yusriahismail.com

14 Kado Ulang Tahun Pernikahan yang Sering Terlupakan

Menuju 5 tahun pernikahan, saya mendadak terharu. Sampai-sampai saya bilang,”Kok kayak gak berasa ya?”.

“Hahaha,” suami tertawa. Rasanya memang seperti sekejap mata sih. Udah mau lima tahun aja. Duh, jadi mikir. Lima tahun pernikahan sudah ngapain aja ya?. Nanti mau siapkan kado ulang tahun pernikahan yang seperti apa ya? Haha. Padahal selama ini gak ada kado apa-apa sih. Paling makan bersama saja.

Kata orang, lima tahun pertama adalah masa percobaan dalam sekolah pernikahan. Ujiannya banyak dan banyak terjadi kesalahpahaman. Lima tahun pertama juga disebut juga masa uji coba. Jika di tahap pertama ini lolos, insyaallah akan bertahan sampai akhir. Bagaimana jika sudah sampai di 14 tahun bersama ya? Pasti tambah seru tuh. 

Meski tak juga mulus tapi yakinlah Allah akan mampukan.

Jadi, kira-kira kado apa nih yang cocok untuk wedding anniversary? Memang tak perlu mahal namun yang pasti berkesan bagi keduanya. Bahkan harus menjadi momen yang tak terlupakan bagi kedua pasangan. Oke, ini adalah momen penting yang bisa dilakukan sebagai kado ulang tahun pernikahan.

1. Saling Mengucapkan Terimakasih


Kadang kita lupa, orang yang tiap waktu dekat dan ada saat butuh adalah pasangan sendiri. Bersama mulai dari tidur hingga mau tidur lagi membuat hal-hal istimewa yang dilakukan pasangan menjadi terasa biasa saja.

Mengucapkan terimakasih adalah kado ulangtahun pernikahan yang sering terlupakan. Tatap mata pasangan dan ucapkan dengan tulus segala perhatian dan pengorbanan yang telah dilakukannya. Mengucapkan terimakasih juga sebagai bentuk penghargaan terhadap pasangan.

2. Saling Meminta Maaf

Nah ini aktivitas yang juga tak boleh luput. Sebagai orang yang terdekat dengan kita, sudah pasti kita sendiri atau pasangan kadang berbuat salah. Kelakuan kita yang tak sengaja juga kadang membuat pasangan kesal dan sebal.

Meminta maaf pada pasangan akan membuat hati lega dan beban perasaan terangkat. Tak ada yang lebih mulia dibanding meminta dan memaafkan. Jangan sampai kelalaian kita membuat pasangan menjadi tidak ridho. Baiknya, momen meminta maaf bukan hanya sekali dalam setahun namun setiap saat ketika mau tidur malam.

3. Berdoa Bersama

Salah satu benteng yang harus dikuatkan dalam hubungan pernikahan adalah doa. Meminta pada sang kuasa agar mahligai ini senantiasa kokoh dan berada dalam ridho-Nya. Berdoa bersama dapat dilakukan ketika ulang tahun pernikahan.

Mendoakan pasangan agar senantiasa taat dan perjuangannya dalam pernikahan ini berkah. Juga tertuntun untuk mendidik anak sholeh sholehah.

4. Reka Ulang Adegan

Pasti ada hal-hal yang lucu pernah terjadi ketika pertama kali menjadi sepasang suami istri. Entah itu gelang yang saling terkait atau tak sengaja saling menginjak kaki. Kejadian yang lucu akan membangkitkan memori dan menebarkan rasa bahagia.

Meski kejadian itu sudah lewat puluhan tahun yang lalu, namun suatu peristiwa penting akan selalu lekat dalam ingatan. Salah satu yang tak mungkin terlupa adalah ekspresi malu-malu ketika pertama kali bertemu pasca ijab qabul.

5. Berikan Album Foto dari Masa ke Masa


Salah satu pentingnya mengabadikan tiap momen penting adalah agar memiliki kenangan suatu saat nanti. Kenangan berupa foto dapat membangkitkan memori dan mengingat peristiwa menyenangkan yang pernah terjadi. Momen inilah dapat digunakan sebagai ajang untuk bersyukur.

Kumpulkan foto-foto kalian bersama pasangan dan buatlah dalam satu album atau slide khusus. Berikan kata-kata romantis dalam setiap momennya.

6. Beri Ucapan Romantis

Hayoo siapa yang jarang mengucapkan kata-kata romantis buat pasangan? Nih saatnya buat bergaya klimis dan necis agar terlihat romantis.

7. Memasak Bersama

Agenda favorit kami adalah memasak bersama. Aktivitas ini mampu membuat kami jauh lebih akrab dan banyak bercerita.

8. Berikan Bunga Hidup

Meski tak dikatakan namun setiap wanita suka jika diberikan bunga. Apalagi bunga hidup yang dapat memperindah ruangan.

9. Berlibur Bersama

Salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan adalah berlibur dan jauh-jauh dari pekerjaan. Buat pikiran fresh dengan berlibur yang menyenangkan.  

10. Makan di Tempat Favorit

Pasti ada tempat favorit kan? Nah jadikan momen ini untuk sesekali berkunjung kesana lagi.

11. Nonton Film Favorit

Menonton film favorit bersama adalah salah satu cara terbaik untuk merayakan ulang tahun pernikahan.

12. Saling Menulis Surat

Tuangkan segala perasaanmu dalam selembar kertas. Dan saling bertukar suratlah.

13. Kembali ke Tempat Pertama Kali Bertemu

Dimana tempat kalian pertama kali bertemu? Saat ulang tahun pernikahan, datangi tempat itu untuk mengenang kejadian menyenangkan tersebut.

14. Kabulkan Permintaan Pasangan

Mintalah pasangan untuk menyebutkan keinginannya dan kabulkanlah di momen wedding anniversary kalian.

***

Kado ulang tahun pernikahan tak harus selalu berupa materi tapi juga bisa dalam bentuk membangkitkan kenangan indah bersama-sama. Pastikan bahwa momen ini adalah peristiwa yang tak dapat diulang dan harus menjadi sejarah terbaik dalam kehidupan.

Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar