saya masih ingat, menjelang pekan kemerdekaan Indonesia surat tugas datang dari tempat kerja suami yang baru. Beruntung, kami masih bisa merayakan kemeriahan 17 Agustus sebelum akhirnya pamit dan pindah ke daerah.
ibu merdeka


Akses Terbatas, Pikiran Monoton


Sesuai dugaan, daerah tempat kami pindah, atau lebih tepat "kembali", membuat saya monoton. Apalagi selang beberapa bulan, saya hamil pertama dan mulai menyesuaikan perubahan diri dan hormon.

Bulan-bulan berikutnya saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Anak pertama kami pun lahir dan saya kembali sibuk mengurusnya.

Pandemi Datang, Akses Terbatas, Peluang Pun Terbuka


Tak disangka, 7 bulan setelah saya melahirkan, pandemi menyebar ke seluruh dunia. Semua orang dibuat ketakutan hingga muncul larangan untuk keluar rumah.

Setiap hari kami disuguhi berita tentang penyebaran covid, kematian, tenaga kesehatan yang terbatas dan rumah sakit yang over kapasitas. Semuanya saya saksikan melalui pemberitaan online.

Sebenarnya, ada satu hal penting yang membuat saya juga enggan pindah domisili, yaitu akses yang masih terbatas. Mulai dari akses workshop hingga jejaring.

Namun, covid seolah menjawab doa saya. Justru, pandemi membuat saya bisa melakukan banyak hal dari rumah, terutama berkarya. Ini seperti merayakan kemenangan 17 Agustus di Pekan Kemerdekaan Indonesia. Menjadi ibu merdeka yang berdaya dan berkarya adalah impian sejak lama.

  • Menulis Buku


Sudah lama saya tertarik dengan dunia menulis, namun belum tergerak untuk mewujudkannya. Ketika tawaran muncul untuk membuat buku antologi, saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Selepas penerbit bangkit kembali karena pandemi menghadang, antologi pertama saya akhirnya terbit. Tak lama berselang, muncul buku kedua dan ketiga.

Saat ini, buku antologi saya masih bisa dinikmati. Bahkan ada penawaran spesial di bulan-bulan istimewa, misalnya diskon pekan kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus.

  • Blogger


Tak pernah terpikir sebelumnya untuk mendalami dunia blog. Dulu, saya suka membaca tulisan-tulisan Raditya Dika atau blogger kawakan lainnya, tapi keinginan untuk menjadi blogger masih sebatas mimpi.

Dan, pandemi lagi-lagi membuka peluang untuk saya sebagai ibu rumah tangga untuk terus mengembangkan diri. Dunia blogging kini tak hanya sekedar tempat menuai uneg-uneg, tapi juga meraih cuan.

  • Content Writer


Sebagai orang yang masih baru menyelami dunia Internet dalam mendapatkan penghasilan, saya diberi kesempatan lagi untuk menjadi content writer. Bahagia dan bangga menjadi satu, apalagi tulisan yang dihasilkan bisa nangkring di website orang lain.

Tips Menjadi Ibu Merdeka, Berdaya dan Berkarya dari Rumah


Menjadi ibu rumah tangga dengan akses terbatas, entah karena keterbatasan gerak dan jaringan membuat saya harus berpikir kreatif. Semua bisa dilakukan jika ada kemauan. Bahkan menjelang pekan kemerdekaan Indonesia kemarin, tawaran memeriahkan 17 Agustus dengan tulisan yang positif juga hadir.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu merdeka agar terus berkarya dan berdaya dari rumah

  • Cari Tahu Passion Diri


Umumnya passion ditemukan mulai dari hal-hal yang membuat kita bahagia. Hormon dopamin yang menyebar ke seluruh tubuh akan membuat kita ketagihan melakukan aktivitas yang kita senangi.

Memulai karya dari passion yang disukai akan membuat kita tahan akan hambatan yang menghadang di kemudian hari. Temukan passionmu dan kenali kekuatanmu.

  • Komunikasikan Dengan Orang Terdekat


Sampaikan isi hati dan perasaan pada orang terdekat yang kita anggap aman. Umumnya, perempuan sulit mengungkapkan keinginannya karena merasa akan tertolak. Padahal jika tidak disuarakan, maka keinginan itu akan terpendam terus.

Pilihlah waktu nyaman dimana segala uneg-uneg bisa dicurahkan. Jika sudah berkeluarga, ada baiknya suami sangat perlu mendengar ungkapan hati sang istri. Yakinlah, komunikasi yang baik akan membuat masa depan semakin cerah.

  • Ikut Komunitas


Cita-cita saya sebagai penulis buku dapat terwujud salah satunya karena memiliki komunitas. Ini tak hanya sekedar kumpulan ibu-ibu lalu menggosip sana sini. Di komunitas ini kami belajar, sharing, saling mendoakan dan tumbuh bersama. Bahkan kami juga ikut merayakan kemeriahan 17 Agustus di pekan kemerdekaan Indonesia dengan menebar vibes positif dan sharing flyer ucapan selamat serta doa.

Komunitas yang positif tentu akan membuat kita semakin maju dan punya karya. Maka, carilah komunitas yang berusaha untuk memberdayakan anggotanya.

  • Terus Belajar


Kiprah orang-orang yang sukses tentu akan membuat kita semakin terpacu. Membaca biografi atau bahkan potongan beritanya akan melecut semangat kita untuk terus berbuat.

Sebagai perempuan yang ingin terus bertumbuh dan berdaya, pastikan diri untuk terus belajar. Beri waktu diri sendiri untuk mengembangkan diri. Jangan terjebak dengan rasa nyaman sebab kenyamanan terkadang melenakan.

  • Jangan Takut Mencoba Hal Baru


Ditengah kemajuan zaman, semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Bahkan semua bisa dilihat dan ditiru hanya bermodalkan internet.

Sosial media pun memberikan jalan bagi kita untuk mendapatkan peluang penghasilan. Berani mencoba hal baru ditengah peluang-peluang baik akan memberikan kita kesempatan untuk terus berkembang.

  • Manajemen Waktu


Tugas domestik rumah tangga memang seperti tak ada habisnya. Waktu 24 jam bahkan bisa dikatakan masih kurang untuk membenahi seluruh urusan mulai dari pagar rumah hingga sudut dapur.

Atur waktu untuk tugas domestik, menemani anak dan suami serta belajar untuk diri sendiri.l Pembagian waktu yang baik akan memberi kita kesempatan untuk terus berkembang dan menebar manfaat.

IndiHome Membuka Mata Kita


Jujur saja, saya pernah merasa pesimis akan terus berkembang dengan kondisi daerah yang fasilitasnya jauh dibandingkan pulau Jawa. Namun, pandemi memang membuka mata saya. Segala pembelajaran dan karya yang saya dapatkan hampir semuanya saya lakukan dengan modal internet.

Beruntung IndiHome dari telkom group hadir di kota kecil kami dan memberikan akses internet cepat. Kestabilan jaringannya juga sangat mendukung orang-orang yang bekerja dan beraktivitas, terutama ibu yang masih memiliki balita.

Tak hanya itu, IndiHome memberikan layanan berupa Higher Speed Same Price untuk pelanggan setia berupa internet ngebut tapi biaya sewa tetap sama. Cukup dengan biaya terjangkau 200.000-an rupiah dan bonus telepon 50 menit, internet cepat sudah dapat dinikmati.

Telkom group memang selalu berupaya berinovasi dan memberikan layanan memuaskan bagi pelanggannya, tak terkecuali kami yang ada di kota kecil. Mulai dari teknisi IndiHome yang tangkas, promo pemasangan dengan biaya terjangkau, kabel bawah laut untuk mendukung kapasitas yang lebih besar serta internet cepat dengan biaya sama.

Kini, IndiHome membuat perempuan tidak takut lagi untuk tinggal di rumah namun tetap berdaya dan berkarya. Rumah akan menjadi ruang merdeka bagi ibu untuk terus berkembang dan berbahagia.










Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

22 komentar

  1. Bener banget, indihome ngebantu banget buat para momblogger untuk berkarya, dirumah pun begitu pakai indihome, lebih lancar browsing2 cari ide dan bahan tulisan, bantu juga kalo mau desain2 canva anti muter2.hehehe apalagi paksu mesti buka aplikasi yg jelimet teaa😅

    BalasHapus
  2. Salah satu harapanku juga menjadi seorang ibu yang merdeka dalam berkarya jika sudah menikah nanti.

    Dengan makin meningkatnya teknologi dan jaringan internet, aku rasa ini akan makin mempermudah ibu rumah tangga makin berkarya dan inovatif.

    BalasHapus
  3. Punya baby di masa pandemi memang berat ya mba. Indihome sangat membantu cari2 info seputar dunia anak yg kita butuhkan. Dan semua info tentunya

    BalasHapus
  4. Betul sekali, Indihome paling mengerti kebutuhan emak-emak untuk terus berkarya...

    BalasHapus
  5. Semangat menjadi ibu merdeka dari rumah, Mbak...Syukurnya berkat IndiHome, rumah bisa menjadi ruang merdeka bagi ibu untuk terus berkembang dan berbahagia.

    BalasHapus
  6. Sisi baiknya pandemi membuka peluang belajar semakin terbuka bagi emak emak yang mobilitasnya terbatas dengan adanya zoom apalagi didukung indi home bisa belajar dari pembicara keren dari rumah

    BalasHapus
  7. IndiHome membantu memerdekakan para ibu dari rutinitas konvensional ya kak... Bahkan mampu berdaya dan dikenal dunia 🥰

    BalasHapus
  8. Sedang berproses dan ingin juga melejitkan diri meskipun dari rumah ...

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dengan adanya internet yang disediakan IndiHome, IRT bisa merdeka dan berkarya dari rumah ya. Ikut senang blogger salah satu profesinya

    BalasHapus
  10. IndiHome tuh emang bikin betah dirumah deh dan bikin bebas berkreasi walau hanya dengan model HP sekalipun..

    BalasHapus
  11. Setelah nikah, akhirnya berasa nemu passion sendiri trus jd lebih fokus jg, time management mulai membaik meskipun yah kadang masih acak adul jg sih

    BalasHapus
  12. Rumah menjadi tempat perempuan berkarya. Alhamdulillah udah ketemu passionnya di bidang menulis. Merdeka dari rumah, bebas menentukan dan menjalani passion tanpa melupakan peran sebagai seorang istri dan ibu

    BalasHapus
  13. Jujur memang cepatnya internet dari IndiHome ini banyak membantuku dan suami untuk ngonten sekaligus upload dari rumah

    BalasHapus
  14. Bener banget, kebayang gimana kalau ngga ada IndiHome di rumahh :(( akan jadi apaa akuu hahaha udah kayak ikan kering pastinya ngga bisa berkarya

    BalasHapus
  15. setuju skali dgn tips ya mba. keberadaan internet mmg penting saat ini utk menunjang segala hal termasuk kerjaan

    BalasHapus
  16. IndiHome membantu para ibu menjadi ibu yg merdeka dari rumah ya mbak
    Dengan mengembangkan passion yang dimiliki

    BalasHapus
  17. Setuju banget ini mbak, gak cuma untuk di rumah, jaringan internet sepertinya menjadi bagian kebutuhan pokok ya sekarang

    BalasHapus
  18. bagiku menjadi ibu merdeka adalah yang bebas dari penjajahan rasa malas dan menunda-nunda serta tau apa gairah dan citanya eaaa

    BalasHapus
  19. Keren banget, kak..
    Karena gak semua orang bisa memaknai positif ketika pandemi hadir di tengah-tengah kesibukan sehari-hari.
    Dan dengan memahami "who am i" ini bisa terus melangkah melebarkan sayap.

    Semoga sukses selalu yaa, kak.
    Senang sekali dengan adanya internet cepat, segala aktivitas kini bisa remote from home.

    BalasHapus
  20. Masya Allah.. ingin berdaya dari rumah dan Indihome bisa jadi solusi agar internet aman, kerja lancar meskipun dari rumah

    BalasHapus
  21. Bener mba... Indihome membuka mata kita. Makin berselancar dengan jaringan yang stabil. Makin tenggelam dan menambah wawasan kita.

    BalasHapus
  22. Emak-emak ngurus anak yang memilih kerja dari rumah memang terbantu banget dengan adanya IndiHome ya Mba. Apalagi jangkauannya juga luas.

    BalasHapus

Posting Komentar