Laporkan Penyalahgunaan

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui

Banyak cara untuk bangga terhadap tanah air. Negeri tempat tumbuh dan besar ini memiliki fakta unik yang bisa jadi jarang kita ketahui. Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan patut memiliki keberagaman yang membuatnya semakin khas.

Fakta unik Indonesia yang jarang diketahui perlu untuk disebarluaskan agar semakin banyak yang tahu dan bangga. Berikut fakta uniknya

1. Jumlah Bahasa Terbanyak Sedunia

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki 720bahasa? Paling banyak di seluruh dunia. Duh, bahasa daerah dari orangtua aja masih belum paham banget ya. Tapi, ternyata Indonesia memiliki bahasa paling banyak.

2. Memiliki Kota Metropolita Terbesar di Asia Tenggara

Ada yang bisa menebak kota apakah yang dimaksud? Ya, kota Jakarta menjadi kota terbesar se-Asia Tenggara. Jakarta dengan segala kerumitan dan kepadatannya ternyata menyimpan segudang potensi yang besar.

Pantas saja, banyak orang yang mempertaruhkan hidupnya untuk mencari sesuap nasi disini. Selain banyaknya mata pencaharian yang mudah didapatkan, kota ini menjadi daerah yang jumlah penduduknya cukup banyak.

3. Rumah Reptil Langka dan Terbesar

Ini adalah salah satu kebanggaan bagi bangsa Indonesia sebab terdapat hewan langka yang hidup. Komodo adalah satwa liar namun keberadaannya hampir punah. Untuk itulah dibuat tempat penangkaran khusus Komodo di Pulau Komodo.

Ini juga menjadi cara untuk mendatangkan wisatawan asing yang ingin melihat lebih dekat satwa langka ini.

4. Berpenduduk Muslim Terbesar

Ramadhan adalah momen yang sebentar lagi ditunggu kedatangannya. Bulan ini menjadi penanda bagi umat muslim untuk selalu lebih dekat oada Sang Pencipta. Setelah 30 hari ramadhan, ada ritual yang disebut sebagai mudik atau pulang kampung.

Ini adalah tradisi tahunan yang dapat menjadi objek menarik. Armada bis dan kereta ditambah, kemudian libur nasional pun panjang dan hampir seluruh iklan tak melewatkan momen ini.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, momen ramadhan menjadi sangat terasa. Mayoritas masyarakat akan ikut berpartisipasi untuk merasakan indahnya ramadhan dan pulang kampung.

5. Julukan Ahsan-Nas

Selain ramah dan tidak sombong, ternyata Indonesia memiliki julukan lain jika kita pergi ke Arab. Ahsan-Nas atau orang baik disematkan orang-orang Arab terhadap Indonesia. Salah satu ciri khas orang timur adalah keterbukaan mereka terhadap pendatang.

6. Memiliki Gunung Berapi Aktif

Beberapa kejadian baru-baru ini di Merapi dan Semeru memang menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki gunung berapi yang aktif. Dan tahukah kamu berapa gunung berapi aktif yang dimiliki? Ya, ada sekitar 130.

7. Kulinernya Sangat Beragam

Menjamurnya pedagang kaki lima menyebabkan Indonesia memiliki kuliner yang beragam. Sebut saja cilok, cimol, cilur, cilung dan lain sebagainya. Makanan berbahan dasar aci atau tepung yang dibuat menjadi bebagai makanan jadi.

Belum lagi aneka mie yang diberi bumbu sedemikian rupa sehingga rasanya menggiurkan. Orang luar negeri pasti pernah merasa bingung jika mencoba aneka makanan di Indonesia.

Belum lagi daerah lainnya yang berbahan dasar ikan. Mulai dari panganan utama hingga dibuat cemilan. Keberagaman bahan baku yang tumbuh di Indonesia dan kreativitas masyarakat sehingga kuliner pun menjadi beragam.

8. Memiliki Hutan Mangrove Terluas di Dunia

Ekosistem Indonesia memang sangat memungkinkan sebagai tempat tumbuh mangrove atau bakau. Mangrove sendiri hidup di perairan payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Luas hutan mangrove di Indonesia diperkirakan sebesar 25% dari seluruh hutan mangrove yang ada di dunia. Luas banget kan?  

***

Fakta-fakta unik tentang Indonesia ini seharusnya membuat kita semakin menyadari bahwa Indonesia memang kaya dengan keberagaman. Dan semoga leberagaman ini membuat kita semakin mengenal dan bangga terhadap Indonesia.

 

 


Yusriah Ismail
Bismillah. Selamat datang di perjalanan rasa. Saya Yusriah seorang lifestyle blogger asal Sulawesi Selatan. Saya seorang pembelajar sepanjang masa yang menyukai tentang parenting, read aLoud, marriage dan halal living. Blog ini juga menerima kerjasama berupa kolaborasi (guest post) atau sponsored post. Untuk kontak silahkan hubungi saya via email di yusriah.ismail@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar