yusriahismail.com

Tips Hidup Sehat dan Awet Muda Ala Ibu Rumah Tangga

Alkisah, seorang teman bercerita bahwa dia pernah ditanya oleh seorang tak dikenal
“Sekolah dimana mbak?”.
Mendapat sapaan seperti itu alhasil wajahnya sumringah sepanjang jalan. Lain lagi kisah seorang teman yang dipanggil “ibu” oleh seseorang yang bekerja dirumah namun disaat yang bersamaan, suaminya dipanggil “mas”. Teman saya langsung down mendapat perlakuan tiri begitu.

Ternyata, secara umum, ibu-ibu meski sudah memiliki anak tetap ingin dipanggil mbak atau teteh. Mungkin ini menjadi sebab para pedagang lebih suka memanggil “kakak” pada calon konsumennya.

Apa sih tips hidup sehat dan awet muda dalam sebuah kolom komentar artis yang wajahnya tak berubah dari puluhan tahun lalu dia masuk ke dunia televisi. Tapi, kalau artis wajarlah ya merawat wajah dan tubuhnya. Publik figur memang mau tak mau harus melakukan itu agar jasanya tetap digunakan.

Lantas, bagaimana dengan ibu rumah tangga?.


“Ah, tak ada yang lihat kok,” kilah seorang ibu. “Lagian mau bergaya gimana? Toh dirumah aja.” Sayup-sayup suara ibu lain menimpali.

Namun, kita luput bahwa ada hak anak dan suami di tubuh kita. Dan jauh lebih daripada itu, tubuh kita adalah titipan Allah SWT. Mau tidak mau, suka tidak suka, sebagaimana lazimnya tempat titipan, kita wajib menjaga sebaik-sebaiknya. By the way, tulisan ini juga dalam rangka mengingatkan penulis sendiri ya yang terkadang lalai.

Ada beberapa tips hidup sehat dan awet muda ala ibu rumah tangga yang wajib dicoba sebagai bagian dalam mensyukuri nikmat.

1. Jaga Pikiran Agar Tetap Waras


Salah satu sumber penyakit yang menggerogoti tubuh adalah pikiran yang tidak terjaga. Ibu rumah tangga sudah pasti memiliki pikiran yang bercabang dan dalam satu waktu. Belum selesai memikirkan masakan sudah harus ngelonin anak. Belum rampung mencuci baju, eh anak minta makan.

Ibu wajib mengatur waktu untuk mengelola aktivitas dan pikiran. Salah satu cara mengelola aktivitas adalah membuat list pekerjaan yang akan dilakukan saat itu. Waktunya bisa disesuaikan dengan waktu shalat. Misalnya, pekerjaan apa yang bisa dilakukan sebelum shalat dhuha? Atau aktivitas apa yang bisa dikerjakan setelah ashar?

Pikiran sendiri dapat dikelola dengan menuangkan ide dan berbagai kecamuk lintasan hati. Menulis menjadi salah satu cara saya untuk mengelola pikiran. Mengeluarkan sampah-sampah pikiran itu wajib dilakukan oleh ibu agar tetap waras.

2. Menjaga Pola Makan

Cara kedua tips hidup sehat dan awet muda adalah menjaga makanan. Tak hanya makanan halal yang dikonsumsi oleh ibu rumah tangga muslim tapi juga baik (thoyyib). Halal belum tentu baik namun baik sudah pasti halal.

Ibu rumah tangga wajib untuk menjaga asupan tubuhnya. Selain seorang ibu adalah sandaran bagi suami dan anak-anaknya, tubuh ibu juga adalah titipan. Menjaga pola makan dapat membuat tubuh ibu bugar sepanjang masa.

3. Jangan Multitasking

Salah satu kebiasaan yang dianggap benar adalah katanya wanita bisa multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Padahal melakukan pekerjaan di saat yang bersamaan justru membuat hasilnya menjadi tidak maksimal.

Fokus pada satu pekerjaan kemudia lanjut kegiatan yang lain. Hasil menjadi lebih oke dan ada kepuasan tersendiri.

***

Bagaimana ibu-ibu, apakah tips hidup sehat dan awet muda ala ibu rumah tangga diatas cocok? Silakan ditambah sendiri jika kurang ya. Salam ibu rumah tangga konclong nan glowing meski dirumah aja.

Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar