yusriahismail.com

Membuat Perencanaan Konten Agar Trafik Blog Meningkat

2 komentar
konten blog

If You Fail To Plan, You Plan To Fail

Mungkin kutipan diatas agak sedikit mengerikan ya sob. Bahkan, membacanya saja membuat kita jadi takut untuk membuat perencanaan konten blog. Ngapain berencana kalau ujung-ujungnya gagal? Dan akhirnya sampai pada kesimpulan, hidup mengalir aja deh seperti air. Tapi, kalau airnya jatuh ke comberan gimana? Bau dong?

Sebagai blogger pemula, ingin sekali nantinya sampai pada capaian professional. Pembacanya banyak, job meningkat dan pastinya semakin bermanfaat. Maka, mau tidak mau kita pun harus mampu meningkatkan performa blog, salah satunya dengan merencanakan konten.

Perencanaan Konten, Blogger Kudu Melek


Istilahnya biasa disebut content plan. Biasanya kata ini melekat untuk para pebisnis namun ternyata seorang blogger ataupun content creator lainnya juga sangat membutuhkan hal ini.

Konten yang sudah direncanakan akan menjadi panduan si pembuat. Tak ada lagi ceritanya seorang blogger bingung "hari ini mau posting tentang apa?". Bahkan perencanaan konten akan membuat kita semakin kaya ide, tinggal bagaimana mengekskusinya.

Nah, biar blogger, khususnya saya, semakin paham dan semangat membuat perencanaan untuk konten, ada beberapa jabaran manfaat yang diuraikan, yaitu

  • Blog Menjadi Terarah


Niche blog sebenarnya sudah membuat bahasan blog menjadi fokus, namun biasanya blogger akan bingung tentang tema-tema artikel yang akan dibuat. Perencanaan konten jauh-jauh hari tentu membuat seorang blogger akan berpikir, tema apa yang sesuai dengan niche blognya. Ini juga dapat memberikan keterkaitan antara satu artikel dengan lainnya.

Tak hanya itu, meski niche sudah membuat bahasan blog fokus namun biasanya ada label atau tagging yang digunakan untuk menandai artikel. Membuat perencanaan konten akan memberikan gambaran label mana saja yang belum terisi artikel.  

  • Menjaga Kualitas Konten


Tema-tema konten yang sudah disusun memudahkan seorang blogger untuk mencari data pendukung. Hal ini membuat kualitas kontennya semakin menarik dan berkualitas. Yap, perencanaan yang matang memang tak pernah membuat kita kehilangan bahasan.

Kualitas artikel juga akan semakin terasah seiring jam terbang yang semakin meroket. Berusaha untuk patuh pada jadwal, insyaallah akan membuahkan hasil. Artikel yang bermanfaat dan erat dengan pembaca biasanya akan terus dicari.  

  • Postingan Blog Menjadi Teratur


Salah satu kelemahan blogger pemula adalah kekonsistenannya untuk posting artikel blog. Kurang latihan menulis biasanya membuat ide cepat mentok. Apalagi jika tak ada perencanaan konten.

  • Cepat Dikenali Oleh Google


Artikel blog yang diposting secara teratur dan konsisten akan membuat blog kita dikenali oleh Google. Hal ini membuat artikel blog akan mudah terindeks. Bahkan bisa menduduki halaman pertama google.

  • Menghemat Waktu


Seperti halnya merencanakan hal lain, konten yang dibuat terstruktur akan membuat waktu kita jauh lebih hemat. Ya dong, blogger tidak akan capek memikirkan tema lagi. Bahkan blogger lain membuat perencanaan konten blog nya cukup detil sehingga tinggal nulis aja.

Bagaimana Membuat Perencanaan Konten Blog yang Baik?


Sebelum saya jabarkan contoh perencanaan konten blog, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuatnya, yaitu

  • Sesuaikan Niche Blog


Niche atau tema blog akan membuat blog kita sesuai jalur. Misal, blog saya yang berniche lifestyle namun bahasan utamanya adalah parenting, maka tema-tema artikel akan selalu mengarah ke bahasan tersebut. Lebih mudah lagi jika seorang blogger mengambil tema spesifik, misalnya travel blogger, food blogger atau beauty blogger.

  • Pahami User Persona


User persona adalah orang yang disasar sebagai pembaca blog kita. Contohnya, user persona yusriahismail.com adalah wanita dengan usia 20-40 tahun baik belum menikah ataupun sudah.

Lebih baik lagi jika kita mengunjungi situs-situs yang biasa dibaca oleh user persona. Atau mencari bacaan dan tempat nongkrong apa yang sedang mereka gandrungi. Hal ini akan membuat kita mudah membuat tema konten apa yang cocok.

  • Tetapkan Tujuan


Perencanaan konten yang baik adalah dengan memahami tujuan yang ingin dicapai. Sebagai seorang blogger pemula, tujuan saya adalah agar postingan blog teratur dan tidak kebingungan dengan ide konten.

Kualitas tulisan juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Hal ini dapat dilakukan beriringan, sambil mengatur jadwal postingan juga memperbaiki kualitas isi tulisan.

Outline Perencanaan Konten Saya


Konten yang baik adalah konten yang terealisasi

Dalam membuat perencanaan konten, ada 3 jangka waktu yang saya tetapkan, yaitu jangka panjang, menengah dan pendek.

  • Jangka Panjang



rencana konten blog
Konten jangka panjang dimulai dari September 2022 hingga September 2023. Didalamnya akan memuat goal dan step agar terealisasi dengan baik.

Sebagai blogger pemula, saya berfokus pada kuantitas dan kualitas konten pada 4 bulan pertama. Juga membuat tema tematik agar saling berkaitan.

Pada 4 bulan yang kedua, saya berfokus untuk memaksimalkan search engine optimization (SEO) sambil sesekali ikut lomba blog. Lalu, 4 bulan ketiga dan keempat fokus pada lomba blog dan meningkatkan performa blog.

  • Jangka Menengah


Pada jangka menengah di 4 bulan pertama, saya akan memperbanyak baca, baik melalui blogwalking hingga baca buku. Jangka menengah pertama ini juga akan saya gunakan untuk mempertajam isi artikel.

  • Jangka Pendek (22-29 Agustus 2022)


trafik meningkat
Perencanaan konten untuk jangka pendek saya buat untuk seminggu kedepan. Demi menguji endurance, blogspedia meminta peserta coaching untuk melakukan one day one post.

Untuk jangka pendek untuk perencanaan konten jauh lebih rinci. Pertama kali yang dibutuhkan adalah keyword yang pas, jika bisa gunakan kata kunci yang masih dicari oleh pengunjung. Kemudian tetapkan asal sumber sebagai data pendukung. Siapkan juga kolom status sebagai penanda apakah artikel sudah selesai ditulis atau tidak.

Penutup


Membuat perencanaan konten memang terlihat ribet diawal namun akan memudahkan di kemudian hari. Buatlah perencanaan konten yang membuatmu semangat untuk mengekseskusinya. Boleh ditulis secara manual atau menggunakan canva. Sudah siap untuk menaikkan trafik blog dengan merencanakan konten?



Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

2 komentar

  1. Makjleb banget kutipannya. Selama ini blogging tanpa perencanaan. Harus segera berbenah, nih.

    BalasHapus
  2. kutunggu tulisan-tulisannya mba, terutama bahasan travellingnya....

    BalasHapus

Posting Komentar