yusriahismail.com

Pentingnya Manajemen Keuangan Bantu Pengelolaan Pinjaman

manajemen keuangan pribadi
Pinjaman seringkali digunakan sebagai solusi terbaik ketika orang sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar karena bisa dikembalikan dalam bentuk cicilan. Kebutuhan yang dimaksud misalnya untuk kebutuhan modal bisnis, biaya renovasi rumah, biaya pendidikan anak atau biaya kesehatan hingga untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Sobat yusri bisa mendapatkan pinjaman dengan agunan atau tanpa agunan, keduanya disertai dengan simulasi cicilan dan tenor yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan pembayaran. Yang jadi catatan, sejatinya tidak semua pinjaman berdampak buruk, hanya saja Anda harus lebih berhati-hati mengelola dana pinjaman. Penting juga menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan membayar.

Seperti contoh, ketika Anda memiliki pinjaman yang berupa cicilan kartu kredit, usahakan agar besar nominal angsuran pengembalian tidak lebih dari 30% penghasilan Anda. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, agar manajemen keuangan Anda tetap stabil dan sehat.
 

Tips Manajemen Keuangan dengan Pinjaman

ruang lingkup manajemen keuangan
Sebelum mengajukan pinjaman, sobat yusri harus benar-benar memahami apa tujuan meminjam dan untuk apa uang pinjaman tersebut digunakan. Jika memang kebutuhan sangat mendesak dan tidak ada solusi selain mengajukan pinjaman, maka boleh melakukannya.

Tapi jika sobat yusri sendiri masih mengira-ngira tujuan dan kegunaan uang pinjaman tersebut, sebaiknya hindari pengajuan pinjaman agar tidak merugikan kita di masa depan. Selain itu, juga harus memikirkan cicilan pengembalian pinjaman dan bunga pinjaman.

Keduanya harus meringankan dan tidak melebihi kesanggupan membayar berdasarkan penghasilan bulanan. Oleh karena itu, terapkan beberapa tips berikut ini dalam mengelola keuangan dengan pinjaman.
 

Gunakan Dana Pinjaman sesuai Tujuan Awal


Jika tujuan awal melakukan pinjaman adalah untuk modal bisnis, maka gunakan uang pinjaman tersebut sesuai tujuan awalnya. Jangan gunakan dana pinjaman untuk hal lain berdasarkan ego semata dan menganggap remeh uang pinjaman yang diterima.

Cicilan kartu kredit akan semakin membengkak dan bertambah besar jika sobat yusri lebih mengutamakan keinginan di atas kebutuhan utama. Jika hal tersebut terus dilakukan, pada akhirnya hanya akan membawa sobat yusri pada kesulitan keuangan dengan utang yang semakin menumpuk.

Buat Pos Keuangan Terpisah


Banyak orang terjebak dalam kesulitan keuangan akibat tidak memisahkan pos dana pribadi dengan dana pinjaman. Uang yang tercampur dari sumber penghasilan bulanan dan dari pinjaman akan mengaburkan tujuan awal peminjaman uang yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, buatlah pos terpisah antara dana pribadi dan dana pinjaman. Segera gunakan dana pinjaman sesuai tujuan awal agar tidak tergiur menghabiskan dana tersebut untuk hal-hal lainnya. Pos dana pribadi yang sudah dipisahkan akan lebih memudahkan dalam mengatur kebutuhan harian dan menyisihkan cicilan pengembalian dana pinjaman.

Jika melakukan pinjaman untuk kebutuhan modal bisnis, maka sobat yusri harus memiliki satu pos lagi, yaitu penghasilan bisnis yang sebagian dananya bisa dialokasikan untuk membayar pinjaman.

Siapkan Dana Cicilan


Ketika mendapatkan penghasilan, segera sisihkan setidaknya 30% untuk kebutuhan membayar cicilan kartu kredit atau pinjaman lainnya. Dengan cara tersebut, sobat yusri akan terhindar dari denda keterlambatan membayar pinjaman yang membuat kita terpaksa menguras penghasilan lebih banyak lagi.

Hindari membayar pinjaman dengan menggunakan sebagian dana pinjaman itu sendiri. Pasalnya, jika nilai pinjaman berkurang dari kebutuhan awal, bisa menyebabkan kita mengambil pinjaman lain dan membuat pinjaman semakin banyak.

Hindari juga mengembalikan dana pinjaman dengan cara mengambil pinjaman yang baru. Jika hal tersebut dilakukan, maka nilai pinjaman akan semakin besar dan sobat yusri akan mengalami kesulitan keuangan.

Buat Catatan Arus Kas


Pencatatan arus kas sebenarnya sangat penting dilakukan meski Anda tidak memiliki pinjaman. Apalagi jika sobat yusri mempunyai kewajiban membayar cicilan pinjaman, maka wajib untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran.

Memiliki pembukuan arus kas yang rapi akan memudahkan dalam mengetahui jumlah dana pinjaman yang tersedia dalam rekening, sudah berapa kali pembayaran pinjaman yang kita lakukan dan berapa sisa pinjaman yang wajib dibayar.

Pembukuan arus kas juga membantu sobat yusri dalam mengelola keuangan dari pinjaman, apakah penggunaannya sudah sesuai dengan tujuan dan pengelolaan sisa dana pinjaman yang masih tersedia.

Lunasi Lebih Awal


Jika mendapatkan penghasilan lebih besar dari penghasilan rutin, sebaiknya menggunakannya untuk melunasi pinjaman lebih awal. Pada layanan kartu kredit atau pinjaman, terdapat istilah pay to date advance atau membayar angsuran untuk beberapa bulan ke depan sekaligus.

Bonus besar yang didapatkan dari kantor atau hasil bisnis melebihi jumlah biasanya bisa digunakan untuk menutup sisa cicilan kartu kredit. Biasanya, pihak pemberi pinjaman akan memberikan skor atau nilai yang bagus, pengurangan bunga pinjaman atau mendapatkan poin reward jika melunasi pinjaman lebih awal dari tenor yang dipilih.

Ajukan Cicilan Aman di Aplikasi Bank Digital Terpercaya


Kemajuan teknologi digital banking sangat memudahkan kehidupan masyarakat modern. Melalui Aplikasi digibank by DBS, misalnya, sobat yusri bisa mendapatkan banyak layanan perbankan serta investasi dan asuransi.

Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan produk pinjaman. Salah satunya menggunakan sistem cicilan kartu kredit dengan bunga rendah yang membantu kita mengelola keuangan dengan lebih mudah.

Aplikasi digibank by DBS sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Seluruh transaksinya aman dan di bawah pengawasan OJK. Maka tak diragukan lagi jika banyak sekali keunggulan layanan perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, di antaranya adalah:
  • Transaksi lengkap, mudah dan terjamin aman.
  • Tersedia produk asuransi dan ada lebih dari 150 pilihan produk investasi.
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman, tenor cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval 60 detik.
  • Akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis iuran tahun pertama.
Pengelolaan keuangan yang benar sangat penting dilakukan, terutama jika memiliki cicilan pinjaman yang harus dibayarkan setiap bulan. Melalui Aplikasi digibank by DBS, sobat yusri bisa mengatur keuangan sekaligus juga membayar pinjaman yang terjamin aman. Jadi, tunggu apalagi? Gunakan Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dan dapatkan informasi selengkapnya di sini.
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar