Laporkan Penyalahgunaan

IDN Live, Dukung Anak Muda Berkarya Tanpa Batas, Raih Cuan Gak Pakai Cemas

"Lah kok malah nonton pakai hp?" saya bertanya-tanya dalam hati sambil melirik televisi ukuran 32 inch yang teronggok sepi di ruang tengah. Lalu teringat percakapan kami beberapa saat lalu.

"Gak usah beli televisi lah," saya berusaha memberikan pendapat.
"Buat nonton bola," sanggah pak suami antusias. Okelah. Tapi nyatanya?

Memang siapa sih yang susah payah mau nonton televisi saat ini? Pikir saya saat itu. Ketika semua informasi sudah ada dalam genggaman, siapa yang mau repot mencari informasi dari layar besar?

Bukan Salah Televisinya, Tapi...

Seorang berkebangsaan Indonesia namun tinggal di Kuwait pun berpikiran sama. Beliau karyawan televisi, anak-anaknya memiliki acara favorit di kanal Nickelodeon serta istrinya penyuka channel memasak namun beliau memilih tidak memiliki televisi di rumah.

Lalu, apa yang dilakukannya? Beliau cukup menyediakan layanan internet terbaik dirumahnya dan setiap orang bebas memilih acara kesukaan masing-masing. Tanpa harus berebut dan bisa ditonton dimana saja.

Gaya Hidup di Era Digital

Ya, tentu saja ini bukan salah televisi namun terjadi perubahan sikap dan perilaku terhadap kecanggihan teknologi. Kemunculan ponsel pintar mempercepat gaya hidup manusia di era digital. Apalagi kehadiran layanan internet semakin menggeser peran televisi konvensional.

Ericsson Consumerlabs bahkan memprediksi bahwa di tahun 2015, konsumen akan lebih sering menonton video streaming dibandingkan televisi. Video memang membuat informasi dapat tersampaikan lebih banyak dalam waktu yang relatif cepat.

Peluang perubahan gaya hidup di era digital ini ditangkap oleh founder IDN app, Winston dan William Utomo. IDN app merupakan platform khusus generasi milenial dan zilenial yang ingin memberikan suara bagi generasi muda. 

IDN Live, Fitur Baru yang Ciamik

Nah, baru-baru ini IDN app mengembangkan fitur baru sebagai wadah kreativitas anak muda yang suka sharing di depan kamera. Fitur barunya adalah live streaming yang merupakan pengembangan dari tren konten video yang lebih dulu booming dengan vlogs (video blogs).

Ini adalah cara menikmati hiburan atau konten secara langsung dari servernya tanpa harus mengunduh ke komputer atau ponsel pintar. Teknologi streaming juga memungkinkan penggunaan bandwidth lebih kecil. Ini juga dapat menekan pembajakan yang marak terjadi di Indonesia. Dan membuat pengguna/konsumen membuka informasi sesuai kebutuhan masing-masing.

IDN live adalah jawaban bagaimana mengimbangi gaya hidup masyarakat dengan gaya hidup virtual dalam aspek budaya. Ini bisa disebut sebagai bentuk evolusi dalam dunia teknologi yang juga melibatkan penggunanya.


Tak hanya itu, IDN live juga membuat pengguna IDN app berinteraksi secara aktif dalam setiap konten yang dibuat. Hal ini membuat adanya komunikasi dua arah antara streamer dan penonton.  

Review Fitur IDN Live

Nah, penasaran kan seperti apa IDN live itu. Yuk, ikuti review fitur IDN live di IDN app biar lebih menjawab penasaran kalian.

1. Follow (+)
Tanda follow berupa tanda positif yang berada di pojok kanan atas. Klik tanda tersebut pada streamer favoritmu. Ini adalah bentuk dukungan pada streamer agar semakin semangat berkarya.

2. Komen
Salah satu kelebihan dalam fitur IDN live adalah dapat berkomunikasi langsung dengan streamer. Kemarin saya mencoba mencari tahu solusi tentang berat badan di sharing kontennya mas Ricco. Dan streamernya langsung menjawab dan memberikan beberapa tips. Asik banget ya.

3. Sharing
Nah, kita bisa mengajak teman-teman atau kerabat lainnya untuk menyimak konten yang sedang kita tonton. Tombol sharing akan mengarahkan kita untuk berbagi di platform media sosial lainnya.

4. Minimize
Saya paling senang dengan fitur minimize ini. Kita bisa mengecilkan layar IDN live dan membuka aplikasi lainnya. Jadi gak bakalan ketinggalan saat buka aplikasi lainnya dan mendengarkan konten dari streamer kesayangan.

5. Virtual gift
Selain follow streamer, bentuk dukungan lainnya yaitu dengan memberi virtual gift. Ikon virtual gift pun lucu dan unik. Ada beberapa virtual gift yang khas Indonesia banget. Misalnya, rawon, sate, rendang.

Keunggulan IDN Live  


Fitur yang sederhana dan mudah dipahami dalam sekali lihat memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, IDN live juga memberikan beberapa keunggulan, yaitu
  • Menyuguhkan Berita Secara Real Time
Tak usah takut ketinggalan berita terkini bersama IDN live. Saat mahasiswa sedang demo beberapa waktu yang lalu, crew IDN live bahkan turun secara langsung menyiarkan kejadian. Saya sampai terhanyut dengan semangat para mahasiswa yang melakukan tuntutan pada pemerintah.

Berita real time tanpa editing seperti ini meminimalisir pemberitaan yang berpihak sebelah. Hal ini dibutuhkan generasi muda yang lebih suka dengan kejadian sebenarnya tanpa rekayasa.
  • Jadi Streamer, Salurkan Kreativitas Generasi Muda
Tak hanya itu, IDN live juga menawarkan kesempatan sebagai streamer atau penyiar dengan kreativitas sendiri. Jika tertarik, kamu bisa mendaftar disini. Setelah mengisi formulir dan melengkapi persyaratan, tim IDN akan melakukan seleksi.
  • Dapat Berkomunikasi Langsung dengan Streamer
Nah bagian ini paling menarik. Kamu dapat berkomunikasi langsung dengan para Streamer agar tak ada sekat.
  • Ada Giveaway Berkala
Di Bulan Ramadhan kemarin, IDN live berbagi rejeki dengan giveaway nya berupa iPhone 12 pro,samsung galaxy, earbuds, xiaomi band. Hadiahnya khas anak muda banget ya.
  • Dukungan Khusus Untuk Streamer Berupa Virtual Gift
Selain komen, kita juga bisa meninggalkan jejak berupa virtual gift untuk mendukung streamer. Virtual gift yang ditawarkan juga bermacam-macam dengan icon yang khas Indonesia banget. 

IDN Live Streaming, Wadah Kreasi Tanpa Melupakan Cuan

IDN app memang serius menggarap fitur baru ini karena menyesuaikan karakter generasi milenial dan z. Sebagai generasi yang tech savvy atau dapat diandalkan dalam menggunakan teknologi, menjadikan anak-anak yang lahir di usia ini lebih kreatif.

Harapan untuk memberdayakan generasi muda sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 50 milyar disediakan untuk mendukung kreativitas streamer muda. Selain itu, streamer juga mendapat keuntungan lainnya, yaitu 
  • Media Coverage dan Exposure
Dukungan pada streamer tak hanya berbentuk finansial tapi juga mendapatkan liputan meda, strategi promosi dan iklan berbayar pada seluruh jaringan IDN Media.
  • Akses ke Studio IDN Media
Streamer diberi kesempatan untuk menggunakan fasilitas yang ada di studio IDN Media untuk mendukung aktivitas mereka. 
  • Training dan Mentorship
Tak hanya fasilitas, streamer juga diberikan pelatihan dan pendampingan agar bisa menjadi streamer profesional. 
  • Brand Sponsorship
Fasilitas yang diberikan IDN app semakin lengkap dengan berkesempatan mendapat sponsorship dari brand yang difasilitasi oleh ICE. 

Streamer, Profesi Baru yang Menjanjikan
Streamer bisa dijadikan alternatif profesi baru yang sangat menjanjikan. Apalagi penyajian konten sesuai dengan passion. Hanya modal HP, data internet dan konten yang berkualitas, kamu sudah bisa merambah profesi sebagai streamer.

Siapapun bisa menjadi streamer. Bahkan ibu-ibu macam saya juga bisa asal memenuhi syarat. Kalau tertarik, kamu bisa langsung langsung mendaftar di formulir pendaftaran IDN Live New Streamer dan ikuti syarat yang berlaku. Setelah itu, tim IDN app akan melakukan kurasi. Namun, sebelum menjadi streamer, jadi bagian dari IDN app dulu yuk.

4 Langkah Mudah Menjadi Bagian Dari IDN App
Oya, sudah tahu kan kalau IDN app adalah bagian dari IDN Media. Nah, jika kita mendaftar salah satu akun pada IDN Media maka akun tersebut dapat digunakan di seluruh akun lainnya. Memudahkan banget ya. Jadi, gimana caranya? Yuk, ikuti langkah ini
  1. Buka platform IDN Media yang akan kamu pakai (IDN App, Yummy App, IDN Times, atau Popmama.com), masuk ke Profile lalu klik Yuk, daftar.
  2. Masukkan semua data yang diperlukan untuk pendaftaran.
  3. Pastikan semua data kamu sesuai, ya! Kalau sudah, klik Daftar.
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode OTP melalui email atau SMS. Jangan bagikan kode OTP ini kepada siapa pun, ya!
  5. Masukkan kode verifikasi yang kamu dapatkan di email atau SMS.
  6. Tunggu sebentar dan kamu akan langsung diarahkan ke beranda platformnya (IDN App, Yummy App, IDN Times, atau Popmama.com).
IDN App, Langkah Generasi Muda Membangun Bangsa
Beri saya 10 orang pemuda, maka akan kuguncangkan dunia
Kata-kata bung Karno memang bukan sekedar ucapan manis. Generasi muda adalah generasi yang menjadi pewaris bangsa. Apalagi badan statistik mengumumkan bahwa kita mengalami bonus demografi.

Indonesia ditempati oleh pemuda usia 15-40 tahun. Maka, letak masa depan ada di tangan kita.
IDN app membaca peluang itu dan memberikan kesempatan yang lebih untuk membuat generasi muda semakin punya karya. Yuk, gabung jadi streamer dan langkahkan karyamu.

Yusriah Ismail
Bismillah. Selamat datang di perjalanan rasa. Saya Yusriah seorang lifestyle blogger asal Sulawesi Selatan. Saya seorang pembelajar sepanjang masa yang menyukai tentang parenting, read aLoud, marriage dan halal living. Blog ini juga menerima kerjasama berupa kolaborasi (guest post) atau sponsored post. Untuk kontak silahkan hubungi saya via email di yusriah.ismail@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. IDN makin lengkap aja ya, tentunya total bgt klo bkin platform baru kyak idn live ini..
    Cocok bgt ya buat generasi muda saat ini

    BalasHapus
  2. sekarang memang kebutuhan akan internet ini besar sekali ya, mbak soalnya ada banyak hal yang bisa kita dapatkan lewat internet ini mulai dari berita sampai hiburan

    BalasHapus
  3. Ya ampun ternyata udha masuk fasnya TV mulai teralihkan hehe teknologi eosat banget. Sampai sampai streamer jadi profesi baru yang ngga bisa dianggap remeh ya

    BalasHapus
  4. generasi NOW dimudahkan banget ya dengan teknologi digital. harus dimanfaatkan bener-bener terlebih IDN sekarang punya aplikasi. mantap nih IDN

    BalasHapus
  5. saya jadi penasaran sih konten apa yang bakalan menarik untuk di live streamingkan, soalnya persaingan bakalan ketat dan yang pasti konten paling menarik dan konsisten yang akan mendapat perhatian

    BalasHapus
  6. Aku salah satu orang yang menikmati live sih, soalnya kelihatan real time dan bisa menikmati aja gitu. Keren nih IDN, kalau live interaksinya juga lebih intens.

    BalasHapus
  7. Makin banyak yaaa yang gabung IDN live, seru banget. Tahu aja pangsa pasarnya anak milenial, pas sama
    IDN app yg merupakan platform khusus generasi milenial dan zilenial yang ingin memberikan suara bagi generasi muda. Fitur2 nya juga simole . Aku jadi kepoin, mau lihat streamingnya

    BalasHapus
  8. Wahh anak muda banget ini ya
    Adanya IDN Live Stream Fund 50 miliar ini akan semakin memicu anak muda terus berkarya menghasilkan konten live streaming terbaik

    BalasHapus
  9. Wah sampai ada give away berkala juga? duh pasti jadi buruan dan diminati semua generasi sih ini

    BalasHapus

Posting Komentar