yusriahismail.com

Belajar Teori Pengasuhan Anak Ala Bibu, Meaningful

3 komentar
pengasuhan adalah
Ada yang ingat perkataan Umar bin Khattab mengenai: anakmu bukan anakmu, didiklah anakmu sesuai zamannya? Perkataan beliau memang menjadi perhatian orangtua, apalagi semakin hari, zaman semakin tak terarah. Meski berbagai teori pengasuhan anak mudah kita dapat hari ini, tapi kecemasan sebagai orangtua tetap ada.

Kelas Online, Jalan Ninja Untuk Belajar


Sejak pandemi merebak tahun 2019 lalu, banyak kelas online yang juga bertebaran. Ini seperti berkah bagi saya yang tinggal di daerah.

Mulai dari kelas design hingga parenting. Kelas pengasuhan menjadi sasaran saya, apalagi sebagai orangtua baru perlu banyak belajar.

Komunitas Belajar Bareng Bu Pinan


Sudah lama saya mengincar kelas bu Pinan atau akrab disapa Bibu. Seorang dokter dan general practitioner di bidang parenting. Selain itu, beliau adalah breastfeeding counselor.

Beruntung saya mendapat informasi mengenai kelas gratis beliau yang akan diadakan awal Juni. Jarang-jarang beliau mengadakan kelas tanpa bayar begini. Apalagi temanya sangat menarik yaitu tentang teori pengasuhan anak.

Sebagai selebgram khusus parenting, sudah tentu kelas gratisnya jadi perburuan mama-mama muda seperti saya. Bernama lengkap dr. Pinansia Finska Poetri, Bibu memang terkenal sering membagikan insight pengasuhannya. Sobat yusri yang tertarik dengan kelas beliau langsung saja ke instagramnya ya di @drpinan atau @belajar.bareng.bupinan.

Belajar Teori Pengasuhan Anak di Kelas Bibu

prinsip pengasuhan
Pertama kali mengikuti kelas Bibu membuat saya antusias sekali. Webinar dengan tema Faktor Utama dalam Pengasuhan ini adalah kelas pembukaan untuk rangkaian kelas-kelas pengasuhan berikutnya.

Komunitas Belajar Bersama Bu Pinan sedang membuka kelas intensif 3 bulan. Ada 9 kelas, dimana setiap satu bulan ada 3 kelas yang berinteraksi langsung dengan Bibu.

Nah, kalau ikut kelas lanjutan tentu berbayar ya sob. Sayangnya, kelas intensif ini harus diikuti secara keseluruhan karena setiap sesinya berkaitan. Berbeda dengan kelas Bibu lainnya yang bisa diikuti sendiri-sendiri tanpa harus mengikuti kelas sebelumnya. Oya, sedang ada batch 2 untuk kelas intensif ini, langsung cekidot aja ke instagram @belajar.bareng.bupinan.

Insight Teori Pengasuhan Anak dari Bibu


Sehari sebelum agenda dilaksanakan, panitia tiba-tiba memberi tahu jika kelas zoom akan membatasi peserta. Panik dong, apalagi waktu pelaksanaannya siang hari. Ini jam-jam cranky anak-anak. Alhamdulillah ada pak suami jadi bisa mengikuti kelas dengan tenang dan bisa menulis insight menarik dari kelas bu Pinan.

  • Kuatkan Pondasi Anak

Sebagus apapun rumahnya, jika pondasi tidak kuat makan mudah runtuh
Usia 0-6 tahun adalah masa-masa emas untuk anak. Ini adalah waktu yang tepat untuk diberikan stimulasi, pengetahuan, belajar emosi dan lain sebagainya. Disinilah anak-anak belajar tentang rasa, kehidupan dan bagaimana kelak mereka menghadapi dunia. Jika penanganan orangtua baik dan optimal maka anak pun tumbuh dan berkembang dengan baik.

  • Memahami Fase Anak

Menurut tahapan psikosial Erikson bahwa usia 0-2 tahun adalah fase trust dan mitrust, 2-3 tahun adalah autonomy versus shame and doubt serta usia 3-6 tahun yaitu initiative versus guilt. Fase anak adalah fase krusial dimana jika salah diartikan maka perkembangan anak tidak akan optimal. Salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menghormati fase anak.

  • Insting Anak Itu Kuat

Setiap bagian tubuh anak memahami tugas perkembangannya dengan baik. Misal, anak balita butuh banyak bergerak sehingga mereka mudah melompat, berlari dan sebagainya. Tugas orangtua yang memahami kebutuhan anak dan memberikan fasilitas.

  • Memahami Hierarki Kebutuhan Anak

teori baurimp
Teori Maslow mengembangkan hierarki kebutuhan dasar anak sehingga perkembangannya menjadi optimal. dr. Laura Markham menambahkan kebutuhan dasar lain yang perlu diterima anak yaitu disayangi, dicintai dan sebagainya.

  • Memahami Arah Perkembangan Anak

Ada 4 hal yang perlu dipahami yaitu
  1. Simple ke kompleks yaitu dasarnya perjalanan perkembangan anak sangat panjang, dimulai dari tengkurap hingga berdiri
  2. Generic to spesific yaitu fase anak mulai dari babling hingga mengeluarkan kata lalu menjadi sebuah kalimat.
  3. Chepalocaudal. Ada yang pernah bertanya kenapa anak mengangkat kepala terlebih dahulu dibanding organ lainnya? Ternyata, kepala adalah bagian tubuh yang sangat berat bagi manusia dan bayi akan berusaha menaklukkan hal ini terlebih dahulu.
  4. Prosimodistal. Pada fase ini anak akan menguatkan sisi dalam dulu baru luar. Contohnya yaitu, anak menguatkan dada kemudian tangan dan jari.

  • Memahami Tahap Pembelajaran Anak

Menurut Jean Piaget, ada beberapa tahap pembelajaran yang memang secara naluri akan dilakukan oleh anak yaitu melalui object level, index level, simbolic level hingga sign level. Anak belajar hal nyata lebih dulu sangat baik sehingga perkembangan anak baik. Tak perlu terburu-buru mengajak anak belajar huruf, berhitung dan lainnya.

  • Anak Terlahir dengan Fitrah yang Baik

Setiap anak yang terlahir ke dunia sudah mempunyai bekal tersendiri, termasuk kebaikan alami dan ketauhidan. Selanjutnya adalah bagaimana orangtua dan lingkungan yang membuat hal-hal baik itu tetap terjaga.

Kesan Mengikuti Kelas Bibu

Jujur saja, pertama kali mengikuti kelas Bibu membuat saya jatuh cinta dengan cara penyampaian beliau. Lembut tapi tegas juga detil dan rinci ketika menjelaskan materinya. Terlihat jelas bahwa beliau sangat memahami apa yang sedang disampaikan.

Tak hanya itu, saat sesi tanya jawab berlangsung pun, Bibu mampu memberikan penjelasan dan batasan dalam menjawab pertanyaan. Peserta pun tak kalah antusiasnya. Beragam pertanyaan muncul, sehingga panitia harus memberikan batasan karena waktu hampir berakhir.

Penutup

Gaya pengasuhan tiap orangtua memang berbeda, namun sebaiknya dasar teori pengasuhan anak harus tetap ada. Jika mengikuti kelas Bibu, banyak hal-hal baru dengan sudut pandang yang berbeda yang bisa dijadikan referensi dasar pengasuhan. Menarik banget emang kelas beliau. Setelah ikut webinarnya, sekarang tinggal pengaplikasiannya. Semoga dimudahkan semuanya, orangtua hebat.



Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast
Terbaru Lebih lama

Related Posts

3 komentar

  1. Wah, ini insightgul banget ya.. Aku jadi belajat juga. Makasih mbak sudah sharing tulisan ini..

    BalasHapus
  2. Padet banget materinya, daging semua. Bu pinan memang sangat menginspirasi, salah satu panutanku

    BalasHapus
  3. materinya bagus sekali...memacu dn mndorong diri untuk belajar dn ikutan kelas ini, terimakasih sharingnya

    BalasHapus

Posting Komentar