yusriahismail.com

Kata-kata Bijak Untuk Diri Sendiri

Ada kalanya diri sendiri membutuhkan kata-kata yang membuat semangat menjadi bangkit. Kata-kata bijak untuk diri sendiri yang menjadi lecutan. Kekuatan kata-kata memang sangat berpengaruh besar. Apalagi jika diucapkan saat motivasi diri rendah. Entah karena insecure atau suasana hati yang sedang buruk.

Tapi, betulkah kata-kata sangat diperlukan ketika itu? Atau sebenarnya butuh liburan juga? Yah, meskipun liburan ibu-ibu gak usah jauh-jauh sih. Cukup supermarket terdekat sudah membuat mood kembali baik.

Dr. Masaru Emoto, seorang ilmuwan Jepang, mengatakan bahwa air yang dibacakan atau diucapkan kalimat positif akan membentuk kristal yang indah. Kristal ini berbentuk persegi enam. Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian terhadap 3 wadah yang berisi air. Wadah air pertama diucapkan kata-kata “i love you, terimakasih, kamu baik sekali” dan kata-kata positif lainnya. Wadah air kedua diucapkan kata-kata yang berkebalikan. Penuh dengan kalimat negatif seperti “kamu bodoh, jelek” dan lainnya. Wadah air ketiga dibiarkan begitu saja.

Perlakuan ini dilakukan selama 27 hari. Setelah itu, wadah tersebut disimpan dalam freezer. Ketika air beku, maka terbentuklah kristal. Keindahan kristal sempurna terbentuk pada wadah air yang diucapkan kata-kata baik. Sedangkan kristal tidak terbentuk sempurna dan rusak pada wadah air yang diucapkan kata-kata buruk dan dibiarkan saja.

Kekuatan kata-kata dapat membentuk kepribadian manusia

Labelling theory menyebutkan bahwa kepribadian seseorang terbentuk berasal dari kata-kata apa yang dominan diucapkan padanya. Misalnya, seorang anak yang setiap saat dipanggil “anak baik hati” oleh orangtuanya, maka label itulah yang akan membentuk kepribadiannya. Saya terkesan dengan novel Tere Liye yang seri anak-anak mamak. Tere Liye menggambarkan 4 orang anak mamak dengan label “baik” yang berbeda. Misal, Eli si anak pemberani atau Burlian si anak baik.

Kekuatan Kata-kata Berasal dari Input Positif

Kekuatan kata-kata berpengaruh sangat kuat hingga membentuk kepribadian, maka kita harus mampu memasukkan hal-hal positif dalam diri. Seseorang itu layaknya teko. Apa yang keluar maka itulah dirinya. Berbicara hal-hal yang positif tentu akan membuat hidup kita menjadi optimis.

Selain itu, hindari diri dari mendengar hal-hal yang negatif. Ini akan membuat diri menjadi lemah dan tak sadar bisa mempengaruhi karakter. Berkumpul dengan orang-orang yang hidupnya optimis akan membuat kita mendengar hal-hal yang positif.

Bacaan juga sangat mempengaruhi diri. Kata-kata bijak yang keluar dari bacaan positif juga akan mempengaruhi. Carilah bahan bacaan yang membuat diri sendiri menjadi termotivasi.

Kumpulan Kata-kata Bijak Untuk Diri Sendiri

Akhir-akhir ini beberapa hal tak terduga menyapa. Hal tak terduga ini jelas mengubah beberapa rencana dan tujuan. Meski saya juga menyadari bahwa kejadian tak terduga ini bisa saja jawaban dari doa-doa di masa lalu. Ya, semuanya tak terlepas dari takdir Allah bukan. Sekeras apapun kita menolak, ketika sesuatu tersebut memang milik kita, maka ia akan datang bagaimanapun caranya. Semuanya telah tertulis di Lauhul Mahfudz.

Lalu, saya ingat beberapa kata bijak untuk memotivasi diri sendiri

1. The Great Power Comes Great Responsibility

Beberapa waktu lalu, saya ikut sebuah pelatihan yang outputnya adalah membuat kebijakan bagi masyarakat. Kebayang gak sih, menetapkan sebuah keputusan yang efeknya tak hanya untuk diri sendiri tapi juga banyak orang. Berat dan ada rasa tak percaya untuk menjalaninya. Tak mudah, itu pasti tapi takdir telah ditetapkan.

Tiba-tiba saya ingat kata-kata bijak dari paman Peter Parker, sang spiderman, ketika tahu bahwa keponakannya akan menjadi pahlawan keadilan. Yap, rasa-rasanya kata-kata tersebut menyerangku balik. Hahaha.

2. Ketika Kesempatan Datang Lebih Dulu Dibanding Kemampuan, Jangan Khawatir Allah Akan Mampukan

Quote ini saya dapat ketika masih menjalani kuliah strata pertama di Insitut Teknologi Sepuluh Nopember. Kala itu, amanah organisasi datang bejibun dan kadang bebannya cukup berat. Saat itulah seorang senior menasihati dengan kata-kata pamungkas ini. Langsung kicep. Gak bisa berkata apa-apa lagi. Dan memang di beberapa kesempatan, ketika kejadian tak terduga hadir, maka kata-kata ini yang langsung terngiang.

3. Push Your Limit


Kata-kata ini sempat menghantui ketika saya ingin berhenti ditengah jalan. Entah ketika menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, dosen ataupun blogger. Tapi, kamu gak akan tau kemampuanmu sampai dibatas manakan? Tanyaku pada diri sendiri. Yes, kerjakan dengan semaksimal mungkin agar kamu tahu batasmu.

Inilah kata-kata bijak untuk diri sendiri yang selalu terbayang akhir-akhir ini. kata-kata yang menyesuaikan dengan kondisi dan kejadian yang menghampiri. Semoga kata-kata bijak ini tak hanya menyemangati diri sendiri tapi juga pembaca perjalanan rasa. Enjoy.


kata-kata-bijak

Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

Posting Komentar