yusriahismail.com

Cara Menghemat Uang Bulanan Rumah Tangga, Bikin Kaya

Its easy to dream. Its easier to make your dream come true if u make plans to make it happen. Jadi mulailah mewujudkan mimpi anda dengan menghitung pengeluaran anda dan utamakan itu untuk mewujudkan mimpimu ~ Make It Happen, Prita Ghozie
Apakah ada diantara soby (sobat yusri) yang punya mimpi sedari dulu? Yap, bermimpi memang gratis tapi mewujudkan mimpi? Hmm.. mungkinkah dengan cara menghemat uang bulanan rumah tangga bisa mewujudkan itu semua?

Dulu, di awal-awal nikah, pengeluaran kelihatan belum banyak banget. Masih bisa makan diluar atau bahkan jalan-jalan keluar kota.

Tapi, setelah punya anak? Astaga.. harga popok saja sudah bisa menghabiskan 1/8 gaji dalam sebulan. Belum biaya lainnya yang tak sedikit. Kalau gini, gimana caranya ngumpulin duit buat naik haji coba?

Tapi, mimpi tetap harus diwujudkan bukan? Ini adalah salah satu bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Terus, gimana caranya?

rincian keuangan rumah tangga

Dimana Posisi Kita

Ada yang sedang berada di fenomena kehabisan uang ditengah bulan? Yuk, cek 3 tipe yang sering terjebak dalam lingkaran ini

  • 50% Tidak Bisa Membedakan Antara Simpanan, Tabungan dan Investasi

Kata Prita Ghozie, secara berkala print tabungan kita? Dan lihat, mana yang lebih banyak? Apakah mutasi debit atau kredit?

Umumnya, sebagian besar yang terjadi adalah mutasi debit. Padahal seharusnya, kredit lebih banyak. Ini menunjukkan bahwa pengeluaran lebih banyak untuk mendanai finansial kita. Artinya, rekening bank belum bisa digunakan sebagai tempat simpanan uang.

  • 32% Gaya Hidup Tinggi

Masyarakat yang hidup di kota besar umumnya tidak bisa menghindari lifestyle dengan cost yang cukup tinggi. Ini seperti penyakit yang tidak ada obatnya. Ketergantungan jadinya ya sob.

  • 18% Hidup Berutang

Kemarin, mama saya bertanya,"Kok masih ada yang terjerat pinjol?"

Hmm sebenarnya kebiasaan berutang tergantung pada gaya hidup. Pemasukan yang tak mampu menutupi lifestyle sehingga terpaksa berutang.

Awalnya terpaksa eh lama-lama terbiasa. Apalagi jika dikira gaji mampu membayar utang setiap bulannya.
Its Your Money,
If you dont care about it?
Who Else will?

Cara Menghemat Uang Bulanan Rumah Tangga

Nah sob, kira-kira sudah bisa memprediksi posisi kita dimana terhadap keuangan sendiri? Bingung bagaimana mengatur keuangan tiap bulan? Apalagi sampai menghemat pengeluaran? Nah, lanjut cek tulisan berikutnya ya.

  • Keluarkan Untuk Kewajiban Terlebih Dahulu

Sebanyak 2.5 % sisihkan tiap bulan untuk zakat dan sedekah. Dalam islam, aktivitas ini berfungsi untuk membersihkan keuangan dan membantu orang lain. Selain itu, sisihkan dana darurat sebesar 5% dari gaji. Simpan ditempat yang aman dan mudah dilupakan. Ingatnya pas lagi perlu aja ya sob hehe.

  • Memiliki Catatan Keuangan Harian

Ini penting untuk memprediksi kemana selama ini uang pergi? Prita Ghozie mencotohkan salah satu kliennya yang kaget setelah menerapkan catatan keuangan harian.

Ternyata selama ini, seperempat dari gajinya habis untuk kopi dan dessert. Menurut Prita, pengeluaran yang dianggap sedikit membuat psikologis kita merasa bahwa uang yang keluar hanya recehan.

  • Buat Pos-pos Keuangan

Nah, kegiatan ini pernah saya terapkan ketika masih merantau dulu. Cara ini saya pelajari dari mama. Beliau membagi keuangan tiap bulan dalam amplop tertentu. Misalnya, amplop belanja harian, amplop transportasi, uang sekolah dan lain-lain.

Hal ini membuat kita menjadi sadar, dana apa yang harus kita keluarkan tiap bulannya. Selain menggunakan amplop, boleh juga menggunakan dompet khusus atau bikin sendiri.

Dulu, saya membuat dompet pos keuangan dari tempat pensil. Ditengahnya tinggal diselipkan kertas asturo yang sudah disesuaikan dengan besaran dompet. Melakukan pos keuangan lumayan berhasil untuk saya.
Menurut sebuah survey ekonom keuangan, Tulio Jappeli (2009), dari satu juta masyarakat ekonomi kelas menengah baru 24% pasangan yang mampu menyisihkan keuangan sebesar 20% dari penghasilan bulanannya.

  • Cari Barang Promosi

Cara ini saya pelajari dari pak suami. Beliau getol intip harga-harga promosi di katalog offline maupun online. Bahkan kata beliau, belanja bulanan dengan cara ini mampu menekan pengeluaran.

Sebagai emak-emak yang punya balita, kini belanja menjadi hal yang tidak mudah. Pun, rumah kami yang ada didaerah sehingga ada barang-barang yang susah untuk ditemukan. Mau beli diluar kota? Suda pasti ongkos kirim menjadi masalah. Kadang, ongkir setara harganya atau bahkan lebih mahal dari harga barang.

Toko Serba Ada dan Bisa

Salah satu solusinya adalah belanja online. Saya bisa menemukan barang apa saja tanpa membawa kedua balita ke pasar. Sudah gitu, harganya murah dan ongkir terjangkau.

Situs jual beli online terlengkap, mudah dan aman adalah tokopedia. Mulai dari perlengkapan kehamilan sampai melahirkan, semuanya ada di tokopedia. Tinggal jeli dalam mencari barang yang dibutuhkan sehingga sesuai dengan keinginan.

Kenapa Harus Tokopedia?

Banyak juga situs jual beli online, kenapa harus tokopedia? Mungkin diantara soby ada yang bertanya seperti ini. Nah, saya mau jawab berdasarkan pengalaman sendiri.

  • Daftar Mudah dan Cepat

Tokopedia hanya membutuhkan nomor hape dan email untuk bisa mendaftar diri sebagai pembeli ataupun penjual. Emak-emak yang kesusahan menggunakan teknologi juga pasti akan merasakan kemudahan dari situs ini.

Setelah semua syarat pendaftaran cepat, maka database kita sudah terekam dan tokopedia siap digunakan.

  • Bebas Ongkir Kemana Saja

Khusus pengguna baru, tokopedia memberikan layanan ongkos kirim gratis kemana saja. Dan, tak hanya itu, setiap bulan, pelanggan akan mendapatkan dua kali ongkir gratis termasuk potongan 40ribu rupiah. Sungguh, ini angin segar bagi kami pelanggan di daerah.

Saya pun tak perlu bingung lagi memenuhi kebutuhan anak. Apalagi, pakaian anak cepat sekali mengecil.

  • Transaksi Pakai Apa Saja

Kemudahan transaksi memang menjadi pertimbangan ketika memilih situs jual beli. Boleh menggunakan mobile banking, ATM ataupun minimarket terdekat.

Lagi-lagi saya tak harus keluar rumah karena pembayaran bisa dilakukan secara online. Asal tak terganggu jaringan, hari itu juga transaksi sudah bisa dilakukan dan tinggal menunggu barang sampai rumah.

  • Palugada (Apa yang lu mau gua ada)

Awalnya traveloka khusus digunakan untuk kemudahan mencari tiket pesawat dan Hotel. Namun kini, kebutuhan rumah tangga hingga perkantoran, tersedia di situs online ini.

Istilahnya palugada. Lu mau apa? Gua ada semuanya. Sesuai slogannya, ada apa saja, bayar dimana saja, bebas kemana saja.

  • Dapat Cuan Juga Bisa

Kabar baik buat emak-emak yang suka jualan online, tokopedia membuka kesempatan menjadi mitra. Untungnya gak main-main, dapat pulsa dan bisa belanja grosir dengan harga murah. Selain itu, pengiriman dijamin cepat dan gratis.

Penutup

Meski awalnya tokopedia hanya sebagai metasearch engine pembanding harga tiket pesawat namun kini melesat sebagai lifestyle superapp, dimana situs ini mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini. Apalagi 20 produk dan layanan ditawarkan kepada 40 juta pengguna aktif dengan berbagai keuntungan, salah satunya barang diskon dan gratis ongkir. 

Pakai tokopedia memang salah satu cara menghemat uang bulanan rumah tangga. Ada yang pernah bertransaksi juga menggunakan situs terbaik ini? Share di komentar yuk, sob.
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

9 komentar

  1. Menarik mbaak, kalo income banyak bisa dibagi banyak, kalo income dikit wassalam hehw

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau income dikit, ikatnya lebih kenceng lagi biar gak kebablasan hehe

      Hapus
  2. Aku nih kudu masih belajar ngatur keuangan, btw emang kudu banget menghindari hutang ya kalau nggak perlu perlu amat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba. Kalau kebutuhan sekunder, mending nabung dulu.. semangat 😊

      Hapus
  3. Aku juga suka belanja di tokped menanti tanggal 25 sampai akhir bulan wkwkwk

    BalasHapus
  4. Belum pernah belanja di tokopedia nih. Sukanya di toko orange. Kukira tadinya mau review aplikasi keuangan loh.

    BalasHapus
  5. Aku juga ngikutin mba Prita Ghozie mba. Keren yaa beliau. Aku juga catat pengeluaran harian dikasih nama APBN Rumah Tangga wkwkwk. Beneran jadi keliatan bgt kemana uang pergi..

    BalasHapus
  6. Diskon dan ibu2 itu sepaket. Pasti dicari. Memang lumayan banget soalnya kalau bisa dapat harga diskon 😁

    BalasHapus
  7. Si hijau memang selalu menjadi andalan, berasa ke reminder lg untuk semangat posting pengeluaran harian.

    BalasHapus

Posting Komentar