yusriahismail.com

Ide Bisnis Kreatif dan Unik Untuk Ibu Rumah Tangga

Pandemi mengubah segalanya. Mulai dari pola pikir, kesehatan hingga finansial. Ketika covid-19 mulai menyerang, hampir sebagian besar orang tumbang karena finansial. Pasalnya, pembatasan keluar rumah yang diberlakukan, membuat sebagian besar masyarakat tak bisa mencari nafkah.

Masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah sudah pasti menjadi pihak pertama yang kena imbasnya. Sampai-sampai ada ungkapan : mati karena corona atau mati karena tak makan. Sungguh ironis. Ibarat buah simalakama, maju kena mundur pun kena.

Mau tak mau ibu rumah tangga pun ikut memutar otak agar dapur tetap mengepul. Ibu-ibu ini ikut turun berjibaku mencari uang demi biaya anak sekolah yang harus tetap terbayarkan meski belajarnya dari rumah atau kebutuhan dapur yang semakin meningkat. Maka muncullah ide bisnis kreatif dan unik yang tetap dapat dilakukan ibu dari rumah.

1. Bisnis Pre Order

Ini salah satu bisnis yang memudahkan ibu rumah tangga sebab modal yang dikeluarkan minim. Keuntungan lainnya adalah tak perlu stok barang. Bahan untuk promosi pun sudah disiapkan oleh perusahaan. Modal handphone dan sedikit kreatif mengutak-atik kata aja ini mah. Sembari gegoleran pun jadi.

Namun, pastikan perusahaannya terpercaya. Kita bisa mengecek melalui review atau bertanya pendapat suami. Bisnis pre-order termasuk bisnis yang menjanjikan sebab barangnya musiman. Hanya ada di waktu-waktu tertentu. Misal, preorder kue kering lebaran atau mukena lebaran.

Menurut salah satu pelaku bisnis pre-order, pastikan ada uang di muka sebagai antisipasi agar calon pembeli tak membatalkan pesanan ditengah jalan. Selain itu, selalu memberi tahu konsumen tentang perkembangan barang pre-ordernya agar mereka tak lupa. Uniknya, bisnis preorder dapat dilakukan dengan calon konsumen memesan terlebih dan langsung dikirim bersamaan atau ketika dipesan maka brang juga langsung dikirim. Semua mekanisme bergantung pada kebijakan perusahaan.

2. Bisnis Sewa Peralatan dan Mainan Anak


Ada yang mainan anaknya sudah besar dan mainannya tak digunakan lagi? Apalagi mainan-mainan besar seperti mobil-mobilan, seluncur atau kuda-kudaan yang masa pakainya mungkin tak lama. Jika mainan ini masih layak pakai dan kondisi bagus, maka bisa disewakan. Ini adalah salah satu ide bisnis yang unik dan kreatif karena saat ini sebagian besar ibu berpikir keras sebelum membelikan mainan anak.

Selain itu, peralatan anak seperti kursi makan, stroller atau kereta dorong juga masa pakainya hanya sebentar. Bisnis ini menjadi usaha yang menggiurkan buat ibu rumah tangga. Usahanya bahkan bisa dilakukan dirumah. Sediakan satu ruangan khusus untuk meletakkan peralatan dan mainan anak agar mudah dilihat calon penyewa.

3. Bisnis Preloved

Hampir sama dengan bisnis sewa peralatan dan mainan anak, prinsip preloved juga adalah menjual lagi barang yang tak digunakan. Syaratnya yaitu barang yang akan di preloved masih dalam kondisi baik dan layak digunakan lagi. Bersikap jujur sangat dibutuhkan dalam kondisi ini.

Tak hanya peralatan dan mainan, barang-barang seperti baju-baju, selimut, sepatu bahkan buku-buku dapat dijadikan preloved. Apalagi pertumbuhan anak dibawah 2 tahun biasanya berkembang dengan cepat. Tiba-tiba bajunya sudah tak muat lagi atau bukunya ternyata sudah bosan dibaca, maka bisnis ini bisa menjadi solusi.
***
Ketika menjalankan bisnis ini, anda bisa menggunakan jasa sosial media yang gratis. Bisa juga dengan masuk ke salah satu pasar maya di daerah masing-masing. Ini adalah usaha yang mudah dilakukan sembari ibu tetap dirumah. Tiga ide bisnis kreatif dan unik ini semoga membuka peluang bagi ibu rumah tangga dimanapun mereka berada.


Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar