yusriahismail.com

Lapangan Pancasila, Tempat Nongkrong Di Palopo, Berburu Kuliner Hingga Olahraga Bareng Keluarga

lapangan pancasila

Pulang dari agenda rutin di suatu sabtu sore, saya langsung mengajak suami ke lapangan pancasila, tempat nongkrong di Palopo yang selalu ramai. Kebetulan jalanannya searah dengan rumah kami. 

Jadilah sabtu sore itu, kami nongki-nongki cantik sekeluarga sambil menikmati alam dan masyarakat Palopo yang juga berkunjung kesana.

Lapangan Pancasila, Tempat Nongkrong Di Palopo Yang Asik

Sobat yusri yang mungkin suatu waktu berkunjung ke Palopo bisa ke lapangan pancasila. Tempat ini selalu ramai di sore dan malam hari. Terutama ketika hari libur tiba. Oya, setelah ditutup sekian lama karena pandemi, baru-baru ini lapangan pancasila akhirnya dibuka lagi untuk umum.

Lapangan pancasila juga sering sekali dijadikan tempat untuk berbagai event besar. Salah satunya kemarin saat perayaan hari jadi Luwu yang kebetulan bertempat di Palopo.

Lapangannya memang sangat luas. Puluhan hingga ratusan stand UMKM berdiri setiap ada event tertentu. Parkirannya juga sangat luas, namun saat datang ke perayaan hari jadi Luwu kami sampai kehabisan tempat parkir. Malam itu, masyarakat Palopo seakan tumplek blek di lapangan pancasila. Penuh banget. Kami sampai erat memegangi tangan anak-anak agar tidak berpisah.

Selain sering dijadikan tempat event, lapangan pancasila juga biasa digunakan untuk olahraga bareng. Setiap hari minggu, pemerintah menyediakan satu instruktur senam dan masyarakat akan membentuk barisan dibelakangnya lalu ikut olahraga. Siapa saja boleh ikut ya sobat yusri. Meski pendatang baru.

Cocok banget kan lapangan pancasila jadi tempat nongkrong di Palopo?

Apa Saja Yang Ada Di Lapangan Pancasila?

1. Lapangan Yang Luas

Lapangan pancasila termasuk tempat kebanggaan masyarakat Palopo. Luasnya lapangan sangat memungkinkan masyarakat merayakan berbagai event besar. 

Lapangan ini ditumbuhi rumput yang subur. Setiap beberapa waktu, petuga pemotong rumput dan kebersihan menjaga kerapian rumput. Sayangnya jika hujan, lapangan akan sangat becek. 

2. Fasilitas Bermain Anak

tempat nokrong di palopo

Anak saya paling suka nih kalau diajak ke lapangan pancasila karena ada fasilitas bermain untuk anak. Pemerintah Palopo menyediakan beberapa seluncuran untuk anak. 

Jika malam atau hari libur tiba, biasanya ada tempat sewa main anak yang digelar oleh beberapa pedagang. Sewa main anak yang disediakan berupa mandi bola, main pasir kinetik, mewarnai, pancing ikan hingga main mobil-mobilan.

3. Olahraga 

lapangan pancasila palopo

Selain fasilitas bermain anak, pemerintah juga menyediakan batu pijat refleksi, jogging track dan area skateboard. Masyarakat juga bisa memilih olahraga apa dengan membawa alat sendiri. Lapangan luas mah bebas milih mau olahraga yang gimana.

Jika kami kesana di hari minggu biasanya sekalian ikut olahraga. Entah ikut senam bersama masyarakat atau sekedar jogging beberapa putaran.

4. Kuliner

kuliner palopo

Tempat nongkrong di Palopo yang bisa segala umur ini juga dimanfaatkan oleh pedagang untuk menjajakan dagangannya. Para pedagang ini biasanya buka lapak di sekitar trotoar. Menurut saya ini salah satu kekurangannya sebab area trotoar yang juga bisa dimanfaatkan jadi jogging track jadi sempit.

Kuliner khas Palopo yang biasa dijajakan adalah pisang ijo, pisang epe dan sarabba. Sobat yusri jika berkesempatan jalan-jalan ke lapangan pancasila bisa mencicipi pisang epe yang terbuat dari pisang yang dibakar lalu dipeppe' (tekan) lalu diberi kuah gula merah atau sarabba yang terbuat dari sari jahe ditambah santan. 

Lainnya ada somay, bakso dan sosis bakar, burger, nasi kuning serta anek minuman kekinian seperti boba, thai tea, teh poci, es krim dan lain-lain. Pokoknya pilihan-pilihan yang tersedia ini kadang membingungkan. Hehe.

5. Spot Foto

Seringnya masyarakat Palopo berkumpul dan mengadakan event di lapangan pancasila membuat pemerintah harus selalu menjaga dan merawat kawasan ini. Berbagai tanaman dan bunga hadir sebagai pemanis. 

Juga ada bola besar yang terbuat dari semen lalu ditata sedemikian rupa di salah satu trotoar di Palopo dan tak jauh dari sana ada tulisan lapangan pancasila yang cukup besar. Bagian ini biasanya digunakan masyarakat sebagai tempat berfoto-foto. Saya jadi teringat kawasan Asia Afrika yang ada di Bandung. Vibesnya hampir mirip. 

Lokasi Lapangan Pancasila

Sebagai tempat nongkrong di Palopo yang sering digunakan, lokasi lapangan pancasila ini memang terletak di tengah kota. Persisnya ada di belakang kantor walikota.

Harga Kuliner Di Lapangan Pancasila

Biasanya harga makanan atau minuman yang dijual sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Ini memang sudah menjadi harga standar jajanan disini. Makanan yang harganya diatas 10 ribu biasanya adalah burger.

Highlight Lapangan Pancasila

Apa yang menjadi highlight saya di lapangan pancasila? Pertama adalah fasilitas bermain anak yang gratis. Kami juga senang dengan lapangan rumputnya yang cukup luas sehingga anak bisa berlarian kesana kemari. Juga kuliner yang hampir ada di sepanjang trotoar dan fasilitas olahraga yang bikin masyarakat tambah sehat. Mainnya dapat, sehatnya juga dapat.

Sayangnya, kawasan sebagus ini tidak menyediakan toilet umum yang layak dan musholla. Sebenarnya ada toilet dan musholla tapi letaknya cukup jauh dan ada di kantor walikota. Sebenarnya dekat dari area tulisan lapangan pancasila tapi kurang terjangkau dari sudut lapangan pancasila lainnya.

Tapi, lapangan pancasila akan selalu menjadi tempat nongkrong di Palopo yang favorit bagi keluarga kami. Kalau sobat yusri apakah punya tempat nongkrong favorit di kotanya?





Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar