yusriahismail.com

Kegiatan Montessori Anak 2 Tahun Melalui Interstellar

stimulasi melalui ide main
Ada yang masih punya batita (bayi dibawah tiga tahun)? Bingung mau kasih permainan apa buat mereka? Kegiatan montessori interstellar bisa jadi alternatif permainan yang edukatif. Ide ini diambil dari salah satu film edukasi sains mengenai luar angkasa.

Anak usia 2 tahun memang berada di fase aktif. Mereka butuh permainan yang melibatkan seluruh gerak fisiknya. Penasaran seperti apa? Yuk, lanjut.

Interstellar, Film Edukasi Tentang Sains

Bermula dari kehilangan harapan pada kerusakan yang semakin besar di bumi, hingga terbitlah ide untuk mencari tempat tinggal baru di luar sana. NASA, sebagai pelopor misi ini pun merekrut orang-orang pilihan untuk diberangkatkan mencari 'rumah' selain bumi.

Film interstellar memang menampilkan potret kehidupan masa mendatang. Ladang pertanian rusak parah, debu yang semakin tebal serta umat manusia yang kembali ke peradaban bertani tanpa negara. Hal ini membawa Cooper, sang mantan pilot, menuju proyek rahasia NASA.

Sayangnya, mereka bertemu calon planet Miller yang sangat dekat dengan gargantua (lubang hitam) sehingga mengalami distorsi waktu. Tak terasa, sudah 23 tahun mereka menghabiskan waktu tahun. Dua puluh satu tahun lebih lama dibanding waktu yang diberikan oleh NASA.

Film edukasi tentang sains ini sendiri mendapat rating yang cukup bagus dari para kritikus dan penonton. Bahkan masuk dalam jajaran box office dengan mendulang keuntungan yang melebihi anggaran produksi film.

Risetnya memang tidak main-main sob. Meski film ini masuk dalam kategori imajinasi tapi keilmiahan dan realita tetap terasa nyata.

Mengenalkan Sains Pada Anak Melalui Permainan

Interstellar secara tak langsung mengenalkan tentang benda-benda langit. Ya, film ini memang belum bisa untuk anak 2 tahun tapi sangat cocok dijadikan referensi orangtua.

Ada tentang Saturnus, lubang cacing, astronot, roket dan lain-lain. Film ini juga sekaligus bisa mengenalkan tentang penciptaan Allah. Meski kelihatan rumit, tapi biasanya anak-anak akan antusias sob.

Pengalaman saya mengenalkan anak pertama mengenai benda-benda langit sangat menyenangkan. Jika malam hari, dia akan mulai mencari benda langit apa saja.

Montessori, Stimulasi Sensorik dan Motorik

Ada banyak cara bagaimana mengenalkan anak tentang dunia sains. Salah satunya dengan kegiatan montessori.

Founder metode ini, Maria Montessori, percaya bahwa kemampuan anak harus diasah dengan melalui sensori dan motoriknya. Semakin sering anak diasah maka keterampilannya pun akan meningkat.

Aktivitasnya yaitu dengan memaksimalkan panca indera. Maria percaya bahwa panca indera adalah salah satu jalan bagaimana ilmu pengetahuan bisa masuk pada manusia.

Contoh Kegiatan Montessori Anak 2 Tahun

Kegiatan yang bisa dilakukan melalui metode montessori tanpa menggunakan alat-alat mahal adalah dengan aktivitas practical life.

Tak hanya itu, practical life memungkinkan anak agar akrab dengan kegiatan sehari-hari dirumah. Emak-emak gak perlu panik jika saat dewasa, anak malas membantu pekerjaan rumah tangga. Latih sejak kecil dengan kegiatan montessori.

Soby, mau tahu apa saja kegiatan montessori yang bisa dilakukan dirumah dan sangat berhubungan dengan dunia sains?

Ini seperti membuat diorama planet dengan bahan-bahan sederhana yang ada dirumah. Bahan yang dibutuhkan adalah beras hitam, planet yang diprint/gambar, wadah/tray, sendok dan penjepit objek, kertas gambar dengan sketsa benda langit, lem kertas.
alternatif-kegiatan-anak

Cara membuat

  • Siapkan wadah/tray yang sudah diisi beras hitam. Sebar beras hitam secara merata.
  • Letakkan planet kertas secara berurutan. Mulai dari yang paling dekat dengan matahari hingga terjauh
  • Letakkan juga pernak-pernik lainnya seperti astronot, roket jika ada

Cara bermain

  • Permainan pertama

Kenalkan anak nama-nama planet dan minta sebutkan secara berulang. Ajak anak tebak gambar dan nama planet. Permainan ini melatih penglihatan, daya fokus dan melatih konsentrasi anak.

  • Permainan kedua

Ajak anak memindahkan beras hitam ke wadah/tray yang lain. Gunakan sendok dengan berbagai ukuran. Disini anak akan belajar berhati-hati agar beras tidak tumpah dan pra-matematika dengan berbagai ukuran sendok. Permainan ini melatih sensorik dan taktil anak.

  • Permainan ketiga

Ajak anak memindahkan planet dengan penjepit kertas. Kegiatan ini akan mengasah kekuatan tangan dan motorik anak.

  • Permainan keempat

Ambil satu buah wadah/tray. Isi dengan berbagai planet lalu letakkan agak jauh. Diseberangnya, sekitar jarak 2 meter jejerkan planet tersebut dan ajak anak mencocokkan objeknya sambil menyebut nama planet.

  • Permainan Kelima

Ambil satu buah kertas kosong dan gambar sketsa planet. Ajak anak untuk mewarnai benda langit tersebut.

  • Permainan Keenam

Soby juga bisa mengenalkan pra-matematika lho. Caranya, ajak anak berhitung ada berapa planet atau bintang yang terlihat.

  • Permainan Ketujuh

Siapkan kertas untuk kegiatan menempel benda langit. Tulis nama-nama benda langit dan tempel gambarnya diatas label. Aktivitas ini sekaligus mengasah pra-membaca anak.

Mengenalkan Keimanan Melalui Interstellar

Selain mengenalkan benda-benda langit melalui kegiatan montessori, soby juga bisa mengasah keimanan anak.

Caranya bisa dengan menyanyikan lagu yang dihubungkan dengan penciptaan Allah atau memancing anak dengan pertanyaan. Ini akan membuat anak berpikir dan merenungkan kejadian yang ada di alam.
  • Siapa yang menciptakan planet? langit? bulan?
  • Kenapa benda-benda langit itu teratur berbaris di langit
  • Kenapa bentuk dan warnanya berbeda satu sama lain

Penutup

Serukan sob? Melaui satu objek saja sudah banyak permainan yang bisa diciptakan. Udah gitu gratis lagi. Butuh kesabaran dan kelapangan hati yang luas aja untuk melakukan kegiatan ini. Biasanya setelah bermain, rumah akan seperti kapal pecah.

Kegiatan montessori interstellar ini bisa jadi alternatif permainan yang mengasah sensormotorik anak. Hmm.. Kira-kira permainan apalagi yang bisa dilakukan dengan benda-benda langit itu ya?









Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

9 komentar

  1. menarik sekali bahasannya mba :)

    BalasHapus
  2. Menarik sekali mbak. Toolsnya itu2 aja. Tapi bisa banyak cara bermainnya. anak saya baru dua bulan bisa dikeep buat kedepan hehehe

    BalasHapus
  3. wahhh menarik banget mbaak! banyak permainan yang bisa dicoba yaa dari film interstellar..aku suka banget juga sama filmya. udah gitu ide bermain dari mbak modalnya miring alias murahhh lagi! bisa jadi ide main buat anakku yang usianya 2 tahunan. Jazakillah khair ya mbaak.

    BalasHapus
  4. Bisa jadi bahan pembelajaran untuk anak-anak dirumah nih..

    BalasHapus
  5. Kreatif bgt ya, mbak. Perlu dicoba nih biar main bareng anak makin seru dan berhikmah 🥰

    BalasHapus
  6. Keren banget masya Allah. Jadi Ibu tuh harus multitasking ya, harus kreatif dan inovatif. PR buat remaja kek aku 😁

    BalasHapus
  7. menarik banget nih, kudu di coba, ternyata selain dapat mengasah sensori motorik bisa juga sarana mengedukasi tauhid kepada anak. nice info yus

    BalasHapus
  8. mumpung baby masih kecil segera dipelajari kak

    BalasHapus
  9. Asyik nih idenya. Nunggu anakku gedean dikit baru bisa main begini.

    BalasHapus

Posting Komentar